Cara Menggunakan Zoom Meeting di HP – AndroidPonsel.com – Halo Sobat AndroidPonsel, saat ini ditengah wabah pandemi Covid-19 yang melanda tanah air bahkan hampir seluruh negara di dunia mengakibatkan kita menjadi sulit beraktifitas di luar rumah seperti biasa, walaupun Indonesia tidak melakukan sistem lockdown, tapi kita sudah dianjurkan tetap berada di rumah dan banyak perusahaan juga sudah membuat kebijakan untuk bekerja dari rumah dengan mengandalkan aplikasi pendukung untuk meeting yang salah satunya adalah Zoom, aplikasi meeting online yang sekrang ini menjadi andalan.

Untuk Anda yang baru mendengar aplikasi Zoom tentu saja Anda akan kebingungan bagaimana cara menggunakan zoom untuk keperluan meeting. Terlebih jika Anda hanya menggunakan handphone untuk dapat bertatap muka dengan rekan kerja. Untuk itu kami akan mengulas secara singkat dan padat bagaimana cara menggunakan Zoom Meeting di HP baik itu Android ataupun Apple (iOS).

Cara Menggunakan Zoom Meeting di Handphone

Langkah yang kami akan jelaskan ini adalah bagaimana cara ikut serta dalam meeting online melalui aplikasi zoom di handphone baik menggunakan Android ataupun iOS. Langkah ini tidak menjelaskan bagaimana Anda membuat room di aplikasi ini melainkan Anda hanya menjadi peserta video conference saja. Langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Zoom di Android atau di IOS. Untuk linknya Anda bisa mengikuti ini : (Link Android) atau (Link iOS)
  2. Setelah menginstalnya buka aplikasi di masing-masing perangkat. disini Anda tidak perlu login ya karena disini Anda hanya menjadi anggota dari meeting online.
  3. Setelah itu Anda akan diundang dengan cara dikirimkan link dari teman kantor Anda, klik link yang diberikan untuk masuk ke dalam meeting online, caranya klik open with Zoom.
  4. Setelah masuk, input nama anda di kolom username, dan Klik “Call via Device Audio”.
  5. Anda sudah ikut serta dalam video conference menggunakan Zoom di HP.

Beda lagi jikalau Anda ingin membuka ruang khusus untuk meeting online dan mengundang rekan kerja. caranya tidak sulit kok, berikut adalah cara menggunakan zoom untuk meeting online di HP.

Download aplikasi Zoom di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau di Apple Apps Store untuk pengguna iPhone.

  • Pertama kalian juga harus mengunduh dan instal aplikasi Zoom ya.
  • Untuk menjadi seorang host Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa login, kalian bisa daftar menggunakan email atau profil Facebook.
  • Setelah itu masuk ke setting / pengaturan dan temukan Personal Meeting ID yang bisa Anda gunakan untuk mengundang partisipan ke Meeting Online.
  • Kalau sudah menemukan Persosnal Meeting ID, copy ID tersebut dan kirim ke teman yang akan diundang ke video Conference yang sudah Anda buat.
  • Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  • Partisipan juga bisa Copy-Paste Meeting ID milik Host untuk bergabung ke Meeting Online, kemudian klik Join a Meeting, dan ruangan virtual meeting sudah siap digunakan.

Fitur Zoom Cloud Meeting

Jika Sobat mempunyai akun zoom cloud meeting, di dalam aplikasi ini ada beberapa fitur yang sangat membantu untuk keperluan meeting secara virtual. berikut adalah fitur-fitur yang bisa diandalkan;

  1. Schedule a Meeting
    Fitur ini berfungsi untuk menjadwalkan meeting yang akan segera berlangsung.
  2. Join a Meeting
    Fitur ini memudahkan pengguna bergabung bersama rekan lain yang sudah diundang melalui Meeting ID atau Personal Link dari pembuat (host)
  3. Host a Meeting
    Menjadikan pengguna seorang host atau pempinan meeting. Seorang host dapat leluasa menyetel meeting dengan tiga mode pilihan, yaitu ; with video off atau tanpa video, with video on atau dengan menggunakan video dan Screen Share only atau menampilkan tampilan layar pada laptop atau smartphone untuk presentasi.

Zoom Versi gratis punya Keterbatasan Aplikasi meeting online Zoom memang bisa digunakan secara gratis, tapi ada beberapa keterbatasan jika Anda menggunakan versi gratis. Diantaranya adalah hanya bisa meeting selama 40 menit dan maksimal partisipan hanya 100 orang. Jika ingin meeting bersekala besar dan dengan waktu yang lama Anda harus membayar dengan harga termurah $14.99/ bulan.

Baca juga:

Akhir Kata

Semoga cara menggunakan Zoom meeting di HP ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah pekerjaan. Oh ia jika Anda memerlukan aplikasi yang sama seperti Zoom, Anda bisa menggunakan aplikasi buatan anak bangsa bernama umeetme.id silahkan Anda bisa langsung mengunjungi websitenya dan membuat room untuk meeting di sana, caranya lebih mudah lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here