Aplikasi di Android Sering Not Responding? Begini Cara Mengatasinya!

  • Whatsapp
cara mengatasi aplikasi not responding pada android

Android kini menjadi salah satu Operating System paling banyak digunakan di dunia. Android sendiri banyak diminati karena kecanggihannya dan juga berbagai fitur-fitur didalamanya. Android sudah melakukan beberapa kali update atau pembaharuan hingga menjadi seperti sekarang yang dimana sudah Android 10, dan update terakhir Android 11 sudah masuk dalam tahap Beta.

Android memiliki toko aplikasi yang mana bernama Google Play Store, Play Store sendiri berisi berbagai aplikasi-aplikasi yang canggih yang dapat membantu orang-orang. Selain aplikasi, play store juga menyediakan toko buku / e-book, Movies, dan sebagainya.

Nah pada handphone sobat sendiri, pasti sudah terdapat aplikasi entah itu bawaan atau install sendiri. Namun kadangkala kita menemukan permasalahan yang terjadi pada aplikasi di android kita, ya, yaitu aplikasi yang berhenti tiba-tiba atau lebih dikenal dengan istilah Not Responding.

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding dan penyebabnya

Sebelum sobat mengatasi masalah tersebut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu penyebab mengapa beberapa aplikasi mengalami Not Responding, yaitu

  • Aplikasi Mengalami Bug; nah permasalahan ini bisa terjadi karena pada aplikasi itu mengalami bug sehingga menjadi error dan berujung aplikasi menjadi not responding.
  • Aplikasi Belum Diperbarui; permasalahan ini sebenarnya relevan dengan penyebab diatas, yang mana sistem yang belum diperbarui atau di update memiliki banyak bug sehingga terjadi error.
  • RAM Yang Tidak Kuat; nah biasanya permasalahan ini adalah kebanyakan penyebab dari beberapa aplikasi tidak merespon terlebih aplikasi yang lumayan berat seperti Instagram maupun Line. RAM yang kecil ditambah aplikasi yang besar-besar ukurannya menyebabkan RAM menjadi tidak kuat.
  • Sistem Error Pada Handphone; Permasalahan ini bisa terjadi karena sobat tidak mengupdate pembaruan sistem pada handphone sobat sehingga sistem mengalami error atau bug.
  • Virus; Penyebab selanjutnya bisa terjadi karena adanya virus. Virus dapat membuat sistem handphone menjadi error sehingga aplikasi tidak merespon karena terjadinya kisruh di dalam sistem handphone.

Itu adalah beberapa penyebab yang membuat aplikasi di android sobat tidak dapat merespon atau not responding. Sebenarnya banyak penyebabnya, namun permasalahan itu adalah penyebab yang sering ditemui terhadap aplikasi di android yang not responding.

Namun sobat jangan khawatir, kami punya penawar cara untuk mengatasi aplikasi yang not responding atau aplikas yang tidak bisa di buka pada handphone android sobat. Oke tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak dibawah ini ya!

Perbarui atau Update Aplikasi

Dengan Mmemperbarui Aplikasi bisa mengatasi aplikasi yang not responding lho, bagaimana caranya? Sebenarnya mudah saja untuk meng-update atau memperbarui aplikasi yaitu dengan

  • Pertama sobat buka aplikasi Play Store di handphone
  • Kemudian, ketik nama aplikasi yang ingin diperbarui melalui kolom Seacrh atau Pencarian.
  • Nantinya di aplikasi itu terdapat pilihan “Update”, Silahkan sobat update ya.

