Cara Memperkecil Ukuran Word Offline Dan Online Dengan Cepat

  • Whatsapp
Kompres File Word

Document menjadi barang yang sangat penting bagi seorang pekerja maupun pelajar dan bagi seorang pekerja, biasanya document dikirimkan entah ke atasan atau ke rekan sesama dengan menggunakan E-mail. Ada beberapa layanan email yang membatasi ukuran dokumen word ataupun lainnya sehingga pengguna tidak dapat langsung mengirimnya dalam ukuran yang besar. Nah maka dari itu, bagi sobat yang ingin mencari tahu bagaimana cara kompres ukuran file word, artikel ini adalah jawabannya!

Bagaimana caranya? Yuk langsung saja disimak cara memperkecil ukuran word dan pastikan sobat simak sampai habis ya!

Bacaan Lainnya

Perkecil Ukuran Word dengan cara Kompres Gambar di Dalamnya

  • Nah langkah pertama, sobat buka dokumen Microsoft Word yang ingin sobat kompres atau perkecil ukurannya.
  • Lalu Selanjutnya, sobat klik dua kali pada salah satu foto atau gambar dalam dokumen word tersebut.
  • Nah, nantinya akan muncul menu Picture Tools Format di pojok kanan.
kompres file word
  • Jika sudah, kemudian sobat klik Compress Picture dalam group Adjust di pojok kiri.
memperkecil gambar di word
  • Lalu akan muncul Compress Picture seperti gambar dibawah ini
blank

Adapun Keterangan atau maksud pada jendela Compress Picture adalah :

  • Apply only to this picture, artinya kompres akan diterapkan hanya ke foto atau gambar ini saja.  jika sobat ingin semua foto dalam dokumen tersebut, maka hilangkan tanda checklist atau centangnya.
  • Adapun Delete cropped areas of pictures, maksudnya komputer akan menghapus area foto yang disembunyikan dengan fitur Crop. Sobat bisa pilih Checklist atau centang pada bagian ini supaya gambar yang tidak digunakan akan terhapus dan ukuran file Microsoft Word akan semakin kecil.
  • Pada bagian Resolution, pilihlah sesuai yang sobat butuhkan, jika dokumen tersebut akan dikirim melalui email atau gmail, maka gunakanlah Email atau yang berukuran 96 ppi. Terserah sobat ingin memilih yang mana.
  • Nah Jika sudah, klik OK seperti yang sudah ditandai. Maka secara otomatis semua foto atau gambar pada dokumen tersebut akan dikompres menyesuaikan aturan yang telah sobat atur dan tentukan.

Mengkompres Ukuran Word dengan Online

Namun cara diatas kurang sederhana ya? Okedeh jangan khawatir. Jika menurut sobat cara diatas kurang mudah, Kami akan beritahu cara lain untuk sobat bagaimana cara mengkomres ukuran word dengan mudah dan cepat yaitu dengan cara Online. Cara ini juga bisa sobat terapkan melalui Laptop atau Handphone. Langsug saja simak caranya sebagai berikut

Baca Juga : Cara Ubah Ukuran Foto jadi 3×4 secara online

  • Pertama, sobat buka browser di handphone atau di laptop. Terserah sobat ingin menggunakan browser Chrome, Mozilla, UC Browser, atau lainnya sama saja tidak masalah. Jika sudah dibuka, kunjungi laman web We Compress atau bisa klik ini https://www.wecompress.com/
  • Nah, nantinya sobat akan masuk ke tampilan seperti gambar di bawah ini. Untuk memilih document word mana yang ingin di kompres, silahkan sobat klik ikon tambah  dibawah tulisan Drop File Here.
kompres word secara online
  • jika sudah, pilih “Compress” untuk memulai kompres. Sobat tunggu beberapa saat. Tidak lama hanya beberapa detik saja.
perkecil word secara online
  • Jika berhasil di kompres, silahkan sobat download documen word sobat yang sudah kompres.

Cara kedua ini menurut kami yang paling cukup membantu mengecilkan ukuran word, selain itu cara ini juga sangat mudah dan cepat. Namun pilihan ada pada sobat masing-masing. Ingin menggunakan cara pertama, ataupun cara kedua. Terserah saja.

Baca Juga : Cara Memperkecil File PDF

Akhir Kata

Kedua cara diatas adalah cara kompres ukuran file Word secara offline dan online menurut kami yang kami rangkum khusus untuk sobat. nah jika sobat memiliki cara lain atau rekomendasi lain, boleh dong beritahu kami semua melalui kolom komentar di bawah ini 😀 Selamat mencoba ya sobat! 😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *