Uninstal Sekarang! 21 Aplikasi Android ini adalah Adware

  • Whatsapp
21 Aplikasi Android ini adalah Adware

AndroidPonsel.com – Baru-baru ini ZDNet (26/10), melaporkan adanya 21 aplikasi yang terinfeksi adware, laporan tersebut berdasarkan temuan dari perusahaan keamanan siber Avast, yang mengatakan kesemua aplikasi temuannya berisi malware HiddenAds.

Malware tersebut digunakan untuk menghasilkan pendapatan dengan mengumpulkan data penggunanya untuk pemasaran dan mengarahkan penggunanya pada iklan. dikatakan bahwa iklan tersebut sulit dikenali karena bersembunyi di balik iklan yang relevan dan malware menampilkan dirinya sebagai aplikasi yang sah.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah daftar 21 Aplikasi yang Berisi Malware Adware

  1. Assassin Legend – 2020 NEW
  2. Cream Trip – NEW
  3. Crush Car
  4. Desert Against
  5. Find 5 Differences – 2020 NEW
  6. Find Hidden
  7. Find the Differences – Puzzle Game
  8. Flying Skateboard
  9. Helicopter Attack – NEW
  10. Helicopter Shoot
  11. Iron it
  12. Jump Jump
  13. Money Destroyer
  14. Plant Monster
  15. Props Rescue
  16. Rolling Scroll
  17. Rotate Shape
  18. Rugby Pass
  19. Shoot Them
  20. Shooting Run
  21. Sway Man

21 Aplikasi tersebut dicatat mendapatkan lebih dari delapan juta unduhan, bahkan ada kemungkinan aplikasi yang belum terdeteksi mengandung adware.

Baca juga: Cara Hilangkan Iklan, Pop Up, dan Malware di HP yang Menganggu!

Jakub Vavra, Analis Ancaman di Avast Mengatakan “Sementara Google melakukan segala kemungkinan untuk mencegah HiddenAds memasuki Play Store-nya, aplikasi jahat terus menemukan cara baru untuk menyamarkan tujuan sebenarnya, sehingga menyelinap ke platform dan kemudian ke ponsel pengguna,”. “Pengguna harus waspada saat mengunduh aplikasi ke ponsel mereka dan disarankan untuk memeriksa profil aplikasi, ulasan, dan memperhatikan permintaan izin perangkat yang ekstensif”, lanjutnya.

Selain itu Avast mengatakan bahwa pertahanan terbaik terhadap jenis aplikasi ini adalah selalu membaca ulasan secara menyeluruh, dan periksalah izin yang diminta dari aplikasi tersebut.

Jika Sobat masih kawatir dengan Aplikasi yang Anda instal, sebaiknya gunakan antivirus tambahan untuk dapat membantu memeriksa dan mencurigai setiap aplikasi yang kita gunakan.

Sebagai informasi tambahan, Google pada awal Oktober lalu telah menonaktifkan 17 Aplikasi yang terinfeksi malware Joker. Malware ini mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat, tetapi ancaman paling serius yang ditimbulkannya kepada pengguna adalah pendaftaran otomatis ke layanan protokol aplikasi nirkabel (WAP) premium, yang tentunya akan memberikan kejutan bagi yang terkena karena akan ada tagihan yang dibebankan langsung.

Editor: Slamet

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini