Cara Login Akun Gmail Lupa Password Tanpa Nomor Ponsel dan Email Pemulihan

Hallo sobat Android Ponsel yang baik hati..

Lupa pasword untuk masuk ke akun gmail kadang kala membuat resah, karena email sangat penting untuk bisa melakukan login ke dashboard Blogger, Youtube, melakukan Login email di perangkat baru, bahkan untuk login atau mereset password ke beberapa akun sosial media.

Kalau masuk ke akun gmail saja sudah susah, bagaimana caranya untuk update konten blogspot, atau ingin mereset password untuk login ke facebook, sosial media, akun toko online dan lainnya.

Kendala pertama yang mungkin sobat alami adalah pada waktu membuat akun email misalnya di gmail, sobat tidak menyertakan ponsel pemulihan, namun hanya menggunakan email pemulihan. Dan ketika sobat mencoba untuk login ke akun gmail dengan menggunakan perangkat / gadget yang berbeda maka akan mengalami kesulitan, karena keamanan Google yang sedang ditingkatkan untuk memberikan tingkat keamanan kepada pengguna agar akun gmail tidak diambil alih atau dicuri oleh pengguna lain.

Keamanan Google yang terus ditingkatkan ini juga  menyebabkan login ke akun sendiri menjadi susah bila dilakukan di perangkat yang berbeda. Padahal sudah tahu nama email dan password yang sudah diingat.

Berikut screen shoot ketika login diperangkat yang Android yang berbeda :

Gambar 1. Login Gmail


Meskipun nama email dan pasword sudah sesuai ( karena memang punya sendiri ), tetap akan muncul halaman verifikasi untuk memastikan bahwa aktivitas ini benar-benar dilakukan oleh Anda, seperti gambar di bawah ini :


Gambar 2.  Pilihan Verifikasi 

Jika sobat menyertakan nomor ponsel sebagai pemulihan akun, sobat hanya perlu memilih verifikasi diri dengan Menerima SMS / menerima panggilan telepon ke nomor ponsel pemilhan sesuai nomor yang tercantum. Pemulihan akun gmail dengan menggunakan nomor ponsel baik dengan teks sms ataupun pesan suara merupakan cara yang paling mudah dan cepat. Dalam hitungan detik, email Anda akan pulih dan bisa digunakan. 

Gambar 3. Verifikasi dengan Ponsel


Namun jika belum menyertakan nomor ponsel pemulihan, dan email pemulihan juga tidak berfungsi, Anda bisa pilih metode " Gunakan ponsel atau tablet Anda untuk mendapatkan Kode Keamanan.


Gambar 4. Verifikasi dengan Menggunakan Ponsel atau Tablet

Secara otomatis Google akan menampilkan jenis perangkat yang Anda gunakan terakhir kali, misalnya pada perangkat yang digunakan adalah Android Oppo A37

Gambar 5. Histori Perangkat Anda
Setelah memastikan bahwa perangkat yang tercantum benar, Anda akan diminta untuk memasukan  verifikasi dengan menggunakan kode keamanan yang terkirim ke Android Anda.


Cara Mendapatkan Kode Keamanan dari salah satu perangkat Anda.


Gambar 6. Memasukkan Kode Keamanan

Periksa perangkat Android atau tablet yang terdaftar dan periksa setelah Google seperti gambar 7.
dan lanjutkan ke keamanan seperti gambar no.8.

Gambar 7. Cara Mendapatkan Kode Keamanan


Gambar 8. Keamanan Setelan Google

Pilih akun gmail yang ingin anda pergunakan untuk masuk ke perangkat lain untuk mendapatkan kode keamanan yang diinginkan.

Gambar 9. Select akun gmail milik Anda.

Setelah memilih email, Google akan mengirimkan kode keamanan yang bisa sobat pergunakan untuk melakukan login diperangkat baru misalnya di Laptop atau Gadget Baru Lainya.


Masih Bingung gak ya ?

Intinya setelah sobat mendapatkan kode keamanan di perangkat ponsel Android yang lama, segera masukkan nomor ponsel pemulihan, tujuannya untuk masuk ke akun gmail di perangkat baru atau ponsel yang berbeda melalui kode verifikasi melalui sms / call ke nomor Anda.

Caranya dengan mengunjungi link https://accounts.google.com/RecoverAccount?fpOnly=1

 Alternative lainnya dengan cara membuat akun gmail yang baru.


Cara Membuat Akun Gmail di Android

Semoga bermanfaat dan bisa di share ke sobat yang lain, siapa tahu teman anda ada yang belum mengetahui tips login email dan akun google dengan metode ketukan ponsel Android.

Terima Kasih.


Cara Login Akun Gmail Lupa Password Tanpa Nomor Ponsel dan Email Pemulihan Cara Login Akun Gmail Lupa Password Tanpa Nomor Ponsel dan Email Pemulihan Reviewed by Faroz Id on 21.24 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.