Fitur Baru Google! Pencarian Lagu Menggunakan Senandung dan Suil

  • Whatsapp
Fitur Baru Google! Pencarian Lagu Menggunakan Senandung dan Suil

Baru-baru ini Google menambahkan fitur baru yang berfungsi untuk mengetahui lagu mana yang ada di kepala penggunanya, pernah gak sih Sobat merasakan nada dari lagu tapi lupa judul lagunya apa? Jika belum tahu judulnya tentu kita akan sangat kepikiran hingga kita benar-benar ingat judul lagu tersebut. Nah dengan fitur baru ini, Sobat bisa bersenandung, bersiul atau bernyanyi untuk memberikan clue kepada Google dan sistem google akan mencocokan dan Sobat akan mengetahui judul lagunya dengan sangat instant.

Cara menggunakannya Sobat cukup mendapatkan versi terbaru dari Aplikasi Google selular jika sudah kalian bisa juga masuk melalui widget Google penelusuran dan klik ikon mikrofon selanjutnya coba untuk bersenandung atau bersiul selama 10-15 detik, atau bisa dengan cara yang lebih simpel dengan memanggilnya “Hai Google, Lagu apa ini?” dan kemudian bersenandunglah.

Bacaan Lainnya

Seharusnya fitur tersebut sudah tersedia di Android dalam 20 bahasa dan iOS dalam bahasa Inggris. Perusahaan mengatakan akan mengembangkan lebih banyak bahasa untuk kedua platform di masa mendatang. Sebagai informasi, fitur ini hadir didukung oleh algoritma pembelajaran mesin yang memang dikembangkan oleh Google.

Prosesnya, setelah pengguna selesai bersenandung, algoritma pembelajaran mesin akan membantu mengidentifikasi kemungkinan kecocokan lagu. Jangan takut dengan senandung Anda yang agak fales atau agak ngawur, karena nanti Google akan menyuguhkan beberapa lagu dan cek mana yang Anda cari. Ya walaupun jangan terlalu kebangetan ya ngawurnya nanti Google pusing juga untuk mencarinya.

Dikutip dari laman Google Blog, perusahaan mengatakan bahwa melodi sebuah lagu seperti sidik jari, masing-masing memiliki identitas yang unik, dan perusahaan telah membuat model mesin pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengungan, peluit, atau nyanyian dengan “sidik jari” yang tepat.

Saat Anda menyenandungkan melodi ke Penelusuran, model pembelajaran mesin kami mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi lagu. Model kami dilatih untuk mengidentifikasi lagu berdasarkan berbagai sumber, termasuk nyanyian manusia, siulan atau senandung, serta rekaman studio. Algoritme juga menghilangkan semua detail lainnya, seperti instrumen pengiring dan timbre serta nada suara. Yang tersisa adalah urutan berdasarkan nomor lagu, atau sidik jari. Tulis dalam keterangan resmi yang dipublikasi di Google Blog (15/10).

Sebagai informasi, sistem ini dibangun di atas hasil kerja teknologi pengenalan musik tim Riset AI perusahaan. Di tahun 2017, perusahaan meluncurkan Now Playing di Pixel 2 yang mana sistem menggunakan jaringan neural dalam menghadirkan pengenalan musik berdaya rendah ke perangkat selular. Pada tahun 2018, perusahaan menghadirkan teknologi yang sama ke fitur SoundSearch di Google app dan memperluas jangkauan ke katalog jutaan lagu.

Jadi tak perlu takut lagi ketika dikepala terdapat senandung, coba bersenandunglah di Google untuk mendapatkan jawaban dari lagu apa yang ada di pikiran kita.

 

Editor: Slamet

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini