Cara Menghapus, Uninstal, atau Menghilangkan Chromium

  • Whatsapp
cara menghapus, uninstal, atau menghilangkan Chromium

Chromium sobat tidak bisa dihapus di laptop? Silahkan simak artikel ini yang akan mengulas cara menghapus chromium dengan mudah.

Chromium merupakan sebuah project dari pengembangan sebuah browser yang bisa berjalan secara multi-platform dan memiliki basis open-source yang dikembangkan oleh komunitas browser open source, dan mempunyai banyak versi. Chromium sendiri berbeda dengan google chrome.

Bacaan Lainnya

Aplikasi chromium pada awalnya adalah projek browser yang dibuat untuk digunakan layaknya google chrome. Namun makin lama, karena open source, chromium banyak disusupi malware yang dapat membuat laptop error, yang mana setelah dipasang, virus-virus ini yang terdapat pada chromiuim bisa melakukan penulisan ulang dari data yang ada pada jalan pintas penelusur web Chrome yang sah dan mengganti dengan yang palsu. Nah dampaknya, chromium dapat mengalihkan ke website berbahaya, iklan yang terinfeksi, juga yang terparah adalah pencurian identitas. Penelusur web chromium antara lain seperti eFast Browser, Chroomium Browser, Tortuga Browser, Olcinium Browser, Qword Browser, Chedot Browser, BrowserAir Browser, Fusion Browser, BeagleBrowser, MyBrowser, Super Browse.

Cara Menghapus Chromium

Banyak pengguna yang mengeluhkan hal itu, yang mana mereka ingin meng-uninstall Chromium, namun disatu sisi program ini seperti program bawaan yang tidak bisa dihapus. Lalu, bagaimana cara  sih mengatasinya?

Menggunakan Software IObit Uninstaller

cara menghapus chromium

Karena menghapus chromium beserta virus-virusnya tidak bisa dihapus dari control panel, maka kami akan arahkan sobat untuk menghapus melalui bantuan pihak ketiga yaitu software IObit Uinstaller.  Iobit Uninstaller sendiri merupakan aplikasi atau sofware yang berfungsi untuk menghapus aplikasi atau software bawaan dari Laptop / PC yang tidak bisa dihapus melalui control panel.

Iobit Uninstaller juga mendukung atau kompatibel digunakan pada berbagai versi windows seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1,  dan Windows 10.

Nah bagaimana sih cara uninstall Chromium ini?

  • Pertama, silahkan sobat install Iobit Unistaller melalui laptop sobat. Sobat bisa mengunduhnya melalui situs resminya secara gratis. Adapun situs yang harus sobat kunjungi adalah https://www.iobit.com/en/advanceduninstaller.php
cara uninstall chromium
  • Jika sudah di unduh, pasang aplikasi tersebut dan buka aplikasi atau softwarenya.
  • Sobat pergi ke menu All programs, sobat bisa memilihnya melalui panel di sisi kiri.
cara menghapus chromium
  • Jika sudah masuk, sobat cari program yang bernama Chromium. Biasanya sih program ini terdapat di bawah, sobat bisa scroll down dan cari dengan teliti ya. Pasti ada kok.
  • Selanjutnya jika sudah ketemu, klik pada aplikasi tersebut lalu pilih “Uninstall” yang berada di pojok kanan. Pada tahap ini, sistem IObit Uninstaller akan memberikan opsi pembuatan restore point dan pengapusan residual files. Pilih saja sesuai yang sobat inginkan.
cara menghapus chromium

Namun sobat perlu ketahui apa perbedaan unsintall restore point dan residual files, antara lain

Restore point adalah kondisi yang di mana IObit membuat file sistem cadangan sebelum melakukan penghapusan Chromium. Jadi, misalnya terdapat error, Iobit bisa mengembalikan seperti semula kembali.

Residual file adalah dimana data-data yang tersimpan, namun posisi datanya sudah tidak aktif karena file utama sudah terhapus. Misalnya registrycache, dan lainnya.

  • Nantinya akan muncul pemberitahuan untuk mengkonfirmasi apakah sobat ingin menghapusnya atau tidak. disini sobat klik “Uninstall” lagi.
cara menghapus chromium
  • Silahkan sobat tunggu proses penghapusannya hingga selesai, jangan di close ya. Tenang saja, tidak memakan waktu banyak kok.
cara menghapus chromium
  • Jika nanti muncul pop up Uninstall dari windowsnya, silahkan sobat klik Uninstall atau next saja ya.
  • Selesai!

Bagaimana? Mudah bukan?

Baca Juga : Cara Mudah Menghapus Semua Postingan Status Facebook

Jika sudah selesai, kami sarankan sobat men-scanning laptop sobat dengan antivirus yang sobat miliki. Namun jika sobat belum memilikinya, sobat bisa pasang Anti Virus seperti Bit Defender, Avast, atau juga bisa mengaktifkan antivirus bawaan yaitu Windows Defender. Jangan lupa ya untuk di scanning kembali!

Akhir Kata

Pembahasan diatas adalah cara mudah menghapus, uninstall atau menghilangkan chromium yang menganggu laptop kita. Jika sobat memiliki cara lain, boleh ini sharing ke kita semua melalui kolom komentar dibawah.

Oke kami akhiri, Selamat mencoba! ?

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini