Cara Menghapus Halaman di Word Dengan Mudah

Cara menghapus Halaman di Word (1)

Sobat sedang mengerjakan tugas atau laporan dengan word, namun terkendala tidak tahu cara menghapus halaman di Ms Word? Tenang saja, artikel ini akan membahas jawabannya!

Word atau microsoft word merupakan software yang berfungsi untuk digunakan sebagai pengetikan dokumen oleh pengguna. Word sendiri memiliki beberapa versi di dalam microsoft office, dan word sendiri selalu menambahkan fitur-fitur yang semakin membantu memudahkan pengguna dalam memakainya. Nah salah satu fitur yang dari versi awal peluncuran hingga veri terkini adalah fitur halaman atau penomoran halaman. Penomoran page sangat membantu pengguna misal dalam pembuatan laporan, pembuatan skripsi, pembuatan buku, dan semacamnya.

Namun terkadang penomoran masih kurang dipahami betul oleh banyak pengguna, misalnya saja terkait penghapusan page . Memang untuk menghapus halaman tertentu cukup sulit dan membutuhkan beberapa cara, karena jika hanya sekedar menghapus, semua halaman akan terhapus. Penasaran bagaimana cara menghapus page di Word? Simak terus ya!

Cara Menghapus Halaman Word

Jika sobat ingin menghapus halaman kosong pada dokumen word, berikut Cara untuk menghapus halaman kosong di dokumen Microsoft Word

  • Pertama, jika sobat mau memastikan apakah dokumen sobat memiliki halaman kosong atau tidak, sobat silahkan menggunakan Print Preview atau kombinasi keyboard CTRL + F2.
  • Lalu nantinya pada Page kosong, biasanya berisi simbol format yang tersembunyi seperti paragraf kosong, page break, atau section break. Sobat bisa menghapus halaman kosong tersebut dengan menampilkan simbol-simbol dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + SHIFT + * atau Juga bisa pada Home tab, Paragraph grup, klik Show/Hide.
  • Nah jika hasil penghapusan yang sobat lakukan tidak seperti yang diharapkan, sobat bisa meng-undo-nya atau membatalkannya dengan menekan CTRL + Z.

Cara Hapus Halaman Kosong di Tengah dan Akhir Dokumen

Pada cara ini sobat bisa menggunakan untuk menghapus baris kosong, page break, dan section break.

  • Pertama, sobat bisa klik dan geser mouse untuk memilih baris kosong.
  • Selanjutnya sobat tekan tombol DELETE.
  • Selesai, halaman akan terhapus!

Note :
Cara diatas sobat bisa gunakan juga untuk menghapus halaman kosong yang tersembunyi, yaitu halaman kosong yang muncul di Print Preview dan saat dicetak, namun yang mana tidak terlihat saat berada di Print Layout View.

Bagaimana? Apakah cukup mudah?

Baca Juga : Cara Membuka Password File Excel Yang Terproteksi

Cara Hapus Halaman Kosong Lebih dari Satu di Akhir Dokumen

Selanjutnya jika sobat ingin menghapus halaman kosong yang terdiri dari dua atau lebih dari satu di akhir dokumen, sobat bisa mengikuti cara ini. Berikut caranya :

  • Pertama, pada baris kosong pertama yang ingin sobat hapus, sobat bisa Klik pada baris kosong tersebut.
  • Jika sudah, sobat bisa tekan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + End. Nah disini word akan memilih baris mulai dari posisi pointer sampai dengan baris terakhir dokumen.
  • Terakhir, sobat bisa menekan tombol DELETE untuk menghapus semua baris tersebut.
  • Selesai!

Cara Hapus Halaman Kosong setelah Tabel

Cara terakhir ini bisa sobat lakukan jika sobat menyisipkan tabel pada word. Nah biasanya jika sobat menyisipkan tabel, maka Word akan secara otomotis membuat satu baris paragraf kosong di bawah tabel yang ditandai dengan sebuah tanda paragraf.

Disini permasalahannya, jika sobat menyisipkan tabel yang panjangnya sampai ke akhir halaman, nantinya baris kosong tersebut akan berada di halaman berikutnya. Hal ini akan memunculkan satu halaman kosong. Yang menjadi masalahnya adalah tanda paragraf tersebut pada halaman kosong tidak dapat dihapus dengan menekan DELETE ataupun BACKSPACE.

Maka dari itu, kami akan beri tahu cara lainnya yaitu;

  • Pertama, sobat harus mengaktifkan fitur Show All Formatting Marks. Bagaimana caranya? Sobat bisa klik Show/Hide pada menu Home, lalu masuk Paragraph grup. Lebih musahnya sih sobat bisa  menggunakan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + *.
cara menghapus halaman word
  • Jika sudah, sobat bisa memilih tanda paragraf di bawah tabel tersebut.
  • Selanjutnya sobat bisa klik kanan pada tanda paragraf tersebut.
  • Nah nantinya akan muncul pop up. disini sobat bisa pilih Paragraph untuk menampilkan kotak dialog.
cara menghapus halaman word
  • Nantinya pada menu Indents and Spacing, sobat bisa atur nilai Before dan After menjadi 0 / nol pada bagian Spacing. Untuk Line spacing sendiri, sobat harus pilih Single ya! Lalu klik OK jika sudah selesai.
cara menghapus page di word
sumber gambar : computer1001.com
  • Pada tanda paragraf yang sudah sobat pilih sebelumya, sobat harus atur ukuran font menjadi 1. Caranya adalah sobat bisa pilih menu Home, lalu masuk ke Font, dan di ukuran font atau Font Size, sobat bisa ketik angka 1. Adapun ini agar membuat ukuran font menjadi tidak terlihat.
cara menghapus page di word
  • Pada akhirnya tanda paragraf atau paragraph mark akan dipindahkan ke halaman sebelumnya. Yup, dan halaman kosong tersebut akan hilang.
  • Selesai!

Baca Juga :

Akhir Kata

Pembahasan diatas adalah cara untuk menghapus halaman di word yang bisa kami berikan untuk sobat ikuti. Sobat bisa ikuti secara teliti dan pelan-pelan ya, karena memang tidak mudah untuk menghapus halaman.

Selamat mencoba! ?



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks