5 Fitur Teratas yang Paling Menarik di Android 11

  • Whatsapp
Fitur baru Android 11

AndroidPonsel.com – Pada tanggal 11 Juni lalu Google secara resmi merilis Android 11 seri Beta pertama sehingga semua perangkat Pixel sudah mendapatkan pembaharuan Android terbaru, setelah itu pembaharuan ini juga akan tiba pada beberapa ponsel andalan dari setiap brand.

Karena sudah dapat diinstal dibeberapa smartphone, tentu saja sudah mulai banyak yang mencoba OS Android terbaru ini walaupun sudah tentu ia adalah seorang developer atau yang mampu memflash smartphone untuk menginstal Android 11.

Bacaan Lainnya

5 Fitur Paling Menarik di Android 11

Lebih lanjut, Android 11 beta 1 ini masih ditunjukan untuk para pengembang, tentu saja OS hadir dengan masih banyak bug yang memang harus terus diperbaharui di seri Beta lanjutan. Pada kesempatan kali ini, dilansir dari laman Gizchina, kami akan memberikan informasi 5 Fitur paling menarik yang ada pada Android 11, selain itu dikatakan fitur ini berjalan dengan baik tanpa adanya bug.

Notifikasi percakapan Lebih terpadu

Fitur baru Android 11

Google telah mengubah desain dari notifikasi pada Android 11 terbaru, sehingga notifikasi percakapan berada dibagian atas dari semua notifikasi. Selain itu desain baru juga memiliki pemberitahuan pengingat.

Selain itu ada juga fitur baru bernama “Conversation Bubble” yang berada disudut kanan, fitur ini akan memunginkan pengguna mengapungkan group percakapan sebagai ikon di semua aplikasi, hmm mirip dengan bubble chatnya Facebook. Dengan ini, pengguna dapat dengan mudah menyeret dan melepaskan untuk melihat pesan pertama kali. Jika Anda mengklik notifikasi, itu akan memasuki mode jendela untuk membalas.

Fitur ini sebenarnya sudah ada di Android 10, tapi sayangnya tidak semua pengguna mendapatkannya tergantung brand smartphone yang kalian miliki memberikannya atau tidak, kalau yang kami cek Samsung Galaxy A71 dan A30s mendapatkan fitur tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini di Android 10, Sobat bisa cek apakah smartphone yang kalian miliki sudah memiliki fitur tampilan pop-up cerdas atau belum, caranya masuk ke Pengaturan >> Notifikasi >> Tampilan Pop-up Cerdas atau Smart Pop-up.

Menggabungkan Kontrol Musik dan Menu Pintas

blank

Perubahan lain yang ada pada bilah notifikasi adalah integrasi kontrol musik ke dalam menu pintas pada bagian atas. Pada tampilan drop down menu disandingkan berdampingan dengan menu pintas yang diperluas. Fitur ini dikatakan mirip dengan apa yang dihadirkan pada iPhone.

Terlihat dari fitur notifikasi baru ini, Google nampaknya bekerja keras untuk mengahdirkan menu drop-down yang lebih teratur dari sebelumnya dan menghilangkan kesan berantakan.

Izin “sekali saja” dan Menghapus Izin yang tidak digunakan

blank
izin “Once Only” dalam bahasa China

Selama bertahun-tahun Android telah menjadikan kemanan dan privasi sebagai prioritas, kini lisensi “Once Only” atau “Sekali Saja” diperkenalkan sehingga izin aplikasi nantinya akan ada beberapa pilihan, yaitu “Sekali saja” , “Ketika digunakan” dan “selamanya”. Hal ini mampu mengatasi aplikasi yang bandel mengumpulkan data walaupun tidak digunakan, jadi pilihlah opsi izin “hanya sekali” untuk membatasi aplikasi tersebut.

Selain itu Google juga akan secara otomatis menghapus semua izin setelah tidak aktif selama periode tertentu. Sehingga pengguna harus melakukan konfirmasi pengelolahan izin aplikasi kembali, tapi jika pengguna tidak menginginkannya opsi ini bisa dimatikan di pengaturan.

Isi Otomatis Muncul di Atas Keyboard

Pada fitur baru ini sebenarnya sudah ada di Android 10 yaitu pengisian otomatis pada Google Keyboard, selain itu ada tampilan yang mana pengguna bisa memilihnya secara manual. Sekarang fitur diintegrasikan ke bagian atas keyboard dengan demikian pengguna bisa memasukan kode verifikasi, alamat, kata sandi dan informasi lainnya tanpa mengubah posisi pegangan.

Fitur Screenshot dan Rekam Layar Lebih baik

blank

Fitur Android 11 ini memang tidak baru, tapi ini dibuat menjadi lebih baik. Logika tangkapan layar dan perekaman layar juga telah diubah. Pertama-tama, “tangkapan layar” antarmuka shutdown telah diganti dengan antarmuka multitasking. Selain itu, antarmuka shutdown kini telah dirancang ulang. Tombol-tombol untuk panggilan darurat, shutdown, dan restart ditampilkan di bagian atas. Selain itu, sakelar Beranda Google kini ada di bagian bawah.

Ada juga tiga tombol di bagian bawah antarmuka multitasking – tangkapan layar, pilih dan bagikan. Fungsi “pilih” sangat menarik. Pengguna dapat memilih teks pada layar untuk disalin dan dicari. Perubahan signifikan juga hadir pada bagian akhir dari proses pengambilan gambar, sekarang bilah pemberitahuan muncul di sudut kiri bawah dan pengguna lebih lanjut dapat memilih untuk mengedit atau membagikannya.

Baca juga: Inilah Fitur yang Harus Ada pada Android 11

Akhir Kata

Ini adalah 5 Fitur yang hadir di Android 11, walaupun beberapanya bukan fitur baru tapi hanya mendapatkan pembaharuan dan kestabilan yang lebih baik. Jadi tak sabar mencoba Android terbaru versi stabil ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *