Cara Resize Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

  • Whatsapp
Cara Resize Foto

Teknologi kamera handphone saat ini sudah sangat berkembang pesat, bahkan pada artikel ini kami buat sensor kamera HP sudah mencapai angkka 100 MP lebih! ini artinya kemampuan menangkap foto pada kamera HP sudah terbilang sangat tajam dan menghasilkan size yang besar! Kendalanya ukuran besar tersebut membuat kita harus memperkecil ukurannya guna menghemat kapasitas penyimpanan! Tapi jangan kawatir karena kami akan mengulas cara resize foto tanpa mengurangi kualitas!

Resize foto atau mengurangi kapasitas ukuran foto sehingga lebih kecil memang sangat mudah, tapi yang sulit adalah mendapatkan layanan tersebut yang benar-benar menjanjikan penurunan ukuran tapi tidak menurunkan kualitas.

Bacaan Lainnya

Belum lagi penggunaan aplikasi resize ukuran foto yang banyak macamnya dengan penggunaan yang sulit tentunya membuat Anda malas untuk menggunakannya.

Tapi tenang, apa artinya kehadiran kami kalau tidak memberikan solusi bukan? Untuk itu kami akan merekomendasikan cara resize foto dengan hasil tanpa menurusan kualitasnya.

Resize Foto Tanpa Menggunakan Aplikasi

Solusi yang kami tawarkan adalah melakukan resize foto tanpa menggunakan aplikasi alias memanfaatkan layanan berbasis website, yang Sobat perlukan hanyalah koneksi internet untuk dapat menggunakannya.

Selain itu cara resize foto secara online terbilang sangat mudah, Sobat bahkan tidak perlu melakukan pengaturan yang tidak penting untuk mengubah ukuran foto secara cepat, hanya perlu mengupload foto yang ingin di resize, mau mengubah ukuran berapa persen dan klik kompres semua akan berlangsung sangat cepat, dan foto siap untuk Sobat unduh.

Nah untuk itu kami merekomendasikan beberapa situs web yang memiliki layanan resize foto, berikut adalah situs webnya;

  1. compressjpeg.com
    posisi pertama ada compressjpeg.com, layanan web ini memiliki antaramuka yang sangat sederhana, menampilkan tampilan warna putih dengan beberapa menu di dalamnya, website ini menawarkan layanan resize foto berbagai format, termasuk jpg, png bahkan PDF, SVG dan Gif bisa kalian kecilkan di website ini, caranya;
    • Pertama tentu saja Sobat harus masuk ke halaman compressjpeg
    • Kemudian cari tombol uploud file, klik dan pilih foto yang ingin Sobat resize ukurannya, atau bisa juga langsung drag n drop ke halaman uploud nantinya foto akan langsung di proses resize dengan cepat.
    • Sobat bisa melihat hasil preview dari foto yang di resize dan unduh untuk mendapatkannya.
  2. kraken.io
    Selanjutnya Sobat bisa menggunkan layanan dari Kraken.io. Yang satu ini memang mendedikasikan layanannya untuk dapat mengecilkan resize foto, karena website ini juga memiliki produk plugin wordpress yang berbayar alias tidak gratis. Tapi Sobat bisa loh menggunakan layanan websitenya secara gratis. Jadi kita mamfaatkan saja layanan gratisnya ya. Caranya;
    • Masuk ke halaman kraken.io kemudian klik Try Free Web Interface
    • Sudah masuk kehalaman baru, pada bagian ini sobat harus uploud foto yang ingin di resize dan pilih metode pengoptimalan, Kraken menawarkan 3 pengoptimalan, Lossy, Lossless dan expret, masing-masing penjelasan bisa dilihat di bawah ini;
      • Lossy : Dikatakan bisa menghemat setidaknya 60% dari bobot file awal; Selain itu, pengoptimalan ini menggunakan algorirma cerdas yang dirancang khusus untuk selalu menghasilkan gambar dengan kualitas luar biasa, dan tidak pernah mengalami penurunan kualitas
      • Lossless : Mode ini akan menyimpan file sebanyak mungkin tanpa mengubah satu piksel pun. Gunakan mode ini jika Anda membutuhkan gambar untuk mempertahankan 100% informasi visual awalnya – seperti untuk merek sensitif dan visual pemasaran.
      • Expret : Dengan menggunakan mode ini, Anda dapat mengatur tingkat kualitas yang berbeda untuk pengoptimalan JPEG dan PNG.
    • Simpelnya Sobat bisa langsung memilih mode lossy.
    • Sayangnya untuk versi gratis Layanan website ini tidak bisa uploud ukuran foto lebih dari 1MB, jadi kalau foto Sobat berukuran lebih dari 1MB sebaiknya pindah saja ke layanan website lainnya ya.
  3. resizeimage.net
    Cara resize foto selanjutnya menggunakan layanan di website resizeimage.net, Sobat bisa langsung mengunjungi website tersebut untuk memperkecil ukuran foto dengan sangat mudah.
    Cara menggunakannya hampir sama, Sobat diharuskan mengupload foto yang ingin diresize dan memastikan semuanya sudah teruploud dengan baik.

    Bedanya di website resizeimage.net ini ada beberapa pengaturan yang cukup lengkap, Sobat bisa mengubah ukuran dimensi foto yang terletak pada bagian Crop your Image, ada juga fitur Rotate your image untuk memutar foto ketampilan berbeda, tapi kedua fitur tersebut hanya opsional saja, jadi boleh untuk tidak digunakan.

    Bagian yang penting ada di nomor 4 Resize image, 6 hasil format dari resize image dengan empat pilihan format, JPG, PNG, GIF, dan BMP, serta fitur Optimize your image dengan tiga pilihan Best image quality, Normal compression, dan Progressive compression.

Dari ke-3 layanan website untuk meresize ukuran foto menjadi lebih kecil tersebut, semuanya menawarkan fitur dan hasil yang sama. Namun antaramuka dari ke-tiganya memang berbeda. Kalau kami sih lebih memilih menggunakan layanan web nomor 3 yaitu resizeimage, selain gratis fitur yang ditawarkan cukup komplit sehingga kami bisa melakukan ujoicoba sampai menemukan ukuran yang sesuai harapan.

Akhir Kata

Itu adalah cara resize foto dengan layanan web tanpa menggunakan aplikasi, sebenarnya banyak sekali situs yang menawarkan kemampuan tersebut, tapi kami memilikh 3 situs untuk kami rekomendasikan. Sobat juga bisa loh merekomendasikannya kepada kami melalui laman komentar di bawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini