Cara Menghapus Akun Zoom – Wabah pandemi Covid-19 yang hampir melanda seluruh negara, membuat aktivitas-aktivitas sosial menjadi terganggu. Salah satunya adalah pemerintah di Indonesia melarang pertemuan secara langsung agar tidak terjadi penyebaran virus Covid-19. Dengan itu masyarakat berlomba-lomba mencari cara agar tetap bisa melaksanakan pekerjaan dan kegiatannya. Salah satunya yaitu membuat pertemuan atau meeting jarak jauh secara online melalui aplikasi zoom.

Baca : Cara Menggunakan Zoom Meeting di HP Android dan iOS

Namun ditengah nyamannya masyarakat mengakses zoom, banyak berita-berita yang membicarakan tentang penyadapan percakapan, pembobolan data, pembobolan rekening, penjualan akun di dark web dan segala macam jenis hacking dan cracking yang cukup membuat kita merasa sangat khawatir.

Eric Yuan (CEO Zoom) pun mengakui bahwa aplikasi video call di PC dan mobile miliknya ini tidak sepenuhnya aman. Namun, dia berkomitmen untuk memperbaiki celah keamanan ini secepatnya. Seperti dikutip dari laman msn.com pada (08/04/2020).

Namun jangan khawatir dan tetap tenang, disini kami ingin berbagi cara menghapus akun Zoom bagi yang sudah terlanjur memakai atau mengakses Zoom.

1. Cara menghapus Zoom di Android

Jika terlanjur menggunakan Zoom di handphone Android, Sobat bisa menghapus akun Zoom tersebut dengan sangat mudah! Berikut caranya;

Langkah pertama – Buka aplikasi Zoom di HP

  •  Buka browser smartphone kamu lalu kunjungi situs Zoom (https://zoom.us/) dan masukkan akun Zoom dengan ketuk ikon hamburger > Sign In.

Langkah kedua – pilih Opsi Account Management:

  • Jika sudah masuk, kamu tinggal ketuk menu dropdown yang ada di bagian atas. Di sini kamu bisa memilih Admin > Account Management > Account Profile.

Langkah ketiga – hapus akun Zoom

  • Pada laman Account Profile, kamu pilih opsi Terminate my account yang ada dibagian bawah. Lalu pada pop-up konfirmasi, kamu tinggal pilih Yes untuk menghapus akun Zoom secara permanen.

langkah keempat – Non-aktifkan Permission Zoom

Walaupun akun Zoom sudah terhapus permanen, namun masih ada aplikasi Zoom yang terpasang di handphone kamu.

  • Sebelum mulai menghapus atau uninstall, terlebih dulu kamu nonaktifkan permission Zoom. Kamu tinggal pergi ke menu Settings > App > Zoom > Permissions.

Langkah kelima – Hapus Cache dan Data Zoom

  • kamu bisa menghapus cache dan data aplikasi Zoom yang mungkin masih tersisa di HP mu. Caranya tinggal pergi ke menu Storage > Clear cache dan Clear data.

Langkah keenam – Uninstall aplikasi zoom di HP mu

  • Terakhir, tinggal pilih opsi Uninstall untuk menghapus pemasangan aplikasi Zoom di HP. Jika muncul konfirmasi, kamu tinggal ketuk OK untuk melanjutkan prosesnya.

2. Cara Hapus Akun Zoom di Laptop

Selain menghapus akun zoom melalui HP kamu, menghapus akun zoom juga bisa melalui laptop. Adapun caranya :

Langkah Pertama – buka aplikasi Zoom dan Login akun

  • Buka aplikasi browser PC atau laptop, kemudian kunjungi situs Zoom (https://zoom.us/) dan login ke akun Zoom milikmu dengan klik opsi Sign In.

Langkah Kedua –  pilih opsi Account Management

  • Saat kamu sudah masuk ke dalam aplikasi Zoom, kamu tinggal lihat bagian yang ada di sebelah kiri layar. Di sini kamu tinggal pilih opsi Account Management > Account Profile.

Langkah Ketiga – Mulai hapus akun Zoom di Laptop

  • Kamu tinggal pilih Terminate my Account. Jika muncul kotak konfirmasi, kamu tinggal klik Yes untuk menghapus akun Zoom secara permanen melalui PC atau laptop.

Langkah Keempat – Buka Control Panel

  • Kemudian kamu bisa menghapus aplikasi Zoom di laptop. Caranya kamu pergi ke aplikasi Control Panel > Uninstall or change a program.

Langkah Kelima – Hapus / Uinstall Zoom di Laptop

  • Cari dan klik aplikasi Zoom kemudian pilih opsi Uninstall pada bagian atas. Maka proses uninstall aplikasi Zoom di laptop akan berjalan secara otomatis dan menghapusnya dari perangkat kamu.

Begitu cara menghapus akun zoom di HandPhone dan Laptop kamu, mudah bukan?

Kami merekomendasikan aplikasi meeting atau pertemuan jarak jauh yang lebih aman yaitu Skype dan Google Meets yang dikembangkan Microsoft dan Google. Selain itu ada aplikasi buatan dalam negeri bernama umeetme.id yang sangat mudah untuk menggunakannya.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ada tulisan yang kurang jelas.

#StaySafe everyone jangan lupa rajin cuci tangan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here