Apple Dilaporkan Sedang Membangun Mensin Pencari Untuk Menggantikan Google Search

  • Whatsapp
Mesin pencari Apple

AndroidPonsel.com – Pernahkah Sobat berpikir Google ada diperangkat apapun? di Android sudah dipastikan Google menjadi aplikasi default yang ada di dalamnya, jelas karena memang Android adalah produk dari perusahaan tersebut. Lantas bagaimana dengan Apple dan produk lainnya yang juga menampilkan hasil pencarian dari Google. Apakah perusahaan sekelas Apple tidak mampu memiliki mesin pencarian sendiri?

Beberapa hari yang lalu The New York Times melaporkan bahwa Departemen Kehakiman telah mengajukan gugatan antimonopoli terhadap Google, dengan jaksa penuntut mengatakan bahwa raksasa pencari tersebut menggunakan taktik ilegal untuk melindungi monopolinya dalam pencarian. Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa Google membayar Apple sekitar $ 8 hingga $ 12 miliar per tahun untuk memasang mesin pencari ke dalam produk Apple.

Bacaan Lainnya

Dilaporkan dari laman Mashable (30/10) berdasarkan sumber Financial Times mengklaim bahwa gugatan antitrust mendorong Apple untuk mulai mengerjakan produk pencariannya sendiri dengan lebih mendesak. Itu juga mengutip para ahli yang mengatakan bahwa perayap web Apple Applebot menunjukkan peningkatan aktivitas dalam beberapa minggu terakhir, yang mungkin berarti menjelajahi web untuk membangun tumpukan data yang lebih besar, yang akan berguna dalam membangun mesin pencari.

Lebih lanjut Financial Times mengklaim bahwa Apple mulai menunjukkan hasil pencariannya sendiri di iOS 14. Selain itu diketahui, pada bulan Agustus laman Coywolf memperlihatkan tanda-tanda perubahan pencarian di iOS 14. Ini mungkin berarti bahwa Apple meningkatkan upaya untuk menggantikan Google Search di perangkatnya.

Tentu saja sumber daya Apple yang sangat besar memungkinkan perusahaan membangung mesin pencari sendiri untuk perangkatnya. Tapi menyalin produk Google yang sudah sukses itu tidak mudah, walaupun Apple bisa belajar dari Apple Maps.

Pada peraktiknya, Google sudah memagang kendali menjadi penguasa mesin pencari selama dua dekade, tentunya mesin pencari yang dikembangkan bertahun-tahun tersebut membuahkan sistem yang luarbiasa, belum lagi bagi mereka yang sudah sangat terbiasa dengan Google Search.

Tapi tidak ada yang tidak mungkin di dunia teknologi, mengingat Apple memiliki sumber daya yang besar, bisa saja dimasa depan Google akan memiliki pesaing besar di bidang mesin pencari.

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini