Cara Mudah Mempercepat Kinerja Laptop

  • Whatsapp
cara mempercepat kinerja laptop

Sobat sedang mengalami permasalahan laptop yang lamban atau nge-lag? Pas banget! Kami akan membahas bagaimana cara meningkatkan dan mempercepat kinerja laptop.

Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang paling sering digunakan, entah itu untuk urusan pekerjaan, urusan sekolah, kuliah, atau hiburan, laptop layaknya hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat ini, developer atau brand terus berlomba-lomba berinovasi untuk membuat laptop yang canggih yang bisa dinikmati oleh semua umur dan kalangan, seperti laptop HP, Asus, Mac, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Di samping kecanggihan laptop dan segala fiturnya, kadangkala ditemukan permasalahan seperti melambatnya kinerja laptop atau bahasa umumnya nge-lag. ya terkadang memang hal seperti itu terjadi, namun pasti sebelum terjadi itu semua memiliki sebabnya.

Biasanya penyebab laptop menjadi lamban kinerjanya adalah adanya virus atau malware, aplikasi yang terinstall terlalu banyak, banyak sampah file yang belum dibuang, sistem yang error, hardware yang bermasalah, dan sebagainya. Tapi sobat jangan khawatir jika sobat sedang mengalami hal itu, karena setiap permasalahan pasti memiliki solusi. Nah disini akan membantu sobat dengan mengulas bagaimana cara mempercepat kinerja laptop. Penasaran? Langsung saja simak dibawah ini!

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Uninstall Aplikasi atau Program Yang Kurang Penting

Cara pertama yang bisa sobat coba untuk mempercepat kinerja laptop adalah dengan menghapus beberapa aplikasi atau program yang tidak atau kurang penting-penting banget.

Bagaimana sih caranya?

  • Pertama, silahkan sobat masuk ke Control Panel atau bisa mencarinya melalui tools search.
cara mempercepat kinerja laptop
  • Selanjutnya sobat pilih opsi Uninstall Program pada menu Program.
  • Jikan sudah, nantinya akan muncul semua daftar aplikasi yang sobat miliki yang sudah terinstall. Nah disini sobat bisa memilih untuk menghapusnya. Untuk menghapusnya sobat hanya perlu menekan aplikasi lalu pilih “Uninstall”
cara mempercepat kinerja laptop
  • Klik next next saja, dan selesai! Aplikasi yang kurang penting berhasil di hapus.

Silahkan sobat lihat perbedaan sebelum aplikasi-aplikasi tidak penting masih ada dan sesudah aplikasi-aplikasi tidak penting sudah terhapus.

Menonaktifkan fitur Efek dan Animasi

cara mempercepat kinerja laptop

Cara ini juga bisa sobat coba untuk membuat kinerja laptop sobat menjadi cepat, yaitu dengan menonaktifkan efek dan animasi. Memang efek dan animasi pada beberapa laptop terlebih laptop generasi lama membuat laptop menjadi berat dan nge-lag. bagaimana cara menonaktifkannya?

  • Pertama, Silahkan sobat masuk ke Start menu, lalu klik kanan dan sobat pilih System.
  • Selanjutnya, sobat pilih atau klik “Advanced system settings”.
  • Nantinya sobat berada di tab “Advanced” dan disini silahkan sobat pilih “Perfromance Settings
  • Terakhir, pada tab “Visual Effects”, sobat bisa memilih “Adjust fot best perfamance” atau juga sobat bisa memilih “Custom” untuk memilih secara manual.
  • Selesai!

Baca Juga : Cara Mengatur Cahaya Layar Pada Laptop dan PC

Mengaktifkan Hibernate Mode

cara mempercepat kinerja laptop

Cara selanjutnya yang bisa sobat coba untuk meningkatkan kinerja laptop yaitu dengan cara mengaktifkan hibernate mode. Nah Fungsi hibernate sendiri adalah untuk menyimpan semua kerja memori atau meyimpan semua kegiatan yang dilakukan di laptop ketika laptop dimatikan, dan akan dikembalikan seperti semula ketika sebelum dihibernate.

Bagaimana cara mengaktifkan hiebernate mode?

  • Pertama, sobat bisa  menekan kombinasi tombol pada keyboard yaitu Windows Key + i dan pilih System.
  • Jika sudah, Silahkan sobat pilih “Power & Sleep”, lalu pilih “Additional power settings” dan pilih “Power Option”.
  • Selanjutnya sobat bisa pilih “Choose what the power buttons do” dan silahkan klik atau pilih “Change settings that are currently unavalaibe.”
  • Terakhir, sobat harus aktifkan opsi Hibernate. Nah Sekarang, sobat sudah bisa memilih Hibernate setiap kali sobat ingin mematikan komputer atau PC dan menyalakannya dengan cepat.

Perbarui Sistem / Windows

cara mempercepat kinerja laptop

Cara selanjutnya yang bisa sobat coba untuk mengatasi laptop atau PC yang lamban kinerjanya atau lag adalah dengan memperbarui Sistem laptop sobat. memang terkadang penyebab lambannya kinerja laptop bisa terjadi karena sistem yang belum diperbarui, karena terdapat bug-bug yang memembuat terhalangnya kinerja laptop. Oleh karena itu, sobat bisa banget coba perbarui sistem di laptop sobat agar kinerja laptop sobat semakin cepat.

Selain untuk mempercepat kinerja, memperbarui sistem juga memiliki banyak keuntungan seperti bertambanya fitus canggih, meningkatnya keamanan komputer, dan lainnya. Silahkan dey sobat coba sendiri!

Tambah RAM Baru

cara mempercepat kinerja laptop

Cara selanjutnya yang bisa sobat coba untuk mempercepat kinerja laptop adalah dengan menambah RAM pada laptop sobat. memang biasanya permasalahan laptop yang nge-lag atau lamban terjadi karena RAM yang terlalu penuh sehingga menganggu kerja dari RAM. Nah alangkah baiknya jika sobat sedang memiliki uang yang cukup, sobat bisa beli RAM dan pasang pada laptop sobat.  Nah sebelum itu sobat perlu ketahui dahulu tipe RAM apa yang sobat gunakan, apakah DDR3 atau DDR4. Jika salah salah, nantinya terjadi tidak cocokkan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Password di Laptop Windows 10

Install Anti Virus

cara mempercepat kinerja laptop

Cara Selanjutnya yang bisa sobat coba untuk mempercepat kinerja laptop sobat adalah dengan menginstall anti virus. Biasanya laptop yang lamban bisa terjadi karena adanya virus atau malware, sehingga sistem menjadi terganggu. Nah untuk itu, silahkan sobat install antivirus yang terpercaya. Dan jika sudah terinstall, silahkan sobat scan laptop sobat dengan antivirus, dan jika terdapat virus, sobat bersihkan semua virusnya.

Menonaktifkan Search Indexing

cara mempercepat kinerja laptop

Cara terakhir yang kami berikan untuk sobat agar kinerja laptop sobat menjadi kencang atau cepat adalah dengan menonaktifkan Search Indexing.

Search Indexing sendiri adalah salah satu program dari Windows yang dapat mengoptimalkan pencarian suatu file. Search Indexing akan mengindeks semua file yang ada di harddisk sobat, sehingga pada saat pencarian, file itu mudah ditemukan. Nah terkadang program ini membuat kinerja laptop sobat menjadi lamban. Bagaimana cara menonaktifkannya?

  • Pertama, Pada Start menu di laptop, sobat silahkan klik kanan dan pilih “Computer Management”.
  • Jika sudah, sobat bisa Klik dua kali pada “Services and Aplications” lalu pilih “Services”.
  • Selanjutnya, Cari Windows Search dan sobat klik dua kali.
  • Terakhir, Ketika muncul pop up, sobat harus klik “Startup type” lalu sobat pilih “b” atau “disable”. Nah lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Selesai!

Bagaimana? Mudah bukan cara-cara diatas?

Akhir Kata

Nah mungkin pembahasan diatas alah cara mempercepat kinerja laptop yang bisa sobat coba dengan mudah. Jika sobat memiliki cara lain, boleh nih share ke kita semua melalui kolom komentar dibawah. Selamat mencoba! 😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *