Cara Mengatasi Memori Internal Handphone Yang Penuh

  • Whatsapp
mengatasi memori internal penuh

Teknologi smartphone tak lepas dari kehadiran teknologi memori membuat penyimpanan yang begitu besar dengan ukuran fisik yang begitu kecil. Nah memori pada handphone bak sebuah otak di manusia yang dapat menyimpan file atau data. Memori terbagi dua jenis yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal adalah memori bawaan yang disematkan di handphone, dan memori eksternal sendiri adalah memori yang bisa kita sisipkan ke handphone kita untuk membantu menambah ruang penyimpanan. Lantas bagaimana jika memori internal handphone yang kita miliki penuh? Bagaimana cara mengatasi-nya?

Kebanyakan pengguna smartphone pernah mengalami permasalahan yang sama, yaitu penuhnya memori internal yang membuat handphone menjadi tidak bisa menyimpan file dan juga memperlambat kinerja. Namun jangan khawatir! Kami punya cara untuk sobat bagaimana Cara Mengatasi Memori Internal Yang Penuh. Tertark? Simak di bawah ini ya!

Mengatasi Memori Internal Yang Penuh

Sebelum Sobat memulai mengikuti langkah agar memori internal yang kalian miliki tidak penuh, kami harap kalian membacanya dengan teliti, jangan sampai ada langkah yang kalian lewati sehingga masalah bisa dapat teratasi dengan mudah.

1. Hapus Cache Aplikasi

Salah satu cara yang bisa Sobat lakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi. Cache sendiri merupakan sisa data yang sudah kita tidak gunakan lagi. Bagaimana caranya?

  • Pertama, pergi ke Settings di Handphone sobat atau bisa pilih ikon gerigi. Selanjutnya gulir kebawah dan pilih menu “App Management”
mengatasi memori internal penuh
  • Jika sudah, klik semua aplikasi atau beberapa yang sekiranya menurut sobat sering sobat akses.
cara mengatasi memori hp penuh
  • Lalu klik aplikasi yang ingin sobat pilih, dan pilih “Storage Usage”
cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh
cara mengatasi penyimpanan internal penuh
  • Dan disitu pasti ada pilihan “Clear Cache”, sobat bisa klik untuk menghapusnya.
  • Selesai! Dengan cara ini sebenarnya sudah dapat mengatasi penyimpanan internel penuh, tapi jika masih ada kendala Sobat bisa melihat cara selanjutnya.

2. Cek Data Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang paling memiliki aktivitas penggunaan yang tinggi, hal inilah yang membuat sampah file WA menumpuk dan tersimpan di memori sehingga memori internal pada ponsel menjadi penuh. Untuk itu Sobat harus melakukan penghapusan secara rutin. Bagaimana cara menghapusnya? Berikut adalah caranya.

  • Pertama, sobat bisa buka File Manager di handphone sobat
  • Kemudian pilih atau Klik “Phone Storage” atau “Penyimpanan Telpon”
cara mengatasi penyimpanan penuh
  • Gulir kebawah kemudian buka folder whatsapp. Disitu nanti akan banyak terdapat file-file. Sobat bisa hapus yang sekiranya tidak penting atau sudah tidak sobat butuhkan lagi.
cara agar memori internal tidak penuh

Catatan: jangan hapus data yang ada di folder databases ya! Karena jika sobat hapus kemungkinan akan mengalami kehilangan data penting ataupun menyebabkan error! Dan pastikan juga kalian sudah melakukan backup WhatsApp terlebih dahulu. Caranya bisa lihat di sini.

Selain WhatsApp, jika kalian adalah pengguna sosial media Instagram sebaiknya cek juga data dari aplikasi Instagram ya.

3. Hapus Foto dan Video Yang Tidak Penting

Menghapus Gallery Foto

Kalau sobat bertanya kenapa memori internal cepat penuh? Salah satunya adalah banyaknya foto dan video di dalam handphone yang kalian miliki, dan ini adalah penyebab yang paling umum, untuk itu Sobat harus rutin untuk menghapus foto dan Video yang kalian anggap tidak penting.

Caranya antara lain adalah sobat bisa pergi ke galeri sobat, dan pilih foto atau video untuk di hapus. Selesai!

4. Gunakan Aplikasi Cleaner

cara agar memori internal tidak penuh

cara yang lain untuk mengatasi memori internal yang penuh dengan menggunakan Aplikasi Cleaner. Biasanya di setiap handphone sudah memiliki aplikasi cleaner, namun biasanya pada beberapa handphone aplikasi cleaner bawaan kurang efektif lho!

Maka dari itu kami rekomendasikan untuk sobat mengunduh aplikasi Cleaner melalui google Play Store. Hampir semua aplikasi cleaner gratis, selain gratis beberapa dari aplikasi cleaner juga memiliki fitur-fitur tambahan selain membersihkan cache, seperti me-manage file-file yang masih berguna maupun sudah tidak, membersihkan sampah data secara rutin maupun berkala, dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin bisa sobat coba cara satu ini untuk mengatasi permasalahan penuhnya memori internal di handphone sobat. sobat bisa mencari di Play Store dengan keyword atau kata kunci Cleaner

5. Hapus SMS yang sudah menumpuk

Biasanya banyak dari kita yang malas atau enggan menghapus SMS, sebab kita rasa tidak begitu penting-penting banget. Jangan salah lho! Pesan-pesan yang menumpuk juga berpengaruh terhadap ruang penyimpanan internal di handphone kita!

Nah mulai sekarang coba deh sobat rutin menghapus pesan inbox maupun outbox yang terdapat di handphone sobat! dijamin akan menambah ruang penyimpanan internal sobat!

6. Hapus Data Aplikasi Yang Jarang Digunakan

kenapa memori internal cepat penuh

Nah disini biasanya yang menjadi permasalahan yang cukup berpengaruh! Data-data aplikasi yang besar cukup memakan ruang penyimpanan kita, terlebih aplikasi yang jarang kita pakai dan mungkin tidak penting-penting banget. Coba sobat pergi ke Setting lalu pilih Application management atau bisa lihat di cara nomor 1 di atas. Sobat bisa hapus data yang kira-kira sudah sobat tidak butuhkan atau tidak penting-penting banget!

Terlebih game-game offline, biasanya game-game memiliki data yang cukup besar! Tapi jika game yang memiliki akun sebaiknya kamu pertimbangkan dahulu ya! Sayang-sayang nanti akun kamu yang sudah keren akan terbuang, hihi

Baca Juga : Cara Menampilkan Tanggal Pada Hasil Kamera

7. Tambahkan Memori External atau SD Card

Cara selanjutnya untuk dapat mengatasi memori internal yang penuh adalah dengan menggunakan memori eksternal, perangkat ini dapat membantu handphone kita dalam hal penyimpanan, terlebih file-file berukuran besar seperti video dan foto. Mulai sekarang sobat bisa coba cara ini agar memori internal di handphone sobat tidak sempit lagi! Kan tidak enak jika kinerja handphone kita menjadi lamban akibat sedikitnya ruangan penyimpanan. Memori Eksternal yang kami rekomendasikan untuk sobat beli yaitu minimal 16Gb. Kenapa?

Sebab jika sobat membeli yang dibawah 16GB dirasa sangat nanggung karena file-file dan updatean aplikasi yang kian begitu besar akan sama saja memenuhi ruangan penyimpanan! Ga enak banget kan? Setelah kalian menggunakan memori eksternal, ada langkah lagi supaya hasil kamera bisa masuk ke memori tersebut. Caranya ada di bawah ini.

8. Settings Penyimpanan Kamera ke SD Card

memori penuh

Cara lainnya adalah mengatur penyimpanan kamera ke SD Card. Nah, jika sobat sudah memiliki memori eksternal atau SD Card, sobat bisa ini mengatur penyimpanan ke SD Card. Mengapa?

Karena nantinya hasil jepretan foto atau video sobat akan langsung masuk ke SD Card, sehingga memori internal sobat akan aman dan tidak akan menjadi penuh! Bagaimana caranya?

Sobat bisa buka kamera sobat lalu masuk ke menu “Settings” dengan meng-klik ikon gerigi. Nah sobat pilih biasanya tulisannya “Pindahkan penyimpanan ke SD card”. Kami sarankan dicoba ya!

9. Reset Ulang Pabrik

Nah yang terakhir adalah cara yang paling ekstrim juga paling berpengaruh. Jika sobat sekiranya sudah ingin menghapus semua data di handphone sobat terlebih handphone sobat adalah handphone sudah berumur 2 tahunan, bisa dipastikan banyak sekali sampah jika sobat sebelumnya tidak pernah membersihkan secara rutin, sobat bisa banget memilih cara ini, yaitu me-reset atau mengatur ulang setelan pabrik yang nantinya seluruh data di handphone sobat akan terhapus. Bagaimana caranya?

– Masuk ke Settings atau bisa klik ikon gerigi pada handphone sobat

– Scroll ke bawah, kemudian tap Setelan Tambahan.

memori internal hp penuh

– Lalu tap Cadangkan & setel ulang.

ruang penyimpanan hampir habis

– Lalu tap Kembalikan ke setelan pabrik.

mengatasi memori internal penuh

– Tap setel ulang telpon.

– Selesai.

Akhir Kata

Nah mungkin pembahasan diatas adalah cara mengatasi memori internal yang penuh yang sudah berhasil kami rangkum. Cukup mudah dan simpel bukan? Jika sobat ada cara lain, beritahu kami semua ya melalui kolom komentar di bawah! Selamat Mencoba! ?

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini