Ubah Ukuran Foto 3×4 Online Tanpa Ribet? Begini Caranya!

Ubah Ukuran Foto 3x4 Online Tanpa Ribet? Begini Caranya!

Ukuran pas foto baik 2×3, 3×4, 4×6 memang biasa digunakan untuk keperluan penting, seperti untuk tugas, untuk ijazah, untuk melamar pekerjaan atau test CPNS, dan lain sebagainya. Beberapa orang belum tahu cara mengubah ukurannya. Sebenarnya sangat mudah lho! Adapun untuk cara ubah ukuran foto 3×4 online bisa Sobat simak di sini.

Ukuran Pas Foto Sesuai Standar

Ubah Ukuran Foto 3x4 Online Tanpa Ribet? Begini Caranya!

Siapa dari sobat yang ingin mengedit foto atau ukuran pas foto untuk keperluan pekerjaan secara cepat dan tanpa aplikasi? Pas banget! artikel ini adalah jawabannya. Di sini kami akan menjelaskan bagaimana ubah ukuran foto ukuran 3×4 online maupun berbagai ukuran lainnya tanpa ribet dengan menggunakan web.

Tentunya hal ini lebih efisien dan sangat mudah untuk dikerjakan.

Tapi sebelum masuk ke cara ubah ukuran foto 3×4 online, Sobat perlu ketahui dulu satuan ukuran pas foto 2×3 / 3×4 / 4×6 agar tidak salah menentukan ukuran saat proses editing. Adapun gambaran ukuran dalam masing-masing satuan sebagai berikut:

Jenis FotoDalam cmDalam mmDalam inciDalam Ukuran pixel (DPI 300)
Pas Foto 2×32.16 x 2.79 cm21.6 x 27.9 mm0.85 x 1.11 inch255×330 pixels
Pas Foto 3×42.79 x 3.81 cm27.9 x 38.1 mm1.11 x 1.50 inch354×472 pixels
Pas Foto 4×63.81 x 5.59 cm38.1 x 55.9 mm1.50 x 2.20 inch472×709 pixels

Begini Cara Ubah Ukuran Foto 3×4 Online Di HP dan Komputer

Jika Sobat sudah mengetahui ukuran pas foto yang sesuai standar, Sobat bisa langsung edit ukuran foto menjadi 3×4 secara online (tanpa aplikasi) dengan praktis.

Adapun tools pengubah ukurannya bisa Sobat akses di situs Image Resizer. Untuk langkah-langkahnya, akan kami jelaskan secara detail di bawah ini.

ubah ukuran foto 3×4 online

  1. Masuk Ke Situs Image Resizer

    Langkah pertama, silakan Sobat buka browser di PC atau laptop, dan pergi ke situs Image Resizer di alamat berikut> https://imageresizer.com/ (silakan di copas).Cara Mengubah Ukuran Foto 3x4 Online Di HP dan Komputer

  2. Pilih Foto

    Setelah masuk, Sobat bisa memilih foto dari galeri atau juga bisa langsung seret gambar langsung (jika menggunakan PC).
    Di sini saya menggunakan gambar asal, Sobat bisa pilih gambar apapun termasuk gambar PAS foto Sobat.Cara Mengubah Ukuran Foto 3x4 Online Di HP dan Komputer

  3. Gulir Ke Bawah

    Setelah Sobat upload foto yang ingin di ubah ukuran foto 3×4 online, Sobat bisa gulir atau scroll ke bawah, Di sini akan ada form untuk menentukan ukuran. scroll ke bawah

  4. Ubah Ukuran Menjadi mm

    Kemudian Sobat bisa mengubah satuan ukurannya terlebih dahulu. Di sini kami menggunakan satuan mm atau milimeter agar lebih mudah. Sobat terserah ingin menggunakan satuan yang mana.Cara Mengubah Ukuran Foto 3x4 Online Di HP dan Komputer

  5. Masukkan Ukuran 3×4

    Lalu Sobat bisa tekan ikon gembok di tengah, dan masukkan ukuran 3×4. Ukuran 3×4 sendiri memiliki satuan 27.9 x 38.1. Di gambar bawah ini kami contohkan cara masukkan ukurannya (gambar di bawah ukuran 2×3 ya teman-teman, alias jangan diikuti).

    Sobat bisa pilih 300 untuk DPI-nya, lalu pilih Save As JPG jika ingin kompres ukuran fotonya, dan masukkan target ukuran file dalam satuan KB. Di sini kami memasukkan 300kb (ukuran ini bebas untuk Sobat tentukan).masukkan ukuran 3x4

  6. Download Fotonya

    Maka hasil foto 3×4 Sobat telah berhasil dibuat. Silakan klik tombol download di bagian bawah untuk bisa menyimpannya di HP atau laptop.Cara Mengubah Ukuran Foto 3x4 Online Di HP dan Komputer

Memang cara ubah ukuran foto 3×4 online dengan situs Image Resizer sangat mudah dilakukan. Sobat bisa mengaksesnya secara gratis melalui HP atau komputer, tapi dengan catatan harus terkoneksi internet ya.

Silakan Sobat ikuti langkah-langkahnya dengan tepat ya agar berhasil.

Cara Ubah Ukuran Foto 2×3 Online Dengan ReduceImages

Cara Mengubah Ukuran Foto 3x4 Online Di HP dan Komputer

Selain cara ubah ukuran foto 3×4 online, kami juga akan menjelaskan cara untuk ubah ukuran foto 2×3 online. Nah, bagi yang belum tahu, situs ReduceImages sendiri merupakan situs yang memiliki tools pengubah ukuran foto menjadi ukuran apapun termasuk 2×3.

Tools di sini bisa Sobat akses secara online dan tentunya gratis. Sobat bisa mengaksesnya melalui HP maupun PC. Adapun untuk cara mengubah ukuran foto 3×4 secara online dengan situs ReduceImages, yaitu sebagai berikut:

  1. Pergi ke situs website reduceimages.com.
  2. Selanjutnya Sobat bisa unggah atau upload foto yang ingin diubah ukurannya.
  3. Setelah itu Sobat bisa ke choose new size and format dan ubah ukurannya pixels.
  4. Di sini Sobat bisa klik ikon gembok terlebih dahulu agar Sobat bisa custom ukuran.
  5. Maka langsung saja Sobat isi di kolom Width dan Height dengan masing-masing ukuran 354 × 472 (ini dalam DPI 300). Atau dalam DPI lain 330 dan 450, dan bisa juga gunakan pixels 472 x 709.
  6. Sobat juga bisa atur kalitas gambarnya. Sebaiknya sih di 100% saja agar jelas.
  7. Kalau sudah selesai, langsung tap tombol Resize untuk mulai mengubah ukuran ke 2×3.
  8. Terakhir, tinggal Sobat download fotonya untuk menyimpan ke galeri Sobat.

Mudah sekali bukan? Sobat bisa langsung mengubah ukuran foto dengan ukuran yang diinginkan tanpa ribet, dan hanya membutuhkan jaringan internet saja.

Cara Ubah Ukuran Foto 4×6 Online Dengan PicResize

Ubah Ukuran Foto 3x4 Online Tanpa Ribet? Begini Caranya!

Situs lainnya untuk mengubah ukuran foto 4×6 online yaitu dengan menggunakan PicResize. Adapun untuk cara ubah ukuran foto menjadi 3×4 dan 4×6 secara online di PicResize sangat mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silakan Sobat buka browser lalu Sobat bisa kunjungi situs https://picresize.com/.
  • Setelah masuk ke laman utamanya, langsung saja klik tombol Browse, lalu Sobat bisa pilih foto yang ingin diubah.
  • Kemudian kkik tombol Continue to edit picture.
  • Di bagian ini, Sobat bisa gulir ke bawah sampai melihat menu Resize Your Picture.
  • Ubah opsi Make My Picture menjadi Custom Size.
  • Lalu Sobat bisa tekan kolom Width dan Height dengan mengetik 472×709.
  • Kemudian klik tombol I’m Done, Resize My Picture!
  • Klik opsi Save to Disk untuk mendownload hasil foto.

Dengan begitu Sobat telah berhasil ubah ukuran ukuran foto 3×4 dan 4×6 melalui situs online Picresize. Jika Sobat ingin mengubah ukuran foto yang lainnya, cukup ikuti langkah langkah yang sama diatas.

Cara Kompres Foto 200kb Lewat Situs Imagecompressor

Cara Kompres Foto 200kb Lewat Situs Imagecompressor

Apabila Sobat sudah ubah ukuran foto 3×4 online dan ukuran lainnya namun masih terlalu besar ukuran KB-nya, maka Sobat bisa kompres ukuran filenya menjadi yang diinginkan.

Nah, sebagai informasi saja bahwa beberapa persyaratan seperti daftar CPNS mengharuskan kita mengunggah file foto 3×4 dengan maksimal 200kb. Tentu ini hal yang cukup merepotkan jika Sobat belum tahu cara mengompresnya.

Tapi sebenarnya sangat mudah lho, Sobat bisa simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama, silakan Sobat buka browser di HP atau PC.
  • Kemudian masuk ke Imagecompressor.11zon.com.
  • Jika sudah, pilih atau unggah gambar dari galeri Sobat yang ingi dikompres ukurannya.
  • Kemudian Sobat bisa geser-geser di opsi Tingkat Kompresi sampai di opsi New Size di bawah kurang dari 200kb.
  • Jika Sobat ada gambar lainnya yang ingin dikompres, bisa upload juga secara sekaligus.
  • Setelah pengeditan oke, Sobat bisa langsung download saja.

Itulah cara ubah ukuran foto 3×4 dan cara mengompresnya agar lebih kecil ukuran file foto tersebut.

Cara Resize Foto Menjadi Ukuran Kecil

Sobat juga bisa mencoba cara lainnya untuk mengompres foto 3×4 atau ukuran lain secara online. Langsung saja simak dibawah ini. Pastikan untuk membacanya secara detail agar hasilnya jadi rapih dan lebih maksimal ya.

  • Pertama, buka browser di handphone sobat atau bisa juga di laptop/PC, untuk browser sendiri bisa pakai apa saja, Chrome, UC Browser, Safari, dan lainnya bebas terserah sobat. Setelah itu masuk ke halaman website di picresize.
  • Jika sudah masuk ke laman tersebut, nantinya tampilan akan menjadi seperti ini (tampilan pada handphone)
ubah ukuran foto 3x4 online
  • Nah untuk dapat menaruh foto sobat, sobat bisa klik ikon awan ditengah ini seperti gambar diatas. Jika sudah, klik tombol biru “Lanjut untuk mengedit gambar”
  • Nantinya sobat bisa meng-crop atau memutar fotonya jika memang diperlukan
Cara Kompres Foto 200kb
  • Namun jika tidak, sobat gulir atau scroll ke bawah dan pilih opsi ukuran yang sudah kami tandai kotak oren dibawah ini.
Cara Kompres Foto 200kb
cara resize ukuran foto menjadi 3×4
  • Nantinya akan muncul pop up yang berisikan pilihan, nah disini sobat bisa pilih “Ukuran Custom…” yang ada di paling bawah itu.
Cara Kompres Foto 200kb
  • Jika sudah, isi kolom width dengan ukuran 354, dan isi kolom tinggi 472.
  • Setelah itu scroll atau gulir ke bawah dan pilih “Saya selesai, rezise gambar saya!” untuk merubah ukuran foto, dan tunggu beberapa saat.
Cara Kompres Foto 200kb
  • Untuk dapat menyimpannya ke handphone sobat, Sobat hanya perlu pilih opsi “Simpan ke disk” atau klik ikon disk. Maka foto berhasil di simpan.
Cara Kompres Foto 200kb
  • Buka galeri sobat, dan sobat akan menemukan foto yang sudah diedit ukurannya menjadi 3×4.

Sebenarnya ada banyak web untuk mengedit atau mengubah foto menjadi beberapa ukuran yang dibutuhkan, seperti 2×3, 3×4, 4×6 dan lain sebagainya. Namun disini kami bagikan dengan cara yang termudah dan terbaik menurut kami.

Kertas Foto Yang Bagus

ubah Ukuran Foto 3x4 Online Di HP dan Komputer

Jika Sobat telah berhasil ubah ukuran foto 3×4 online, dan ingin langsung print atau cetak fotonya, sebaiknya Sobat bisa ketahui terlebih dahulu jenis kertasnya agar foto Sobat dapat disesuaikan. Adapun beberapa tipe kertas photo yang bagus sebagai berikut:

Kanvas Snappy

Buat Sobat yang ingin mencetak foto atau gambar pada material yang tidak biasa agar terkesan mewah dan elegan, kamu bisa menggunakan kertas kanvas snappy.

Material ini cocok digunakan untuk membuat pouch atau tas custom dengan foto atau gambar. Harga cetak foto kanvas snappy bervariasi tergantung ukuran mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

Glossy

Sesuai dengan namanya, kertas glossy menghasilkan foto yang lebih mengkilap. Kamu bisa mencetak ukuran 3r pixel dalam kertas glossy untuk hasil foto yang lebih tajam.

Namun kertas glossy sendiri lebih rentan goresan sehingga foto akan mudah rusak. Kertas ini kurang cocok diterapkan untuk foto persyaratan dokumen penting seperti foto ijazah.

Matte

Kertas foto lainnya yang bisa digunakan adalah kertas matte. Kertas Matte ini sendiri memiliki tekstur yang lebih halus dan menghasilkan cetakan foto yang berkualitas baik.

Biasanya kertas matte digunakan untuk mencetak foto klasik. Sobat bisa memilih kertas mate ketika menggunakan jasa cetak foto online Jakarta ataupun di daerah lainnya, tapi harganya agak lebih mahal.

Baca Juga : Apa Itu Ukuran Foto 3r? Berapa Ukuran Aslinya Dalam MM, CM dan Inchi?

Akhir Kata

Mungkin itu adalah cara termudah yang bisa kami bagikan untuk sobat mengedit ubah ukuran foto menjadi 3×4 online, 2×3 dan 4×6. Apabila jika sobat memiliki cara lain, boleh banget share ke kita semua melalui kolom komentar di bawah.

Selain ukuran foto, kami juga sudah membuat artikel cara mengubah ukuran kartu nama secara lengkap.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat! selamat mencoba ya!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.