Sobat pengguna Internet IndiHome? Berikut kami akan membahas bagaimana cara mempercepat koneksi internet WiFi IndiHome, kalian bisa membacanya sampai habis ya!

Wifi saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi setiap kegiatan kita. Banyak wifi terpasang di kantor-kantor, kampus-kampus, sekolah-sekolah, bahkan rumah-rumah juga tidak mau kalah untuk menggunakan wifi. Wifi sendiri merupakan jaringan internet tanpa kabel yang disalurkan melalui modem. Kecepatan internet wifi lebih tinggi dibanding dengan provider GSM lainnya. Maka dari itu banyak orang yang lebih memilih wifi.

Provider-provider wifi banyak menawarkan paket-paket berlangganan dengan harga terjangkau namun dengan kualitas yang baik, IndiHome contohnya. IndiHome banyak menawarkan paket-paket berlangganan bulanan dengan berbagai jenis kecepatan yang bisa pengguna pilih.

Namun kadangkala pengguna IndiHome banyak yang kurang puas atau kecewa dengan kecepatan internetnya yang tidak sesuai dengan paket berlangganannya atau kurang optimal. Hal itu bisa terjadi karena berbagai macam hal, misalnya memang terjadi kesalahan teknis, atau permasalahan dari gadget kita sendiri.

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Nah disini kami ingin berbagi cara mempercepat koneksi internet WiFi IndiHome, sebenarnya bukan mempercepat tapi mengoptimalkan kecepatan internet yang sesuai dengan paket berlangganan sobat. Bukan kecepatan 10 mbps menjadi 20 mbps. Tapi mengoptimalkan dan menstabilkan kecepatan menjadi 10 mbps terus.

Okedeh tanpa berlama-lama, kami akan bagikan cara-cara mempercepat / mengoptimalkan koneksi indihome!

Baca juga : Cara Cek FUP IndiHome

1. Menggunakan Aplikasi SG TCP Optimizer

cara mempercepat koneksi wifi indihome

Cara pertama mempercepat koneksi atau menstabilkan internet IndiHome yaitu dengan menggunakan SG TCP Optimizer.

Apa fungsinya?

Fungsi aplikasi ini yaitu untuk melakukan perubahan pada semua pengaturan komputer yang berhubungan dengan TCP (Transmission Control Protocol) , koneksi internet komputer diatur oleh protokol, nama dari protokolnya yaitu TCP atau TCP/IP.

Bagaimana caranya?

  • Download dahulu aplikasi SG YCP Optimizer di https://www.speedguide.net/downloads.php!
  • Jika sudah, install dan buka TCPOptimizer.exe. Buka dengan Run as Administrator.
  • Nah disini silahkan sobat pilih Optimal pada pilihan “Choose setting” > centang pada “Modify All Network Adapters” > Klik Apply Changes
  • Nantinya akan muncul jendela baru, sobat hanya perlu menekan tombol OK.
  • Jika sudah, sobat tunggu beberapa saat hingga muncul perintah untuk Reboot now, Lalu tekan tombol Yes.
  • Nah sekarang sobat coba koneksi IndiHome sobat, sudah berhasil menjadi optimal atau belum.

2. Restart Modem

mempercepat koneksi indihome

Nah sering kali koneksi internet Indihome lemot atau kurang optimal karena modem sobat yang menyala secara terus-menerus. Disini kami sarankan untuk sobat agar mematikan sejenak atau mengistirahatkannya agar modem sobat tidak terlalu panas. Jika modem panas, tentunya akan menggangu performa modem sehingga membuat akses internet menjadi lebih lemot. Lalu setelah modem direstart, sobat coba kembali internetnya dan lihat perbedaan kecepatan koneksi internetnya.

3.  Menggunakan VPN

mempercepat indihome

Zaman sekarang siapa yang tidak mengenal VPN? Mungkin hampir kebanyakan mengenal VPN. VPN bukan hanya berguna untuk mengakses situs yang diblokir, namun juga bisa menstabilkan koneksi internet. Nah nantinya VPN akan mengarahkan koneksi intenet yang digunakan ke server tertentu sesuai lokasi yang dipilih.

Biasanya server yang stabil adalah server di Singapura atau lokasi terdekat dari Indonesia. Namun perlu diingat, saat memakai VPN sobat harus hati-hati, karena ada banyak resikonya, salah satunya masuknya malware atau yang lainnya. Disini kami rekomendasikan VPN yang bagus dan cukup aman seperti  AVG Secure VPN,  TunnelBear VPN, VPN Tomato dan sebagainya. Jadi langsung saja sobat coba!

4. Periksa Pengguna Wifi

cara mempercepat jaringan wifi indihome

Nah koneksi internet wifi yang lemot bisa terjadi karena banyak orang yang menggunakan. Bisa saja bukan keluarga sobat, tapi orang lain yang mengetahui passwordnya. Bagaimana caranya mengetahui orang yang mengakses wifi sobat? sebenarnya banyak cara untuk mengetahuinya. Kami akan berikan cara termudah untuk mengetahui sekaligus memutus perangkat yang terkoneksi dengan internet kita. Yaitu untuk PC sobat bisa menggunakan aplikasi “Netcut” dan untuk handphone android sobat bisa gunakan aplikasi “Fing” yang bisa diunduh secara gratis melalui Play Store.

5. Menganti DNS Menggunakan Aplikasi

cara menambah kecepatan indihome

Cara mempercepat koneksi internet indihome yang terakhir adalah dengan cara mengganti DNS. Sobat bisa memilih beragam DNS yang bisa digunakan secara gratis, seperti DNS Cloudflare (1.1.1.1) atau DNS Google (8.8.8.8). Perubahan alamat DNS akan menstabilkan koneksi internet, sehingga akses internet bisa menjadi lebih cepat. Bagi pengguna smartphone Android juga bisa mencoba beberapa aplikasi perubah DNS, seperti 1.1.1.1 yang merupakan aplikasi resmi dari Cloudflare. Nah untuk dapat mencobanya silahkan download di playstore atau bisa klik disini!

Mudah bukan?

Baca Juga : Cara Cepat Menghubungi Call Center IndiHome

Akhir Kata

Nah mungkin pembahasan diatas adalah cara mudah untuk membantu mempercepat maupun mengoptimalkan koneksi internet WiFi IndiHome. Jika sobat memiliki cara lain, boleh banget nih beritahu kami semua melalui kolom komentar di bawah! 😊 Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here