Cara Membuat Disinfektan Dan Hand Sanitizer Rumahan Mudah Murah

  • Whatsapp
Cara Membuat Disinfektan dan Hand Sanitizer Rumahan 1
Cara Membuat Disinfektan dan Hand Sanitizer Rumahan 1

Cara Membuat Disinfektan Dan Hand Sanitizer Rumahan – Wabah Covid-19 di Indonesia bahkan dunia membuat manusia semakin waspada untuk melindungi tubuh dari serangan virus yang membuat kacau aktifitas di berbagai. Salah satu cara perlindungan adalah dengan membersihkan diri dan benda menggunakan disinfektan dan membersihkan tangan menggunakan Hand Sanitizer. Kedua bahan yang kini mulai sulit didapatkan dan harganya melambung tinggi.

Pada dasarnya kita sudah bisa melindungi diri dengan menjaga jarak atau Social Distancing dan selalu membersihkan tangan dengan sabun. Tapi tentu yang namanya manusia pasti ingin lebih bisa menjaga tubuhnya dengan apa yang dianggapnya lebih ampuh. Di tengah kelangkaan Disinfektan dan Hand Sanitizer, Anda dapat mencoba membuat keduanya secara mandiri di rumah. Hal ini juga sudah disampaikan oleh para penggiat kesehatan dan sudah banyak di publikasikan.

Bacaan Lainnya

Cara membuat Disinfektan dengan Mudah Sesuai Anjuran WHO

Cara Membuat Disinfektan rumahan 1

Pertama untuk Sobat yang ingin mencoba membuat disinfektan dengan mudah di rumah, kalian dapat mengikuti langkah yang kami rangkum di bawah ini. Setiap langkah ini kami rangkum berdasarkan sumber jawaban dari Alodokter. Berdasarkan sumber yang kami dapatkan, Dokter yang menjawab pertanyaan seseorang yang menanyakan apakah aman membuat disinfektan menggunakan pemutih pakaian atau pembersih lantai? Dokter tersebut menjawab ada dua bahan yang direkomendasikan oleh WHO yaitu etanol dan sodium hipoklprit (pemutih).

Untuk membuat disinfektan di rumah dengan ke dua bahan tersebut, Anda bisa melihat beberapa referensi takaran dari beberapa bahan yang bisa Anda gunakan. Berikut beberapa referensinya:

  1. Pertama Anda bisa menggunakan 5 persen Sodium hipoklorit atau pemutih pakaian dengan perbandingan 1:100, yang artinya gunakan 1 bagian pemutih untuk 99 air ledeng dingin. Perlu diperhatikan adalah kandungan pada pemutihnya, jika pemutih hanya memiliki kandungan 2,5 persen sodium hipoklorit sebaiknya gunakan lebih banyak 2 kali dengan air 98 bagian.
  2. Selain itu Anda bisa menggunakan karbol atau pine oil sebagai disinfektan, ini adalah cairan pembersih lantai yang bisa Anda dapatkan di toko dan mini market tersekat. Caranya dalah dengan 10 tutup botol cairan pembersih lantai dengan 1 liter air. Ini akan mendapatkan 0,5 persen bahan aktif
  3. Atau bisa membuat disinfektan dengan cara menggunakan 1 tutup botol pembersih lantau dengan 5 liter air.

Selain itu dokter yang menjawab pertanyaan tersebut juga mengatakan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat disinfektan sendiri. yaitu;

  • Pastikan sesuai dengan takaran
  • Tidak melewati tanggal kadaluwarsa
  • Dan jangan dicampur denganammonia atau pembersih lain

Untuk dapat membuat disinfektan rumahan dengan mudah, Anda dapat membeli bahan yang sudah dijelaskan diatas di berbagai toko bahkan di mini market terdekat dari rumah Anda, karena bahan tersebut merupakan produk untuk pembersih yang biasa Anda gunakan di rumah.

Jenis disinfektan yang direkomendasikan adalah menggunakan cairan pemutih dengan kandungan natriom hipoklorit atau cairan pembersih karbol yang mengandung benzalkonium klorida.

Tapi sebelum Anda membuat disinfektan sendiri di rumah, pastikan Sobat sudah mengetahui bahwa cairan pemutih tersebut dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan pada kulit. Selain itu penggunaan cairan pemutih yang salah juga mampu menimbulkan uap yang beresiko fatal. Untuk itu penting sekali untuk mencampurkan cairan pemutih dengan air untuk menghasilkan disinfektan rumahan yang lebih aman digunakan. Pastikan Anda tidak mencampurkan bahan kimia lain karena dapat membahayakan.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat disinfektan rumahan untuk membunuh kuman dan virus Covid-19, Cara ini dilansir dari halaman kompas.com.

Siapkan perlengkapannya terlebih dahulu:

  • Siapkan botol semprot yang terbuat dari kaca dan dilengkapi dengan tutup
  • Gelas Ukur
  • Sarung tangan karet
  • Masker N95 atau bisa menggunakan masker lain yang tebal

Sementara bahan yang dibutuhkan untuk membuat disinfektan rumahan

  • 2 Sendok makan atau 30ml cairan pemutih (ini untuk 1 liter air) atau Anda bisa menggunakan 2 sendok makan atau 30ml cairan karbol untuk 1 liter air.
  • Air Bersih

Cara Membuat dan Menggunakan Disinfektan Rumahan dengan Aman

  1. Pertama tuang cairan pemutih atau karbol secara hati-hati kedalam botol kaca terlebih dahulu.
  2. Kemudian tambahakan dengan air bersih dan aduk hingga tercampur dengan merata.
  3. Setelah itu tutup botol kaca dengan rapat dan kocok perlahan hingga campuran karbol atau pemutih tercampur rata.
  4. Setelah tercampur rata cairan disinfektan rumahan ini bisa dipindahkan ke botol semprot agar lebih mudah digunakan.
  5. Cairan disinfektan ini hanya bisa digunakan untuk benda mati dan di dalam ruangan dengan ventilasi yang baik.

Bagaimana pastikan Anda membaca dengan baik cara membuat disinfektan rumahan ini agar tidak salah dalam membuatnya, karena ini adalah zat kimia jadi jangan main-main dengan yang Anda buat ya.

Cara Membuat Hand Sanitizer Rumahan dengan Mudah

Cara Membuat Hand Sanitizer Rumahan

Selain membuat disinfektan untuk disemprotkan agar virus mati, Anda juga dapat membuat hand sanitizer rumahan dengan mudah. Sekarang ini hand sanitizer sangat sulit untuk didapatkan, sekalinya ada harganya pun cukup tinggi. Tapi semua tentu ada solusinya, dari pada membelinya dengan harga yang mahal, Anda bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah dengan mudah. Untuk itu Anda dapat mengikuti setiap langkah untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Tapi perlu Anda perhatikan, hand sanitizer bukan untuk digunakan secara terus menerus, ini hanya digunakan jika Anda sulit menemukan air bersih untuk mencuci tangan. Dan yang perlu diperhatikan adalah hand sanitizer yang dijual di pasaran sudah mendapatkan sertifikasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), sedangkan yang akan dibuat tidak memilikinya, jadi perlu Anda perhatikan penggunaannya.

Tapi karena kelangkaan hand sanitizer tersebut, kami akan memberikan rangkuman cara membuat hand sanitizer rumahan yang sudah sesuai dengan apa yang disarankan oleh WHO. Dilansir langsung dari halaman CDC berikut adalah cara membuat hand sanitizer rumahan. Sebagai informasi tambahan, hand sanitizer dapat berfungsi dengan baik jika memiliki kandungan alkohol 60 persen.

WHO menyarankan dua formula untuk membuat hand sanitizer yaitu menggunakan bahan gliserol dan etanol. Gliserol ini berfungsi untuk humektan (menjaga kelembaban) kulit, yang kemudian dicampukan dengan hidrogen peroksida yang berfungsi mengatasi bakteri yang terkontaminasi.

Sementara itu WHO juga menyarankan penggunaan berbahan Etanol. Anda perlu memperhatikan cara membuat hand sanitizer tersebut, karena akan membuat bahan kimia.

Berikut adalah bahan-bahan membuat hand sanitizer dari dua formula yang direkomendasikan oleh WHO;

Informasi: Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat 10 Liter Hand Sanitizer

Formula 1 : Membuat Hand Sanitizer Menggunakan Etanol

  • Etanol 96 persen sekitar 8.333 ml
  • Hidrogen peroksida 3 persen sekitar 417 ml
  • Gliserol 98 persen sekitar 145 ml
  • Air suling (distilasi) atau air matang yang sudah dingin

Formula 2 : Membuat Hand Sanitizer Menggunakan Isopopil Alkhol

  • Isopopil alkhol 99,8 persen sekitar 7,515 ml
  • Hidrogen peroksida 3 persen sekitar 417 ml
  • Gliserol 98 persen sekitar 145 ml
  • Air suling (distilasi) atau air matang yang sudah dingin

Jika Bahan-bahannya sudah Anda siapkan, perhatikan juga untuk alat-alat pembuatan hand sanitizernya. Berikut adalah alat-alat yang diperlukan;

  • Gelas atau botol palstik berukuran 10 liter dengan sumbat ulir (tutup yang bisa dikencangkan)
  • Jerigen plastik berukuran 50 liter polythylene, yang tembus pandang untuk melihat tingkat cairannya
  • Tangki stainless steel dengan kapasitas 80-100 liter
  • Sodet kayu, plastik, atau logam untuk mengaduk adonan
  • Tabung pengukur
  • Gelas takar, corong plastik atau logam
  • Botol plastik dengan tutup anti bocor berukuran 100 ml
  • Botol kaca atau plastik berukuran 500 ml dengan tutup sekrup
  • Alkohol meter, skala suhu di bagian bawah dan konsentrasi etanol (presentase v/v) di bagian atas

Cara membuat hand sanitizer sesuai standar dari WHO:

  • Pertama Anda Siapkan 10 botol kaca atau plastik berukuran 10 liter dengan tutup sekrup.
  • Pilih formula yang ingin dibuat sesuai takaran ke dalam jerigen. (Anda bisa memilih formula 1 atau formula 2)
  • Tambahkan hidrogen peroksida ke dalam jerigen.
  • Tambahkan gliserol ke dalam jerigen. Gliserol memiliki sifat yang kental dan lengket pada gelas ukur.
  • Bersihkan gelas ukur dengan air distilasi atau air matang.
  • Tuangkan ke dalam jerigen sekitar 10 liter, dan tambahkan 1 liter air distilasi.
  • Aduk hingga tercampur rata.
  • Terakhir, segera bagi ke botol plastik berukuran 500 atau 100 ml.

Dan diamkan sekitar 72 jam, hand sanitizer rumahan baru bisa digunakan.

Baca juga:

PERHATIAN

Yang perlu diperhatikan, hand sanitizer ini hanya salah satu alternatif jika Anda sulit menemukan air bersih untuk membersihkan tangan. Pada intinya lebih baik And membersihkan tangan dengan air bersih dan sabun karena terhindar dari paparan bahan kimia. Selain itu penggunaan hand sanitizer dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit mengalami gangguan kesehatan seperti kulit kering bahkan bisa mengakibatkan iritasi dan gangguan fungsi otot dan jantung.

Selain itu WHO juga mengingatkan Risiko Semprot Disinfektan pada Manusia adalah Mudah Terbakar hingga Keracunan. Jadi jangan salah gunakan disenfektan yang dibuat mandiri di rumah ya.

Artikel ini kami buat dari berbagai sumber diantaranya dari laman tribunnews, kompas dan juga liputan6 yang mengacu pada informasi yang dirujuk dari WHO.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *