Kelebihan Menggunakan Progressive Web App (PWA) untuk Website Anda

  • Whatsapp
Kelebihan Menggunakan PWA (1)
Inilah Kelebihan menggunakan Teknologi yang disebut PWA

Semua orang saat ini pasti sudah sangat familiar dengan keberadaan Internet. Terlebih lagi, internet akan sangat disukai dan digemari jika ia memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi. Akses yang tinggi dari Internet tentu saja sangat dibutuhkan oleh semua orang. Khususnya, para pengelola situs yang rela melakukan apa saja agar keefektifan situsnya meningkat. Salah satunya dengan PWA (Progressive Web App). Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang kelebihan menggunakan Progressive Web App.

Tidak Perlu Bergantung pada Aplikasi Store

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan PWA merupakan salah satu kunci sukses agar situs web memiliki performa yang cepat. Apakah Anda merupakan seseorang yang baru saja mendengar istilah yang satu ini? PWA adalah Progressive Web App atau juga dikenal sebagai aplikasi yang sengaja dirancang untuk membantu melakukan optimasi pada sebuah situs.

Bacaan Lainnya

Salah satu kelebihan menggunakan progressive web app ialah tidak bergantung pada Google Play Store, Windows Store atau juga Apple Store. Jadi, Anda tidak perlu bergantung pada ketiga store tersebut ketika akan mulai mempublikasikan aplikasi yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa secara bebas mengembangkan aplikasi yang Anda bangun tanpa terjerat dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh store-store yang ada.

Memiliki Performa dan Kinerja Mumpuni

Perlu Anda ketahui juga bahwa sebuah PWA memiliki pekerja layanan yang memiliki tugas untuk mengelola file sampah yang menjadi aset situs Anda secara efisien. Hasil performanya tentu saja akan berjalan dengan sangat cepat dan juga mumpuni jadi bisa meningkatkan kenyamanan Anda dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga : web hosting murah klik disini

Uber sendiri bahkan pernah mengklaim bahwa PWA yang mereka miliki memiliki kemampuan beroperasi pada jaringan 2G dan sudah bisa diakses secara sempurna hanya dalam waktu 3 detik saja. Bagi Anda pemilik aplikasi, hal ini tentu adalah hal yang baik mengingat semua bisnis tentu ingin agar situs dan aplikasi mereka memiliki performa yang lebih baik.

Lebih Hemat dalam biaya Produksi

Kelebihan menggunakan progressive web app selanjutnya ialah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Jadi, dengan menggunakan PWA kali ini, Anda bisa mengembangkan sebuah situs dengan metode yang ditawarkan yaitu metode progresif. Dengan begitu, hasil yang dihasilkan juga Anda rasakan secara maksimal. Nantinya, aplikasi tersebut bisa Anda gunakan di semua jenis perangkat dan juga semua jenis sistem operasi aplikasi.

Kelebihan menggunakan progressive web app yang satu ini tentu saja hanya memerlukan biaya produksi yang lebih rendah dari yang seharusnya. Yang pasti, biaya pembangunan dan pembaharuan akan jauh lebih murah dan juga terjangkau.

Proses Instalasi yang Cepat

Kelebihan selanjutnya yang perlu Anda ketahui ialah proses instalasinya yang sangat cepat. Anda bahkan sudah tidak perlu membayangkan proses instalasi yang terlalu berbelit-belit seperti yang harus didahului oleh proses pengunduhan, pemasangan (instalasi) dan juga pemberian hak akses. Dengan menggunakan PWA, Anda tidak akan melakukan proses instalasi berbelit-belit seperti yang biasanya Anda temukan pada aplikasi mobil pada umumnya.

Yang perlu Anda lakukan jika menggunakan PWA ialah dengan menambahkan situs web Anda ke laman HomeScreen saja. Nantinya, aplikasi Anda tersebut akan terpasang secara otomatis. Bagaimana? Mudah dan cepat sekali bukan proses pemasangannya?

Bisa Diakses dengan Mode Offline

Kelebihan menggunakan progressive web app selanjutnya ialah ia mampu beroperasi saat tidak ada jaringan internet alias saat mode offline. Ya, hal ini tentu saja berbeda dengan web app pada umumnya yang akan menampilkan gambar Dinosaurus saat tidak ada jaringan internet yang menyokongnya. Contohnya saja, semisal Anda memiliki toko online tanpa PWA yang sedang dikunjungi oleh pengunjung. Namun, tiba-tiba jaringan internet terputus dan menyebabkan hilangnya akses ke toko online Anda.

Meski begitu, jangan khawatir karena dengan menggunakan PWA, semua produk yang ada pada toko online Anda masih bisa dilihat dan tersimpan dalam cache. Jadi, pengunjung masih bisa mengakses produk yang ada pada toko online Anda.

Memiliki Keamanan yang Terjamin

Apakah Anda tahu bahwa dengan menggunakan PWA, aplikasi yang situs web yang Anda miliki akan mempunyai keamanan yang terjamin. Ya, kelebihan menggunakan progressive web app lainnya ialah ialah tingkat keamanannya yang terbilang tinggi karena protokol jaringan HTTPS yang ia gunakan.

Perlu Anda ketahui bahwa HTTPS sendiri menerapkan tiga lapis perlindungan keamanan saat pengguna akan mengakses situs web Anda. Keamanan yang terjamin dari PWA ini tentu saja sangat cocok untuk beberapa situs yang mengelola pembiayaan elektronik, misalnya saja situs bisnis.

Bisa Melakukan Update Otomatis

Kelebihan terakhir saat menggunakan PWA ialah Anda tidak perlu bingung mengenai pembaharuan yang dilakukannya. Hal ini disebabkan PWA bisa melakukan pembaharuan secara otomatis alias auto-update. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan dibanding Anda harus melakukan pembaharuan secara manual. Tentu akan sangat merepotkan, bukan?

Selain itu, Anda juga bisa memastikan bahwa pengunjung atau pengguna bisa mengakses aplikasinya menggunakan versi yang paling baru. Secara tidak langsung hal ini juga akan memberikan kenyamanan pada pengguna aplikasi Anda.

Baca juga: Apps Pikobar Website Resmi Persebaran Covid-19 Jawa Barat

Itulah beberapa poin yang bisa Anda pahami mengenai kelebihan PWA. Yang pasti, agar situs memiliki tingkat keamanan yang terjamin, Anda perlu menggunakan PWA guna mengetahui kelebihan menggunakan Progressive Web App lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *