3 Cara Mudah Menambahkan Lokasi di Google Maps

  • Whatsapp
Cara Menambahkan lokasi Di Google Maps

Ditengah kemajuan zaman seperti ini, teknologi seakan membuat dunia dalam genggaman. Tempat-tempat di dunia dapat dengan mudah kita ‘kunjungi’ dengan bantuan teknologi, Google Maps / Google Earth salah satunya. Google Maps menawarkan teknologi yang canggih, yaitu dapat membantu kita menemukan lokasi maupun melihat lokasi secara detail dan akurat.

Namun Google Maps juga bukan berarti sempurna menjangkau semua, terkadang ada beberapa tempat yang tidak ada di daftar lokasi Google Maps, mungkin rumah kita atau daerah kita salah satunya.

Bacaan Lainnya

Nah, disini kami ingin memberikan cara menambahkan lokasi di Google Maps yang dapat kamu input sendiri, nantinya ini akan dapat membantu kamu maupun orang lain dalam menemukan lokasi!

Oiya, jika kamu punya bisnis, kamu juga bisa menambahkan lokasi bisnis kamu di Google Maps lho! Tanpa berlama-lama, langsung saja kita bahas!

1. Melalui Aplikasi Google Maps di Handphone

Cara membuat lokasi di Google Maps pertama ini hanya menggunakan handphone yang kalin miliki, dan di sini Sobat harus menggunakan aplikasi Google Maps yang bisa Anda dapatkan di Play Store (Android) atau Apps Store (iOS.

  • Pertama, buka aplikasi google maps di handphone kamu ya! Pastikan update terlebih dahulu agar fitur-fitur terbaru dapat kamu gunakan.
blank
  • Selanjutnya, hidupkan GPS, pastikan kamu terhubung atau terkoneksi dengan internet ya!
  • Lalu klik ikon garis tiga di pojok kiri atas.
  • Selanjutnya scroll ke bawah lalu klik opsi “Tambahkan Tempat”
blank
  • Pilih “Tambahkan Tempat”
  • Lalu isi data-data di Form yang sudah disediakan di menu tersebut. Pastikan kamu isi dengan sesuai dan dapat dipertanggung jawabkan ya!
blank
  • Tips membuat lokasi di Google Maps agar tempat mudah dikenali, sebaiknya tambahkan juga beberapa foto (sangat disarankan) yang menampilkan bagian depan tempat tersebut (sebaiknya pastikan tempat sudah memiliki papan nama). Menambahkan beberapa foto original akan memudahkan proses review oleh tim Google.
  • Terakhir, jika sudah klik tombol kirim. Nantinya google akan meninjau dahulu lokasi yang kamu input. harap bersabar ya!

2. Menambahkan lokasi di Google Maps menggunakan PC

Selain melalui Handphone, menambahkan lokasi di Google Maps juga melalui PC lho, caranya juga sangat mudah! Langsung saja lihat secara detail setiap langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, Buka sebuah browser di laptop bisa Mozilla, Google Chrome ataupun yang lainnya lalu pergi ke halaman https://maps.google.co.id/
blank
  • Selanjutnya masuk dengan akun Google yang kamu miliki, pastikan akun pribadi ya!
  • Klik ikon garis tiga utama di sebelah pojok kiri atas, lalu scroll ke bawah pilih opsi Tambahkan tempat.
blank
  • Jika sudah masuk, kamu wajib isi semua data di form yang sudah disediakan, pastikan isi dengan benar / sesuai dan dapat dipertanggung jawabkan ya!
  • Setelah selesai, klik tombol Kirim untuk ditinjau terlebih dahulu oleh tim Google. Untuk hasilnya diharapkan bersabar ya, karena bisa memakan waktu 2 sampai 3 minggu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Fake Serial Number IDM

3. Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps Melalui Google My Business / Google Bisnisku.

blank

Cara menambahkan lokasi di Google Maps satu ini sangat penting jika kamu memiliki lokasi usaha yang nyata, misalkan kamu punya toko kue atau usaha lainnya, kamu bisa mengikuti cara satu ini, yaitu menggunakan Google Bisnisku.

Google My Business atau Google Bisnisku adalah sebuah layanan Google yang dikhususkan bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya secara online. Google Bisnisku dapat kamu akses melalui web dan aplikasi yang tersedia di Play Store kamu bisa mengunduh di sini dan App Store kamu bisa mengunduhnya di sini.

Kamu bisa menambahkan sebuah tempat usaha kamu ataupun orang lain dengan mudah melalui Google Bisnisku / Google My Business. Selain itu, kamu juga bisa langsung memverifikasi kepemilikan tempat usaha tersebut (Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui nomor telepon atau surat).

Setelah tahap verifikasi selesai, maka kamu bisa sepenuhnya mengendalikan tempat usaha tersebut. Misal, jika ada perubahan jam operasional toko, kamu bisa langsung mengubahnya di layanan Google Bisnisku.

Berikut adalah beberapa fitur Google Bisnisku yang bisa kamu gunakan setelah tempat usahamu terverifikasi:

  • Mengubah jam operasional atau menambah jam-jam khusus di waktu tertentu.
  • Membalas komentar yang diberikan oleh pelanggan (namun kamu tidak bisa menghapus komentar mereka).
  • Menambahkan foto profil, cover, dan produk dengan mudah.
  • Membuat postingan yang nantinya akan ditampilkan bersamaan dengan hasil pencarian tempat usahamu di Google Maps atau Google Search.
  • Dan masih banyak keuntungan lainnya.

Nah sudah cukup paham apa itu Google Bisnisku atau Google My Business dan fitur-fitur yang disediakan?

blank

Sekarang kami akan beritahu caranya mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps

  • Buka dan masuk ke Google My Business yang sudah kamu download, jika kamu sudah memliki sejak lama jangan lupa perbarui dahulu ya supaya fitur baru dapat kamu nikmati!
  • Lalu Login dengan akun Google kamu ya!
  • Pilih menu utama Manage locations.
  • Pilih opsi Add location > Add single location yang terletak di sebelah kanan.
  • Jika Sudah masuk, tulis nama usahamu di kotak pencarian. Nah ini dilakukan untuk memastikan apakah tempat usaha yang kamu miliki sudah terdapat di database Google atau belum (tempat-tempat umum yang terekam kamera Google Street biasanya otomatis masuk ke Google Maps).
  • Jika tempat usaha kamu sudah ada di database Google, kamu tinggal memilihnya di hasil pencarian untuk dapat mengklaim.
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke form untuk melengkapi data tempat usaha tersebut, ikuti arahannya ya!
  • Nah, Jika tempat usaha atau bisnis kamu baru, kamu tinggal memilih opsi Create a business with this name.
  • Lalu selanjutnya kamu diwajibkan mengisi data-data tempat usaha, termasuk kategori usaha, alamat usaha (harus diisi lengkap dan tepat), dan lain sebagainya. Pastikan datanya sesuai dan dapat kamu pertanggung jawabkan ya!
  • Pada saat penetapan lokasi di peta, pastikan titiknya sesuai dengan aslinya. Kamu bisa menggunakan bantuan GPS HP untuk menentukan titik lokasi yang tepat.
  • Setelah semuanya selesai dan kamu sudah mengisi dan mengikuti arahan semuanya, kamu tinggal memilih metode verifikasi yang kamu inginkan.

Nah disini dibutuhkan waktu beberapa hari hingga surat verifikasi dari Google sampai ke alamat usahamu. Jika sudah diterima, kamu tinggal memasukkan beberapa digit kode yang tertera pada surat tersebut.

Tara! Setelah proses verifikasi selesai, kamu bisa mengelola penuh akun usaha Google-mu. Selain itu, tempat usaha tersebut juga bisa muncul di mesin pencarian Google. Disini kamu tinggal memaksimalkan fitur-fitur yang ada yang disediakan oleh Google Maps!

Cara atau langkah-langkah di atas bisa kamu terapkan di Google Bisnisku versi mobile ya!

note : For your information, kamu tidak diperkenankan untuk mengubah nama tempat usahamu berulang kali. Jika hal itu dilakukan, Google akan menangguhkan tempat usaha tersebut.

Attention

blank

Pastikan kamu isi data dengan benar ya dan jangan digunakan untuk sekedar iseng atau coba-coba, Karena ini dapat merugikan pihak-pihak ataupun orang lain. Dan jika kamu tidak mengisi data dengan benar Google sendiri juga mempunyai prosedur untuk menindak lanjuti. Jadi isi atau input dengan sesuai ya! Terlebih lokasi usahamu, supaya usaha kamu tambah laris 😊

Akhir Kata

Sekian cara dan langkah-langkah yang dapat kami jabarkan bagaimana cara menambahkan lokasi di Google Maps, jika kamu punya metode atau cara lain beritahu kami di kolom komentar dibawah ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *