Kapasitas Baterai Sama, Apa Bedanya Redmi Note 9 vs Redmi 9 ?

Redmi Note 9 vs Redmi 9

Kita sudah megetahui, Redmi Note 9 smartphone yang lebih dahulu diluncurkan oleh Xiaomi, baru setelah itu perusahaan mengeluarkan Redmi 9. Dan kini kami akan membandingkan spesifikasi antara keduanya untuk mengetahui apa saja sih perbedaan antara Redmi Note 9 vs Redmi 9 dari segi spesifikasinya, untuk itu Anda bisa simak informasi ini secara lengkap dan jika belum sempat jangan lupa untuk membookmark halaman ini ya.

Perbandingan Redmi Note 9 vs Redmi 9

Redmi Note 9 vs Redmi 9

Bayangan kita seri Note identik dengan ukuran layar yang lebih luas dengan ukuran perangkat yang lebih besar, tapi nyatanya kedua ponsel menawarkan ukuran layar yang sama, yaitu 6,53 inci dengan resolusi yang juga sama sebesar 1080 x 2340 piksel yang sama-sama menggunakan panel IPS LCD.

Perbedaannya terletak apda lapisan perlindungan layar yang digunakan, Redmi Note 9 sudah menggunakan corning gorilla glass versi 5, sedangkan Redmi 9 hanya menggunakan versi 3. Dan perbedaan yang paling terlihat jelas ada pada bagian tampilan depan dari masing-masing smartphone.

Redmi Note 9 sudah mengemas tampilan punch hole sebagai tempat kamera depan yang berada di pojok atas, sedangkan Redmi 9 masih mengadopsi tampilan water drop notch sebagai tempat kamera depannya. Jika kita bicara trend tentu saja Redmi Note 9 hadir dengan tampilan yang lebih trendi dan modern.

Baca juga: Perbandingan Redmi Note 9 Pro vs Redmi Note 8 Pro

Kamera Redmi Note 9 vs Redmi 9

Beralih kebagian belakang, di sini kita akan melihat banyak sekali perbedaan dan tentunya meyakinkan bahwa Redmi Note 9 memang memiliki spek yang lebih tinggi dibandingkan Redmi 9. Pada bagian belakang terlihat susunan konfigurasi kamelra dari masing-masing hp sangat berebda, Redmi Note 9 menggunakan bentuk persegi panjang dibagian atas terpusat, sedangkan Redmi 9 tersusun secara vertikal yang juga sama dibagian tengah terpusat. Untuk detail konfigurasi sensor keduanya, Sobat bisa melihatnya pada tabel di bawah ini,

BrandRedmi Note 9Redmi 9
Kamera Utama– 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
– 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
– 2 MP, f/2.4, (macro), AF
– 2 MP, f/2.4, (depth)
– 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
– 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
– 5 MP, f/2.4, (macro)
– 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, HDR, panoramaLED flash, HDR, panorama
Video1080p@30fps1080p@30fps

Dari spesifikasi tentu saja Redmi Note 9 hadir dengan konfigurasi kamera yang lebih tinggi, yaitu dengan lensa utama bersensor 48MP, sedangkan Redmi 9 hanya bebekal sensor utama 13MP. Namun karena keduanya adalah produk di brand yang sama, ada kemungkinan aplikasi kamera dan fitur yang disediakan kurang lebih sama.

Redmi Note 9 juga dibekali dengan sensor kamera depan lebih besar sebesar 13MP, sedangkan Redmi 9 hanya mendapatkan sensor sebesar 8MP.

Performa dan Fitur

Bicara soal performa, Redmi Note 9 berada satu tingkat lebih baik dibandingkan dengan Redmi 9, namun keduanya masih menggunakan chipset dari perusahaan yang sama, yaitu MediaTek. Untuk melihat perbedaannya Sobat bisa melihat pada tabel di bawah ini,

BrandRedmi Note 9Redmi 9
Sistem OperasiAndroid 10, MIUI 11Android 10, MIUI 12
ChipsetMediaTek Helio G85 (12nm)Mediatek Helio G80 (12 nm)
CPUOcta-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2Mali-G52 MC2
Slot microSDmicroSDXC (dedicated slot)microSDXC (dedicated slot)
Internal dan RAM– 64GB 4GB RAM
– 128GB 6GB RAM
– 32GB 3GB RAM,
– 64GB 4GB RAM,
– 128GB 6GB RAM (Belum tersedia di Indonesia)

Performa chipset yang didapatkan dari masing-masing ponsel terlihat memiliki konfigurasi CPU yang sama, sehingga ada kemungkinan performa yang dihasilkan tidak jauh berbeda. Yang akan membedakannya tentu pada konfigurasi RAM dan penyimpanan internal yang melengkapinya.

Sementara untuk fiturnya keduanya sama-sama dibekali dengan fitur yang kurang lebih sama, Sobat bisa melihatnya pada tabel di bawah ini,

TipeRedmi Note 9Redmi 9
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspotWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYes (market/region dependent)
M2003J15SG (Yes); M2003J15SS (No)
Yes (market/region dependent)
Infrared PortYesYes
RadioUnspecifiedWireless FM radio (no wired headphones required)
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compassFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass

Kedua smartphone hadir dengan pemindai sidik jari pada bagian belakang dan dilengkapi dengan sensor yang sama, keduanya juga sudah dibekali dengan fitur NFC dibeberapa negara termasuk di Indonesia.

Redmi Note 9 vs Redmi 9 juga sama-sama dibekali dengan kapasitas baterai yang sama, yaitu sebesar 5020 mAh dengan pengisian cepat bedaya 18W.

Kesimpulan dan Harga

Dari perbandingan di atas, sekarang mari kita lihat daftar harga dari kedua perangkat tersebut,

  • Redmi Note 9 dengan RAM 4GB / 64GB seharga Rp. 2.399.000
  • Redmi 9 dengan RAM 4GB / 64GB seharga Rp. 1.949.000

Dari harga tersebut, Redmi Note 9 memiliki harga lebih mahal sebesar kurang lebih 400ribuan dengan kelebihan yang ada pada chipset prosesor dan konfigurasi kamera dengan sensor yang lebih besar. Namun soal baterai keduanya sama-sama dibekali dengan kapasitas yang sama, jadi untuk sobat yang tidak mementingkan kameranya kami rasa Redmi 9 sudah sangat cukup untuk digunakan. Tapi tentu saja keputusan untuk memilih yang mana.

Baca juga: Perbandingan Redmi 9 vs Realme C11, Mana yang Lebih tinggi?

Cek Harga di beberapa E-commerce

[su_table responsive=”yes” class=”overflow-x:auto”]

Tipe Shopee Eraspace Lazada
Redmi Note 9 [su_button url=”https://invol.co/clr8df” center=”yes” icon=”icon: shopping-bag” rel=”nofollow”]Cek Harga di Shopee[/su_button] [su_button url=”https://invol.co/clr8dw” center=”yes” icon=”icon: shopping-bag” rel=”nofollow”]Cek Harga di Eraspace[/su_button] [su_button url=”https://invol.co/clr8e7″ center=”yes” icon=”icon: shopping-bag” rel=”nofollow”]Cek Harga di Lazada[/su_button]
Redmi 9 [su_button url=”https://invol.co/clr8dl” center=”yes” icon=”icon: shopping-bag” rel=”nofollow”]Cek Harga di Shopee[/su_button] [su_button url=”https://invol.co/clr8e3″ center=”yes” icon=”icon: shopping-bag” rel=”nofollow”]Cek Harga di Eraspace[/su_button] [su_button url=”https://invol.co/clr8eg” center=”yes” icon=”icon: shopping-bag” rel=”nofollow”]Cek Harga di Lazada[/su_button]
[/su_table]

Follow Instagram @AndroidPonselCom


Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks