Mudah, Begini Cara Cek KTP Melalui Aplikasi Cek KTP Atau Via Internet

  • Whatsapp
Aplikasi Cek KTP

Untuk cek KTP dengan cepat, mudah dan gratis bisa dilakukan melalui aplikasi cek tp tanpa harus pergi ke kantor Dinas Pencatatan Sipil. KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah kartu yang wajib dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia dan telah berusia 17 tahun. Bahkan sekarang ada e-KTP yang bisa diurus di kantor disdukcapil di seluruh kota di Indonesia. Misalnya di daerah JABODETABEK ada beberapa disdukcapil Jakarta seperti disdukcapil Jakarta Utara, disdukcapil Jakarta Barat, disdukcapil Jakarta Pusat, disdukcapil Jakarta Timur, disdukcapil Jakarta Selatan hingga disdukcapil Kabupaten Bogor.

Selain KTP, kantor disdukcapil juga melayani berbagai pelayanan lain seperti kartu keluarga, akta kelahiran dan yang lainnya. KTP adalah kartu valid untuk menunjukan identitas asli yang telah dicatat oleh negara. Sehingga KTP wajib dibawa kapan saja dan kemana saja. Kamu bisa cek ktp Indonesia untuk validasi identitas seseorang melalui aplikasi cek ktp online maupun cek KTP online Indonesia melali browser.

Pengertian Dan Fungsi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

aplikasi cek ktp
Photo by Pixabay on Pexels.com

Sebelum menggunakan aplikasi cek ktp, kamu perlu tau apa itu KTP dan fungsinya KTP harus selalu ada di dompet. Pemerintah Indonesia sekarang tidak lagi mengeluarkan KTP, semua penduduk diwajibkan beralih menggunakan e-KTP yang lebih mudah dan awet. E-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik adalah kartu identitas yang berdasarkan pada data kependudukan nasional. Kamu bisa cek ktp elektronik untuk keperluan tertentu. Sedangkan fungsi e-KTP antara lain:

1. Kartu Identitas

Kamu bisa dikenali dimanapun dengan kartu identitas yaitu e-KTP. Untuk mengetahui kebenaran identitas seseorang juga bisa dilakukan melalui aplikasi cek ktp paling akurat. Melalui aplikasi cek e ktp tersebut kamu bisa mengetahui apakah seseorang memalsukan identitas atau tidak. Download aplikasi cek ktp untuk pc maupun android untuk bisa mengecek dengan mudah dan cepat.

2. Pembukaan Rekening Bank

Untuk membuka rekening bank yang baru salah satu dokumen yang diperlukan untuk validasi identitas adalah e-KTP. Jika kamu belum memiliki e-KTP, kamu bisa daftar ktp online sesuai melalui situs pemerindah daerah masing-masing.

3. Pengurusan Izin

Kaitannya pengurusan izin apapun, kamu perlu e-KTP sebagai bukti identitas asli. Untuk memastikan data yang diisikan benar, kamu bisa cek menggunakan aplikasi ktp.

4. Jaminan Pinjaman

Setiap instansi pemberi pinjaman pasti tidak mau ditipu ataupun rugi. Sehingga biasanya syarat utama yang diminta adalah KTP. Perusahaan bisa mengecek identitas asli melalui aplikasi cek ktp asli untuk memastikan data peminjam.

Apa Saja Yang Bisa Diurus Di Disdukcapil?

Malas antri di kantor disdukcapil untuk mengecek KTP? Gunakan apps cek ktp terbaru dan akurat, download aplikasi cek ktp sekarang juga. Kantor disdukcapil ada di setiap kota atau kota kabupaten di seluruh Indonesia. Tugas dari disdukcapil adalah mendata dokumen pencatatan sipil seluruh rakyat Indonesia. Tapi kira-kira dokumen apa saja yang bisa diurus di kantor disdukcapil?

1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik

Pemerintah memberikan himbauan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mengganti KTP biasa menjadi KTP elektronik. Walaupun ada aplikasi buat ktp yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah, namun tetap saja pembuatan e-KTP dilakukan di website dukcapil kemedagri cek ktp atau di kantor disdukcapil setempat berdasarkan data kependudukan nasional. Pemerintah daerah juga bisa mengeluarkan apps khusus KTP  untuk cek ktp online salah satunya:

  • Cek ktp online Jakarta
  • Cek ktp online Bekasi
  • Cek ktp online Depok
  • Cek ktp online Surabaya
  • Cek ktp online Medan
  • Cek ktp online Tangerang
  • Cek ktp online Bandung
  • Cek ktp online Bogor

Selain itu juga bisa dilakukan pengecekan KTP dari seluruh kota di Indonesia. Namun baik di aplikasi maupun lewat internet kamu tidak bisa cek nama ibu kandung dari ktp karena informasi tersebut sangat vital dan hanya boleh diketahui oleh orang yang bersangkutan.

2. Kartu Keluarga

Selain e-KTP, dokumen lain yang penting dan harus dimiliki oleh setiap keluarga adalah Kartu Keluarga (KK). Data di dalam KK dan KTP harus sama. Kamu bisa mengecek data KK lewat aplikasi maupun via internet. Semua data KK dari seluruh Indonesia dapat dicek antara lain:

  • Cek KK online Jakarta
  • Cek KK online Jawa Barat
  • Cek KK online Jawa Tengah
  • Cek KK online Jawa Timur
  • Cek KK online Padang
  • Cek KK online Bali, dst.
  • Akta Kematian

Kamu bisa berkunjung ke disdukcapil Semarang untuk mengurus akta kematian. Selain kelahiran, kematian juga harus dilaporkan pada negara. Hal ini agar untuk update data nasional lainnya dan sebagai dasar penentuan kebijakan pemerintah.

Selain dokumen tersebut, dokumen lain yang bisa diurus di kantor disdukcapil Batam antara lain sinkronisasi data (BPJS, Bank dll), kedatangan atau perpindahan keluar.

Baca juga: Cara Cek Online Nomor Kartu Keluarga (KK) Dengan Mudah Dan Cepat!

Dokumen Identitas Yang Wajib Dimiliki Setiap Anak Indonesia

Jika penduduk di atas 17 tahun wajib memiliki KTP yang bisa dicek melalui aplikasi cek ktp, maka anak-anak di bawah umur juga harus memiliki kartu identitas. Salah satunya adalah akta kelahiran. Setiap kelahiran bayi harus segera dibuat akte kelahiran. Bahkan jika telah lewat dari 60 hari setelah kelahiran, maka kamu bisa dikenakan denda dalam membuat akte kelahiran. Akte kelahiran ini penting untuk dimasukan data KK maupun database KIA. Anak di bawah umur wajib memiliki KIA sebagai kartu identitas. Kamu bisa mengurusnya di kantor kecamatan maupun di disdukcapil terdekat, termasuk di disdukcapil Bekasi yang beralamatkan di Jl. Ir. H. Juanda, Margahayu, Bekasi Timur, Jawa Barat.

Cara Cek KTP Via Internet Dan Aplikasi

Kemudahan akses teknologi dan informasi menuntut segala sesuatu serba cepat dan instant, termasuk juga aplikasi cek ktp yang bisa digunakan tanpa membuang waktu dan energi. Salah satu aplikasi ktp online adalah Cek KTP (Free). Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Play Store dengan ukuran 3 MB. Cara cek ktp online Indonesia melalui aplikasi ini cukup mengisi nomor KTP, maka kamu bisa melihat informasi lengkap seperti nama lengkap, jenis kelamin dan alamat lengkap. Selain KTP kamu juga bisa cek npwp apk dengan mendownload secara gratis, mudah dan cepat di internet.

Namun menggunakan aplikasi cek nik ktp ternyata beresiko disalah gunakan. Cara melihat ktp di Internet dengan lebih aman yaitu dengan mengunjungi website resmi http://dukcapil.kemendagri.go.id/. Kamu juga bisa cek ktp id & nik online di situs disdukcapil daerah seperti cek nik online Jakarta.  Namun tidak semua pemerintah daerah memiliki situs resmi cek e ktp android. Jadi kamu harus berhati-hati dalam memasukan data nomor KTP di aplikasi tersebut. Tidak ada cara mencari nik ktp berdasarkan nama, karena KTP berisi nomor unik yang berbeda untuk setiap orang walaupun namanya mirip.

Saat ini terdapat e ktp reader android yang bisa didownload secara gratis di Play Store, tetapi kamu perlu melihat review dan validitas data yang digunakan apikasi tersebut. Karena tidak semua aplikasi e-ktp valid, alih-alih mendapatkan informasi justru datamu bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun disediakan kemudahan akses malalui aplikasi cek ktp atau aplikasi cek nik, tetapi kamu harus bijak dalam menggunakannya.

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini