Cara Mematikan Windows Defender Sementara dan Permanen

  • Whatsapp
Cara Mematikan Windows Defender Sementara dan Permanen
Cara Mematikan Windows Defender Sementara dan Permanen

Nonaktifkan Windows Defender – Jika Sobat adalah pengguna Windows terutama Windows 10, tentu saja kalian mengenal aplikasi bawaan bernama Windows Defender, ini adalah anti virus bawaan yang ada pada Windows yang tentu saja sangat berguna melindungi PC atau laptop dari virus dan malware. Tapi dalam kondisi tertentu Sobat pastinya perlu mematikan Windows Defender untuk sementara waktu terlebih ketika melakukan instalasi software baru yang tidak resmi, karena pasti akan dianggap virus oleh anti virus.

Jika Sobat kebingungan bagaimana cara mematikan Windows Defender, Kami akan memberikan dua langkah untuk dapat menonaktifkan anti virus bawaan Windows tersebut. Anda dapat memilih salah satu diantaranya.

Bacaan Lainnya

Mematikan Windows Defender Sementara

Jika Sobat ingin nonaktifkan Windows Defender tapi hanya sementara, Sobat bisa mengikuti langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini. Sebagai catatan, jika Sobat mematikan Windows Defender untuk sementara, pastikan PC/Laptop tidak terkoneksi internet terlebih dahulu karena dengan posisi Windows Defender off tentunya perangkat tidak memiliki anti malware.

Untuk caranya Sobat bisa mengikuti setiap langkahnya di bawah ini:

1. Pertama Buka menu Start pada Windows 10. Jika kalian menggunakan Search Navbar dibagian bawah kalian tinggal melihat ada kotak pencarian.

Cara 1 Menonaktifkan Windows Defender
Cara 1 & 2 Menonaktifkan Windows Defender

2. Setelah itu ketikan kata kunci “Windows Security” (Lihat gambar di atas), Klik untuk membuka aplikasi tersebut.

3. Setelah itu Sobat akan dialihkan ke halaman utama Windows Security dan pilih menu Virus & Threat Protection kemudian pilih Manage Setting.

Cara 2 Menonaktifkan Windows Defender
Cara Disable Windows Defender

4. Setelah itu Sobat akan di bawa kehalaman dimana Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Defender dengan mudah. Yang perlu diperhatikan Sobat bisa menonaktifkan Real-Time Protection ke posisi Off. (lihat gambar)

Cara 3 Menonaktifkan Windows Defender
Ubah toggle dari posisi On menjadi Off atau sampai bewarna abu-abu

Berikut adalah penjelasan Real-time Protection dan Cloud-delivered protection:

  • Real-time Protection : Memiliki fungsi untuk mengaktifkan perlindungan terhadap virus dan malware, jika di posisi ON artinya anti virus dari Windows Defender sedang diaktifkan atau berkerja, jika di posisi OFF artinya anti virus tidak bekerja.
  • Cloud-delivered protection : Sementara fitur ini berfungsi untuk memberitahukan masalah keamanan perangkat kepada microsoft yang akan digunakan sebagai data pembaharuan untuk menambal bug pada keamanan yang ada.

Cara ini bisa Sobat gunakan untuk mematikan Windows Defender sementara, setelah itu Sobat bisa mengaktifkannya kembali dengan cara yang sama seperti langkah-langkah di atas.

Baca juga:

Menonaktifkan Windows Defender Permanen Melalui Registry

Cara selanjutnya ini jika Sobat ingin menonaktifkan Windows Defender permanen. Saya sendiri tidak menganjurkan untuk melakukan hal ini kecuali Anda memiliki antivirus lain sebagai penggantinya. Selain itu cara untuk mematikan Windows Defender secara permanen ini diperuntukan untuk Sobat yang sudah mengerti secara advance tentang sistem operasi Windows karena akan bermain di sistem terutama dibagian registry. langsung saja berikut caranya ya.

Sebelum mematikan Windowls Defender secara permanen, sebaiknya Sobat backup terlebih dahulu Registry yang ingin di ubah menggunakan Registry Editor.

1. Pertama buka Aplikasi Registry Editor, caranya sama seperti membuka Windows Security di atas dengan mengetikan di menu start windows, atau bisa dengan memencet tombol Windows + R untuk menampilkan menu Run dan Ketikan “regedit“.

2. Setelah muncul Registry Editor (Seperti dalam Gambar di bawah), kemudian cari direktori Windows Defender, caranya masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE >> Klik Folder SOFTWARE >> FOLDER POLICIES >> MICROSOFT dan klik Windows Defender

Cara 4 Menonaktifkan Windows Defender
Folder ada di : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender.

3. Setelah menemukannya, sekarang adalah langkah akhir untuk mematikan Windows Defender. Sobat bisa mencari file bernama DisableAntiSpyware, jika tidak menemukannya Sobat harus membuatnya sendiri.

DisableAntiSpyware untuk mematikan Windows Defender
DisableAntiSpyware untuk mematikan Windows Defender

4. Untuk membuatnya klik kanan pada folder Windows Defender, kemudian klik menu New kemudian pilih DWORD (32-Bit) Value dan Isi Angka 0 di Value data selanjutnya Enter.

Membuat file DisableAntiSpyWare
Membuat file DisableAntiSpyWare

5. Jika Sobat yang sudah ada file DisableAntiSpyWare, klik dua kali nanti akan muncul pop-up dan isi value data menjadi “1” yang artinya DisableAntiSpyWare menjadi aktif, jika ingin menonaktifkan ubah angka tersebut menjadi “0”.

value disableantispyware
value disableantispyware

6. Setelah itu Restart PC atau Laptop dan Windows Defender yang Sobat miliki akan tidak bekerja atau nonaktif secara permanen, tapi masih bisa diubah kembali menjadi aktif dengan mengubah value data menjadi 0.

Akhir Kata

Menonaktifkan Windows Defender adalah langkah yang tidak direkomendasikan, karena ini adakah sistem keamanan atau antivirus dan malware yang dibawa oleh OS Windows. Namun jika keadaannya mengharuskan Sobat untuk menonaktifkannya mungkin cara pertama paling cocok yaitu dengan mematikannya sementara waktu dan dan menghidupkannya kembali.

Jangan lupa untuk selalu melakukan update database Windows Defender ya karena itu juga sangat penting untuk sistem keamanan perangkat PC atau laptop yang Sobat miliki.

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini