Emulator Android Ringan Yang Wajib Dicoba Untuk Tingkatkan Performa Gaming Kamu!

Emulator Android Ringan Yang Wajib Dicoba Untuk Tingkatkan Performa Gaming Kamu!

Game-game di Android saat ini sangat beragam, mulai dari grafik dan gameplay yang sederhana, sampai dengan grafik yang memanjakan mata layaknya game di PC. Rasa-rasanya kurang puas jika dimainkan di HP saja karena layarnya kecil, bukan? Nah, game Android tersebut bisa dimainkan di PC dengan bantuan emulator, lho! Berikut daftar emulator Android ringan yang wajib untuk Sobat coba.

Apa Itu Emulator Android Ringan Untuk PC

penjelasan emulator android

Emulator Android adalah perangkat lunak yang sangat dibutuhkan oleh para gamers untuk bisa bermain game dengan lancar. Emulator dapat disebut pula sebagai penjembatan. Kenapa demikian? Karena emulator mampu menjembatani suatu program dari suatu sistem untuk bisa dijalankan pada sistem lain yang sama sekali berbeda.

Namun karena sistemnya adalah menduplikasi, tentu hasilnya tidak akan sebagus aslinya. Beberapa kekurangan dari emulator Android ringan antara lain gambar atau efek video tidak sesuai, timing yang lambat, tidak mengeluarkan suara dan permasalah lain.

Sistem emulator android dibagi menjadi dua yaitu single-system dan multi-system emulator. Sesuai dengan namanya, single-system emulator hanya dapat meng-emulate satu jenis sitem sedangkan multy-system emulator dapat meng-emulate lebih dari satu jenis sitem.

Keberhasilan emulator juga dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah ketersediaan informasi mengenai sistem untuk membuat emulatornya.

Selain itu kepopuleran suatu sistem yang mendorong banyak orang membuat emulator sistem tersebut. Walaupun emulator bertujuan untuk bisa memainkan game klasik di laptop atau android, tetapi perangkat kita juga harus kompatibel diinstall emulator android ringan untuk PC ini.

Selain itu emulator baru akan berguna jika game dalam Disk Image atau ROM mendukung bekerjanya emulator android untuk PC ringan. Emulator dapat dibuat sendiri untuk meniru sistem dari perangkat aslinya.

Daftar Emulator Android Ringan Untuk PC Kentang Sekalipun

daftar emulator android ringan terbaru

Jika kamu masih awam terkait emulator android ini, jangan cemas! Karena disini kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai rekomendasi simulator android ringan. Simak baik-baik, jangan sampai kelewatan infonya ya!

Bluestacks 4

Salah satu emulator android ringan untuk PC yaitu Bluestacks. Bluestack android emulator adalah emulator terbaik saat ini dan paling banyak digunakan. Bahkan sudah ada seri Bluestacks 1 hingga yang terbaru Bluestacks 4 raid. Spek laptop minimum yang mendukung installer Bluestack antara lain menggunakan sistem operasi Windows 7 ke atas, processor Intel/AMD dengan RAM 2GB dan memori 5GB.

Tapi tenang, kamu bisa install Bluestack android emulator mac bagi pengguna Apple MacBook. Kamu bisa download Bluestacks 4 di situs resminya.

Gameloop

Gameloop adalah salah satu emulator paling ringan dengan ukuran file hanya 9MB. Emulator ini adalah produk resmi dari Tencent dan dibuat khusus untuk bermain game. Sehinga sangat cocok sebagai emulator seperti PUBG Mobile, Free Fire, Honkai Impact dan game lainnya.

Gameloop bisa diinstall di android emulator for windows 7/8/8.1/10 dengan processor Intel/AMD Dual core processor.

NOXPlayer

NOXPlayer adalah emulator yang banyak direkomendasikan oleh gamer dan cocok sebagai emulator android untuk PC spek rendah. Spesifikasi minimum yang diperlukan yaitu cukup dengan RAM 1.5 GB RAM / 4GB RAM.

Emulator android teringan NOXPlayer ini bisa membantumu bermain game dngan sangat mudah.

Genymotion

Emulator android ringan 2020 selanjutnya adalah Genymotion. Kamu bisa menggunakan emulator satu ini di berbagai versi Android. Emulator android online Genymotion hanya membutuhkan spek minimum RAM 2GB dan memori 2GB, processor Intel/AMD 64-bit dengan ukuran file 117 MB.

Versi lain dari emulator android ringan 2019 ini adalah Genymotion cloud dimana kamu bisa menggunakannya secara virtual tanpa harus menginstall aplikasinya.

Windroye

Sebagai emulator PC ringan, Windroye layak mendapatkan gelar salah satu emulator android terbaik 2019. Windroye dapat digunakan di PC dengan spek terbatas.

Emulator android mac Windroye cukup sederhana, kamu juga tidak perlu melakukan banyak pengaturan untuk menggunakannya. Kamu bisa download windroye di situs resminya.

Emulator ringan juga memungkinkan untuk bisa bermain game konsol yang menggunakan sistem operasi lama dan sudah tidak diproduksi lagi. Keuntungan menggunakan emulator adalah memungkinkan kamu bisa memainkan permainan klasik seperti Sonic the Hedgehog atau Super Mario Bros.

Bagi Sobat yang ingin memainkan game jadul, Sobat bisa simak terlebih dahulu artikelnya di sini, 11 Emulator Game Nintendo Jadul Terbaik di Android [2022].

Emulator Android Ringan Terbary 2022

rekomendasi emulator android lainnya

Selain kelima emulator android yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa android emulator PC ringan yang juga biasa digunakan di kalangan para gamers baik pro maupun pemula. Kamu bisa download android emulator tersebut di website resminya dengan mode online ataupun offline installation.

KO Player

Salah satu simulator android yang patut kamu coba adalah KO Player. Terdapat dua pilihan mode di android simulator ini, yaitu “Speed” dan “Compatibility”. Untuk mendapatkan performa maksmimal kamu bisa menggunakan mode “Speed”. Namun jika ingin mode aman maka pilih “Compatibility”.

Archon Emulator

Archon emulator adalah android emulator online yang bisa kamu gunakan tanpa harus install aplikasi. Caranya juga sangat mudah, cukup install Google Chrome di OS untuk bisa menggunakan emulator android PC ini.

Archon emulator dapat digunakan sebagai emulator android ringan RAM 1GB karena memang tidak memerlukan memori yang besar di PC.

Memu Android Emulator

Rekomendasi emulator android terbaik lainnya adalah memu android emulator. Memu app player bisa digunakan di beberapa versi android seperti Lollipop, Jelly Bead, Kit Kat dan yang lainnya. Kamu bisa download emulator Memu untuk pengalaman bermain game yang lebih lancar. Tunggu apa lagi, download Memu app player sekarang juga.

Emulator Android Ringan Driod4X

Bermain game menggunakan Droid4X untuk performa yang lebih baik. Download emulator ringan Droid4X secara gratis di internet. Download Droid4X maka kamu bisa mengontrol permainan di PC melalui ponsel.

Untuk download aplikasi android for PC Windows 7 ke atas kamu hanya butuh RAM 1GB dengan memori 4GB.

Andy

Download Andyroid untuk bisa menikmati semua fiturnya secara gratis. Andy kompatibel untuk sistem operasi Windows dan MacOS. Android virtual device download emulator Andy ini sangat fleksibel. Kamu bisa menggunakannya di PC untuk bermain game hingga instalasi akses root.

Archon

Rekomendasi emulator android ringan terbaik lainnya yaitu ada ARChon. Nah emulator ini tergolong unik lho! Mengapa? karena Emulator android ringan satu ini berjalan sebagai ekstensi di Google Chrome.

Nah, nantinya setelah sobat install, maka sobat bisa menjalankan aplikasi dan games Android disana. Berhubung sifatnya sebagai ekstensi, tentu saja kemampuan emulator ini sedikit lebih terbatas dari emulator lainnya. Juga beberapa aplikasi banyak yang tidak kompatibel.

Namun begitu, ARChon tetap layak coba karena dia berjalan di browser Chrome sehingga dapat diakses lintas sistem operasi. Dan kami sarankan sebaiknya sobat install game-game yang ringan saja agar kompatibel.

Emulator Android Ringan Remix OS

Emulator Android ringan selanjutnya yaitu ada Remix OS. Nah berbeda dengan emulator lainnya, Remix OS sendiri yaitu emulator yang berjalan layaknya sistem operasi mandiri meskipun berbasiskan Android. Untuk menginstallnya, sobat harus meng-install di partisi yang terpisah. Nah partisi tersebut biasanya terdapat di flashdisk, lalu melakukan booting sendiri.

Memang sedikit agak ribet untuk penginstallan, namun Remix OS sendiri kami rekomendasikan untuk menginstall aplikasi-aplikasi sehari-hari, namun kurang direkomendasikan untuk game-game berat.

Xamarin

Selanjutnya ada emulator Xamarin. Emulator ini memang tidak sepopuler emulator Nox atau Gameloop. Tapi emulator ini kami rekomendasikan karena cukup worth it dan unik.

Emulator ini mirip seperti Emulator Android Studio. Secara fitur memang keduanya mirip, namun untuk Xamarin sendiri lebih kompatibel dengan Microsoft Visual Studio. Xamarin sendiri nantinya akan memiliki pilihan tools dan plugins alternatif ketika sedang mengembangkan aplikasi yang dibuat.

Untuk menginstall Xamarin, sobat bisa mendapatkannya secara gratis untuk penggunaan personal.

AMIDU OS – Emulator Android Ringan RAM 1 GB

AMIDU OS - Emulator Android Ringan RAM 1 GB

Jika Sobat mencari sebuah emulator Android ringan untuk PC RAM 1 GB, maka software Amidu OS dapat Sobat andalkan.

Mungkin emulator Android ringan satu ini terdengar kurang familiar, ya? Meski begitu, AmiduOS adalah emulator yang cukup bisa diandalkan karena hampir kompatibel dengan semua PC atau laptop.

Kendati begitu, Sobat yang ingin mengintalnya harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti mengkatifkan Virtualisation Technology di Bios Sobat. Emulator Amidu OS sendiri diciptakan dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa di Amerika yakni American Megatrends.

Berbeda dengan MEmu, Amidu OS hanya menyediakan pilihan OS lolipop. Yang unik dari emulator Android ringan RAM 1 GB ini didalamnya tidak tersedia Google Play Store.

Lalu bagaimana cara mengunduh aplikasi-aplikasi? Nah, sebagai alternatifnya mereka menyediakan Amazon Apps Store, 9apps, atau Sobat juga bisa mengandalkan situs lainnya seperti APK Pure yang lengkap layaknya Google Play Store.

Tips Memilih Emulator Android Ringan Yang Worth It

Tips Memilih Emulator Android Ringan Yang Worth It

Setelah mengetahui beragam emulator android, lalu bagaimana cara memilih yang paling cocok untuk perangkatmu? Hal pertama yang harus kamu tau adalah kompatibilitas dan spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh emulator. Tidak semua emulator ringan cocok di android atau PC.

Selain itu lihat juga kebutuhanmu karena ada beberapa emulator yang hanya bisa digunakan untuk bermain game, tetapi ada pula emulator yang bisa digunakan untuk hal lainnya. Salah satu emulator yang paling banyak digunakan adalah Bluestacks, tetapi is the bluestacks safe? Tenang saja karena Bluestacks ini aman digunakan di android maupun PC untuk meningkatkan kelancaran dan kemudahan bermain game.

Selain Bluestacks yang sangat popular, Sobat bisa memilih emulator lain seperti remix OS player atau download Leapdroid.

Baca Juga: Download Game PPSSPP ISO 2022 Terlengkap di Sini!

Akhir Kata

Itulan penjelasan tentang emulator Android ringan yang bisa Sobat andalkan untuk memainkan ribuan game Android. Bagaimana? Sobat sudah menentukan Emulator mana yang akan digunakan? Nah, dengan Emulator Android ini, diharapkan memberikan pengalaman yang lebih baik ketika Sobat bermain game Android.

Selamat mencoba! Semoga bermanfat! 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published.