Namun jika sobat ingin mengupdate semua secara sekaligus, sobat bisa pakai cara ini yaitu

  • Buka Google Play Store pada handphone sobat
  • Pilih Ikon garis tiga di pojok atas, kemudian masuk ke settings
cara mengatasi aplikasi not responding pada android
  • Lalu sobat pilih opsi “Auto Update Apps”dan atur.
cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android
  • Nah nantinya aplikasi akan diperbarui secara otomatis, tunggu hingga update selesai dan buka kembali aplikasi yang sudah di perbarui.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Tombl Power HP Bermasalah

Namun jika cara ini belum bisa, sobat bisa mencoba cara lainnya yaitu

Hapus Cache Aplikasi

Salah satu cara mengatasi aplikasi not responding adalah dengan menghapus cache aplikasi. Cache sendiri merupakan sisa data yang sudah kita tidak gunakan lagi. Bagaimana caranya?

  • Pertama, pergi ke Settings di Handphone sobat atau bisa pilih ikon gerigi. Selanjutnya gulir kebawah dan pilih menu “App Management”
cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di android
  • Jika sudah, klik semua aplikasi atau beberapa aplikasi yang sekiranya menurut sobat sering sobat akses.
aplikasi android tidak bisa dibuka
  • Lalu klik aplikasi yang ingin sobat pilih, dan pilih “Storage Usage”
penyebab aplikasi tidak merespon
  • Dan disitu pasti ada pilihan “Clear Cache”, sobat bisa klik untuk menghapusnya.
kenapa aplikasi tidak bisa dibuka
  • Buka kembali aplikasi dan cek apakah masih terjadi permasalahan not responding atau tidak.

Nah jika masih tidak bekerja, coba sobat cara lainnya dibawah ini yaitu dengan

Hapus Data Aplikasi

Nah cara mengatasi aplikasi atau game yang tidak bisa dibuka satu ini adalah dengan menghapus data dari aplikasi tersebut, untuk langkahnya sama seperti cara diatas yaitu menghapus cache. Namun bedanya pada piihan terakhir sobat pilih “Clear Data” atau “Hapus Data”.

penyebab aplikasi tidak bisa dibuka

Jika sudah dihapus datanya, silahkan sobat buka kembali aplikasinya. Nantinya saat di dalam aplikasi, handphone sobat akan mendownload kembali data aplikasi yang baru.

Perbarui Sistem Handphone

Barangkali sistem di handphone sobat yang mengalami gangguan atau BUG ataupun adanya virus sehingga aplikasi-aplikasi tidak merespon. Nah untuk mengatasinya sobat perlu nih memperbarui sistem handphone sobat. Bagaimana caranya?

  • Sobat pergi ke Settings atau bisa klik ikon gerigi pada menu di handphone sobat.
  • Selanjutnya gulir ke bawah dan temui opsi “About Phone”
  • Nah nantinya akan ada notifications atau pemberitahuan tentang sistem sobat untuk diperbarui.

Dengan memperbarui sistem, sistem akan menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat mengatasi bug-bug yang membuat handphone menjadi error.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP yang Mati Total

Jika cara diatas tidak bekerja, rekomendasi cara terakhir untuk mengatasi alikasi not responding dari kami yaitu

Hapus Beberapa Aplikasi Yang Tidak Terlalu Penting

Nah cara terakhir mungkin bisa membantu handphone sobat untuk mengatasi aplikasi yang not responding, yaitu dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting. Mengapa?

Dengan banyaknya aplikasi, semakin banyak juga RAM yang terpakai sehingga RAM menjadi tidak kuat atau tidak bekerja secara optimal. Mengatasi dengan cara ini dapat membantu handphone sobat sehingga RAM menjadi luas dan bekerja secara optimal. Dipastikan aplikasi tidak akan not responding kembali.

Akhir Kata

Nah mungkin cara diatas adalah cara terbaik untuk mengatasi aplikasi not responding atau tidak bisa dibuka yang bisa kami paparkan untuk sobat, semoga dapat membantu ya. Namun jika sobat memiliki cara dan rekomendasi lain untuk mengatasi permasalahan aplikasi android, sobat bisa beritahu kami semua ya melalui kolom komentar dibawah. Terima Kasih dan Selamat Mencoba! 🙂

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *