Cara Menghapus Akun Zoom Di Android Dan Laptop Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Zoom

Cara Menghapus Akun Zoom – Semenjak di landa pandemi, Zoom menjadi aplikasi yang populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, tak heran memang aplikasi ini sangat dibutuhkan karena mempermudah melakukan kordinasi secara online termasuk meeting yang membuat pertemuan jarak jauh menjadi mudah.

Setelah sebelumnya kami sudah menuliskan artikel cara menggunakan zoom, kini ada banyak juga yang ingin menghapus akun zoom karena berbagai alasan. Salah satunya terkait penyadapan percakapan, pembobolan data, pembobolan rekening, penjualan akun di dark web dan segala macam jenis hacking dan cracking yang cukup membuat kita merasa sangat khawatir.

Eric Yuan (CEO Zoom) pun mengakui bahwa aplikasi video call di PC dan mobile miliknya ini tidak sepenuhnya aman. Namun, dia berkomitmen untuk memperbaiki celah keamanan ini secepatnya. Seperti dikutip dari laman msn.com pada (08/04/2020).

Namun jangan khawatir dan tetap tenang, disini kami ingin berbagi cara menghapus akun Zoom bagi yang sudah terlanjur memakai atau mengakses Zoom.

Cara menghapus Zoom di Android

cara menghapus akun zoom di HP

Jika terlanjur menggunakan Zoom di handphone Android, Sobat bisa menghapus akun Zoom tersebut dengan sangat mudah! Berikut caranya:

Cara Menghapus Akun zoom dari HP Android

  1. Langkah pertama – Buka aplikasi Zoom di HP

    Buka browser smartphone kamu lalu kunjungi situs Zoom (https://zoom.us/) dan masukkan akun Zoom dengan ketuk ikon hamburger > Sign In.

  2. Langkah kedua – pilih Opsi Account Management:

    Jika sudah masuk, kamu tinggal ketuk menu dropdown yang ada di bagian atas. Di sini kamu bisa memilih Admin > Account Management > Account Profile.

  3. Langkah ketiga – hapus akun Zoom

    Pada laman Account Profile, kamu pilih opsi Terminate my account yang ada dibagian bawah. Lalu pada pop-up konfirmasi, kamu tinggal pilih Yes untuk menghapus akun Zoom secara permanen.

  4. langkah keempat – Non-aktifkan Permission Zoom

    Walaupun akun Zoom sudah terhapus permanen, namun masih ada aplikasi Zoom yang terpasang di handphone kamu. Sebelum mulai menghapus atau uninstall, terlebih dulu kamu nonaktifkan permission Zoom. Kamu tinggal pergi ke menu Settings > App > Zoom > Permissions.

  5. Langkah kelima – Hapus Cache dan Data Zoom

    kamu bisa menghapus cache dan data aplikasi Zoom yang mungkin masih tersisa di HP mu. Caranya tinggal pergi ke menu Storage > Clear cache dan Clear data.

  6. Langkah keenam – Uninstall aplikasi zoom di HP mu

    Terakhir, tinggal pilih opsi Uninstall untuk menghapus pemasangan aplikasi Zoom di HP. Jika muncul konfirmasi, kamu tinggal ketuk OK untuk melanjutkan prosesnya.

Cara Hapus Akun Zoom di Laptop

cara menghapus akun zoom

Selain menghapus akun zoom melalui HP kamu, menghapus akun zoom juga bisa melalui laptop. Adapun caranya :

Langkah Pertama – buka aplikasi Zoom dan Login akun

  • Buka aplikasi browser PC atau laptop, kemudian kunjungi situs Zoom (https://zoom.us/) dan login ke akun Zoom milikmu dengan klik opsi Sign In.

Langkah Kedua –  pilih opsi Account Management

  • Saat kamu sudah masuk ke dalam aplikasi Zoom, kamu tinggal lihat bagian yang ada di sebelah kiri layar. Di sini kamu tinggal pilih opsi Account Management > Account Profile.

Langkah Ketiga – Mulai hapus akun Zoom di Laptop

  • Kamu tinggal pilih Terminate my Account. Jika muncul kotak konfirmasi, kamu tinggal klik Yes untuk menghapus akun Zoom secara permanen melalui PC atau laptop.

Langkah Keempat – Buka Control Panel

  • Kemudian kamu bisa menghapus aplikasi Zoom di laptop. Caranya kamu pergi ke aplikasi Control Panel > Uninstall or change a program.

Langkah Kelima – Hapus / Uinstall Zoom di Laptop

  • Cari dan klik aplikasi Zoom kemudian pilih opsi Uninstall pada bagian atas. Maka proses uninstall aplikasi Zoom di laptop akan berjalan secara otomatis dan menghapusnya dari perangkat kamu.

Aplikasi alternatif selain Zoom

Selain Zoom Meet, ada banyak aplikasi alternatif yang bisa Sobat gunakan secara gratis, yang populer selanjutnya adalah Google Meet yang juga punya fungsi yang sama seperti Zoom walaupun memang fiturnya tidak selengkap zoom tapi paling tidak Google Meet sudah dapat mengakomodasi meeting online secara stabil.

Selain itu ada juga Skype for Busines, Siapa sih yang tidak kenal Skype, ini adalah produk dari Microsoft yang sudah lama bergerak untuk digunakan komunikasi secara online, dan ini bisa menjadi alternatif dari penggunaan Zoom dan Google Meet.

Selain itu, ada juga aplikasi yang membantu kordinasi pekerjaan online menjadi lebih baik, aplikasi tersebut bernama Slack. Aplikasi ini punya fitur yang terintegrasi dengan video call, selain itu fitur lainnya sangat powerfull untuk menunjang pekerjaan.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi alternatif dari Zoom Meet, seperti whereby.com, Google Duo dan lainnya yang sudah kami bahas di artikel aplikasi video conference terbaik alternatif selain zoom.

Bagaimana Mudah Bukan Menghapus Akun Zoom?

Bagaimana mudah bukan untuk menghapus akun zoom di hp dan di laptop? cara ini adalah cara menghapus secara permanent. Jadi akun sobat benar-benar tidak ada lagi di Zoom Meet.

Selain itu Sobat bisa mengganti alternatif pengganti zoom dengan aplikasi video confrance lainnya seperti Google Meet, Skypy dan lainnya yang juga sudah kami bahas di atas. Selain itu ada aplikasi buatan dalam negeri bernama umeetme.id yang sangat mudah untuk menggunakannya.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ada tulisan yang kurang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.