Handphone merupakan perangkat elektronik yang salah satunya masuk dalam kategori perangkat tercanggih. Saat ini handphone sudah menjadi barang yang penting bagi manusia. Namun kadangkala kita menemukan permasalahan pada handphone, yaitu lag alias lamban atau bahkan sampai not responging. Terlebih itu adalah handphone yang sudah berumuran lebih dari 2 tahun, duh ngelagnya.

Mengatasi HP LAG dan LEMOT

Sebelum kita mengetahui cara mengatasi Hp yang lag, tentu saja kita harus tahu dulu penyebab handphone menjadi lag, untuk itu Sobat bisa membacanya dalam rangkuman berikut ini,

  • RAM Kecil, Aplikasi Yang Terinstall Banyak; permasalahan ini bisa terjadi jika sobat terlalu mengunduh banyak aplikasi sementara RAM handphone sobat cenderung kecil.
  • Penumpukkan Cache; Permasalahan ini dapat terjadi karena adanya cache (data sementara) yang menetap di handphone dan belum terhapus.
  • Banyak Aplikasi Digunakan Secara Bersamaan; permasalahan ini dapat terjadi jika kita mengakses banyak aplikasi dalam satu waktu, terlebih itu adalah aplikasi-aplikasi berukuran besar dan tergolong kuat yang mana nantinya akan membuat RAM menjadi penuh yang berujung nge-lagnya handphone kita.
  • Root Yang Tidak Sempurna; Root yang kurang sempurna atau gagal di tengah jalan akan mengakibatkan sistem handphone android sobat sering mengalami error. Tidak hanya lag, lemot, atau macet tiba – tiba, terkadang ada juga yang sampai mati total. Solusinya sulit, harus menginstall OS Android yang baru atau jika masih bisa nyala lakukan factory reset.
  • Adanya Virus; Permasalahan ini yaitu adanya virus dapat terjadi sebab sobat salah mengunduh file yang berisikan virus, atau juga karena mengunjungi beberapa situs yang terdapat virus sehingga virus dapat masuk ke handphone. Adanya virus membuat kacau sistem handphone yang mana nantinya akan mengakibatkan Lag bahkan mati total.

Baca juga: Cara Menghapus Sampah di Android yang Lemot

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa menyebabkan HP menjadi lemot atau Lag, namun penyebab diatas adalah yang paling sering dialami. Tetap tenang ya Sob! Karena setiap masalah pasti memiliki solusi, tidak terkecuali masalah ini. Bagaimana solusinya? Simak terus ya!

Menutup Aplikasi Yang Diakses Berbarengan

cara mengatasi hp ngelag dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan

Solusi pertama yang bisa sobat lakukan yaitu dengan menutup aplikasi yang sedang digunakan pada waktu yang bersamaan. Misalnya sobat sedang menggunakan whatsapp, namun juga sedang mengakses WPS, Line dan sebagainya. Nah dari sini sobat masuk ke Home lalu silang atau tutup aplikasi-aplikasi itu supaya RAM menjadi lega.

Hapus Cache Aplikasi        

Menghapus cache dapat membantu mengurangi lag pada handphone, bagaimana caranya?

  • Pertama, pergi ke Settings di Handphone sobat atau bisa pilih ikon gerigi. Selanjutnya gulir kebawah dan pilih menu “App Management”
hp lag
  • Jika sudah, klik semua aplikasi atau beberapa yang sekiranya menurut sobat sering sobat akses.
app management untuk melihat aplikasi berjalan
  • Lalu klik aplikasi yang ingin sobat pilih, dan pilih “Storage Usage”
cara mengatasi game lag
  • Dan disitu pasti ada pilihan “Clear Cache”, sobat bisa klik untuk menghapusnya.
cara mengatasi hp ngelag
  • Selesai! Dengan cara ini sebenarnya sudah dapat mengatasi penyimpanan internel penuh dan masalah lag pada HP, tapi jika masih ada kendala Sobat bisa melihat cara selanjutnya.

Hapus Aplikasi Yang Kurang Penting

cara mengatasi game lag

Menghapus atau meng-unginstall aplikasi juga berpengaruh banget akan kinjerja handphone sobat supaya tidak lemot atau lag. Dengan menghapus beberapa aplikasi terlebih aplikasi yang kurang penting seperti game dan apapun itu bisa membuat ruang penyimpanan handphone menjadi lega yang mana nantinya akan membuat kinerja handphone menjadi optimal.

Pakai Memori Tambahan atau Eskternal (SD Card)

blank

Cara selanjutnya untuk dapat mengatasi handphone yang lag adalah dengan menggunakan memori eksternal, SD Card ini dapat membantu handphone kita dalam hal penyimpanan, terlebih file-file berukuran besar seperti video dan foto maupun data aplikasi.

Mulai sekarang sobat bisa coba cara ini agar memori internal di handphone sobat tidak sempit lagi! Kan tidak enak jika kinerja handphone kita menjadi lamban akibat sedikitnya ruangan penyimpanan. Memori Eksternal yang kami rekomendasikan untuk sobat beli yaitu minimal 16Gb. Kenapa?

Sebab jika sobat membeli yang dibawah 16GB dirasa sangat nanggung karena file-file dan updatean aplikasi yang kian begitu besar akan sama saja memenuhi ruangan penyimpanan! Ga enak banget kan kalau handphone setiap hari nge-lag terus?

Memakai memori tambahan atau memori eksternal bisa banget lho membantu hadnphone sobat supaya tidak lag lagi. Kenapa?

Jika ada memori eksternal, sobat dapat memindahkan foto, video, dan data aplikasi ke SD Card yang mana nantinya akan membuat memori internal lega dan bisa mengurangi Lag pada handphone.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Tombol Power Pada HP

Scan Antivirus

Jika Handphone masih mengalami lemot, atau bahkan ketika bermain game masih terkendala lag, barang kali HP yang sobat miliki terkena virus yang menjengkelkan. Untuk itu disarankan untuk melakukan scan menggunakan antivirus atau anti malware.

Untuk mengscan antivirus sendiri sobat bisa menggunakan aplikasi scan virus yang biasanya sudah terdapat atau bawaan dari handphone kita. Namun ini tidak berlaku untuk semua handphone, sebab kebanyakan handphone tidak memiliki scan antivirus terlebih handphone model lama.

Nah untuk itu, sobat bisa mengunduh berbagai aplikasi antivirus yang tersedia di Google Play Store, cari saja dengan keyword atau kata kunci “Anti Virus” atau bisa juga “Scan Virus”.

Update OS Android Atau Sistem Android

Jika HP lag disebabkan adanya sistem di handphone sobat yang mengalami gangguan atau BUG sehingga handphone menjadi sangat lemot, untuk mengatasinya sobat perlu nih memperbarui sistem handphone sobat. Bagaimana caranya?

  • Sobat pergi ke Settings atau bisa klik ikon gerigi pada menu di handphone sobat.
  • Selanjutnya gulir ke bawah dan temui opsi “About Phone”
  • Nantinya akan ada notifications atau pemberitahuan tentang sistem sobat untuk diperbarui.

Dengan memperbarui sistem, sistem akan menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat mengatasi bug-bug yang membuat handphone menjadi error ataupun lag.

Factory Reset (Setel Ulang Pabrik)                  

Yang terakhir adalah cara yang paling ekstrim juga paling berpengaruh. Jika sobat sekiranya sudah ingin menghapus semua data di handphone sobat untuk membuat ruang penyimpanan lega kembali yang mana nantinya tidak akan membuat HP menjadi macet lagi, sobat bisa banget memilih cara ini, yaitu me-reset atau mengatur ulang setelan pabrik yang nantinya seluruh data di handphone sobat akan terhapus. Bagaimana caranya?

– Masuk ke Settings atau bisa klik ikon gerigi pada handphone sobat

– Scroll ke bawah, kemudian tap Setelan Tambahan.

cara mengatasi hp macet

– Lalu tap Cadangkan & setel ulang.

aplikasi agar hp tidak ngelag

– Lalu tap Kembalikan ke setelan pabrik.

cara agar main game tidak lag

– Tap setel ulang telpon.

– Selesai.

Note : Cara ini tidak dianjurkan jika sobat belum memback up data-data penting, karena jika belum sobat akan kehilangan seluruh data yang ada di handphone ketika me-reset ulang handphone sobat.

Akhir Kata

Nah mungkin pembahasan diatas adalah cara mengatasi handphone android yang Lag, yang sudah berhasil kami rangkum. Cukup mudah dan simpel bukan? silahkan ikuti dengan teliti ya! Jika sobat ada cara lain, beritahu kami semua ya melalui kolom komentar di bawah! Terima Kasih dan Selamat Mencoba! 😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here