Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

  • Whatsapp
Lamaran via Email

Sobat sedang mencari-cari lowongan kerja online? Dan banyak perusahaan yang meminta lamaran secara online via Email? Sobat bisa simak disini untuk mengetahui bagaimana mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email dengan baik dan benar!

Untuk saat ini, teknologi sudah mengisi hampir berbagai segmen kehidupan. Untuk sehari-hari saja, kita tidak bisa terlepas dari pengaruh teknologi. Banyak dari orang yang mengandalkan teknologi, untuk bisnis atau berdagang, untuk sekolahh, dan lainnya. Dengan banyaknya penggunaan teknologi, urusan pekerjaan pun tidak lepas dari pengaruh teknologi. Urusan perekrutan karyawan misalnya, dahulu untuk melamar pekerjaan, orang berbondong-bondong melawan terik dan hujan untuk memberi berkas ke HRD. Saat ini, orang sudah dimudahkan yang mana tidak perlu berbondong-bondong datang ke HRD untuk memberi berkas, sekarang hanya tinggal klik-klik saja dan langsung kirim Berkas Lamaran dimanapun dan kapanpun.

Bacaan Lainnya

Namun untuk mengirim berkas lamaran via email juga harus benar dan memiliki teknik, bagaimana cara mengirim dengan baik dan benar? Simak di bawah ini ya!

1. Persiapkan Berkas Menjadi Soft Copy

blank

Adapun berkas yang harus sobat siapkan menjadi soft copy adalah

  • Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar dengan bahasa yang formal
  • Curiculum Vitae
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • KTP
  • Pas foto
  • Sertifikat yang diminta oleh perusahaan (Toelf, ISO, dan lain sebagainya)
  • Portofolio

Nah berkas-berkas diatas yang harus sobat siapkan sekaligus dijadikan berkas Soft Copy. Sobat bisa scanning berkas-berkas diatas menjadi format pdf.

Tidak perlu ribet ke tukang foto copy untuk scan berkas sobat, sobat bisa menggunakan aplikasi android bernama “Simple Scan” yang bisa sobat download disini.

blank

Kalaupun sobat sudah memiliki berkas itu namun dengan format lain, sobat bisa ubah atau convert ke format PDF melalui web ini Smallpdf.com yang hanya beberapa klik saja.

blank

2. Persiapkan Akun Email yang Ingin Digunakan

Email juga menjadi pertimbangan HRD dalam merekrut karyawan lho, pasalnya nama Email kita juga menjadi identitas. Sebagai contoh nama email yang bisa dikatan sesuai dan etis adalah

  • indramaulana14@gmail.com
  • indra.maul@gmail.com
  • Indramaul14@gmail.com

Sebagai contoh nama email yang tidak profesional dan tidak disarankan seperti

  • Indra.acmilan1899@gmail.com
  • Maulana.gaming@gmail.com

Nah jika nama email sobat tidak profesional, sebaiknya kami sarankan sobat mengganti nama email menjadi nama yang lebih jelas. Jika sobat tidak tahu cara mengubah nama email, berikut caranya :

  • Di komputer, buka Gmail.
  • Pada pojok kanan atas, klik Setelan. Lihat semua setelan.
  • Klik tab Akun dan Impor atau Akun.
  • Di bagian “Kirim email sebagai”, sobat klik Edit info.
  • Masukkan nama yang ingin sobat ubah.
  • Di bagian bawah, klik Simpan perubahan.

Nah begitulah caranya.

Baca Juga : Cara Cek Online Nomor Kartu Keluarga (KK) Dengan Mudah Dan Cepat!

3. Persiapkan Pengiriman Email

kirim lamaran via email
  • Login Email dan Masuk Ke “Tulis Pesan

Disini, sobat jangan lupa login email terlebih dahulu. Jangan lupa, gunakan email profesional yang sudah kami beri rokemendasinya di atas. Lalu sobat bisa mulai masuk ke jendela pengiriman pesan, caranya klik “Compose” atau ikon + seperti gambar di bawah ini.

blank
  • Tulis Alamat Email Perusahaan
blank

Jika sudah, Sekarang sobat siapkan lihat alamat email perusaan yang untuk mengirimkan berkas lamaran. Pastikan sobat teliti memperhatikan huruf demi hurufnya.

  • Tulis Subjek
blank

Selanjutnya sobat bisa tulis subjek atau judul emailnya, sobat bisa menulis dengan format seperti ini

Lamaran [Posisi yang dilamar] – [Nama Lengkap].

Ingat, Subjek jangan sampai kosong ya!

  • Tulis Body Email / Isi Pesan

Bagian ini juga tidak kalah penting yang harus di perhatikan dengan baik. Pasalnya body email adalah tulisan yang memuat HRD tahu apa yang kita tujukan. Sobat bisa melihat contoh body email di bawah ini

==

Salam Bapak/Ibu Human Resource,

Perkenalkan, saya Indra Maulana. Saya sangat tertarik dengan lowongan pekerjaan Staff IT yang ditayangkan pada tanggal 17 Agustus 2020 di situs web androidponsel.com.

Melihat deskripsi pekerjaan yang tertera disana, adapun itu sangat sesuai dengan background pendidikan dan pengalaman saya. Saya sangat antusias bergabung menjadi bagian dari perusahaan ini. Saya akan melampirkan resume untuk menjadi bahan pertimbangan.

Berikut saya lampirkan Surat Lamaran, CV, Scan KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, Portofolio, Sertifikat dan Pas Foto. Jika ada hal lain yang ingin diketahui lebih lanjut oleh Bapak/Ibu, dengan senang hati saya bersedia di hubungi. Jikalau diperlukan, adapun nomor handphone saya yaitu 08953644xxxxx.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Salam Hangat,

Indra Maulana

====

Sobat tidak perlu terlalu mengikuti tulisan di atas, sobat bisa tulis sesuka sobat asal isi juga tujuannya jelas dan menggunakan kata-kata yang sopan. Tapi kira-kira secara garis besar body email seperti contoh di atas. Jika masih kurang jelas, format body email kira-kira seperti ini

[Salam Pembuka]

[Isi surat yang meliputi: perkenalan diri, pekerjaan yang hendak dilamar, dari mana memperoleh informasi lowongan]

[Ucapan Terima Kasih]

[Salam Penutup]

[Nama Pelamar]

Baca Juga : Cara Lapor Pajak Secara Online Menggunakan E-Filing, Dijamin Cepat!

4. Melampirkan Attachment (Berkas-Berkas)

blank

Jika sudah mengisi body email, silahkan sobat bisa melampirkan attachment atau berkas seperti surat lamaran, CV, dan lainnya yang sebelumnya sudah sobat scan ke pdf.

Untuk melampirkannya, sobat bisa klik ikon klip seperti di atas yang sudah kami tandai. Nah silahkan sobat pilih berkas-berkas yang sudah kami jelaskan di atas.

5. Perhatikan Waktu Pengiriman Email

blank

Nah penting untuk sobat mengetahui waktu-waktu pengiriman lamaran kerja dengan emil. Disini sobat bisa kirim di waktu atau jam kerja yaitu Senin s/d Jumat : 08.00 – 15.00 WIB

Namun disini opsional dan tergantung kebijakan perusahaan juga, sobat bisa sesuaikan dengan waktu perusahaan. Tapi alangkah baiknya sobat mengirim di jam kerja yang sudah kami berikan diatas.

6. Periksa Ulang Alamat Email, Subjek, Isi Email, Attachments (Berkas-berkas), dan lainnya.

blank

Nah cara terakhir adalah memeriksa kembali atau Preview seluruh persyaratan dan email yang akan sobat kirim. Periksa secara detail dan pelan-pelan apalagi alamat email perusahaan, sebab salah sedikit bisa jadi Email tidak terkirim dan banyak kasus ini tidak disadari oleh orang-orang.

Periksa juga subjek, dan body email jangan sampai typo atau salah ketik.

Juga jangan lupa perhatikan berkas-berkas yang sobat lampirkan, khawatir ada yang ketinggalan atau salah berkas.

7. Berdoa dan Coba Apply Perusahaan Lainnya

lamaran via email

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada yang Maha Esa agar diberi kelancaran dan kemudahan. Juga kami sarankan sobat jangan hanya apply ke satu perusahaan, cobalah apply lamaran ke beberapa perusahaan yang sesuai skill sobat. agar peluang diterima perusahaan lebih besar. Kan tidak ada salahnya mencoba😊

Bagaimana? Mudah Bukan?

Semoga sukses dan berhasil! 😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *