Untuk Kamera Yang lebih Stabil Xiaomi Mi 11 Akan Menggunakan ISP Tersendiri

  • Whatsapp
Render Xiaomi Mi 11

AndroidPonsel.com – Sebelumnya Qualcomm telah mengumumkan chip andalan terbaru mereka yang akan memperkuat jajaran ponsel kelas atas, yaitu Snapdragon 888.

Kini CEO Xiaomi, Lei Jun pada KTT Teknologi Qualcomm Snapdragon mengumumkan bahwa Xiaomi Mi 11 akan menjadi ponsel flagship pertama di dunia yang akan menggunakan chip Snapdragon 888.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman Sparrow News pada hari ini (04/12/2020) menunjukan bahwa Xiaomi Mi 11 dengan Snapdragon 888 akan dirilis pada Desember ini, namun baru akan dijual pada bulan Januari tahun depan.

Selain itu, Lei Jun juga merilis video promosi untuk Snapdragon 888 di akun Weibo miliknya dengan menyebutkan peningkatan terbesar dalam kinerja AI paltform Snapdargon dalam sejarah yang disertai dengan tagar #Xiaomi11.

ISP (image signal processor) dibagun pada SoC telah lama menentukan seberapa jauh kemampuan fotografi ponsel dapat digunakan, masing-masing vendor chipset Qualcomm, Kirin, dan MediaTek semuanya telah berjalan ke arah yang berbeda.

ISP adalah prosesor khusus di dalam SoC yang bertanggung jawab untuk pengelolahan gambar.

Pada Snapdragon 888 terbaru dikatakan mengintegrasikan Spectra 580 yang mendukung pengambilan gambar tiga kamera secara bersamaan dengan kemampuan proses 2,7 miliar piksel perdetik.

Snapdragon 888 sedang menuju ke arah piksel yang lebih tinggi dan resolusi yang lebih tinggi, dan ya, dukungan untuk piksel yang lebih banyak dan lebih tinggi adalah aturan praktisnya. 

Disebutkan bahwa, ISP untuk Snapdragon 888 sedang dikembangkan oleh Xiaomi akan lebih kuat dari Snapdragon 888, dan kameranya lebih stabil, tetapi pengungkapan terbaru menunjukkan bahwa ISP Snapdragon 888 telah membuat kemajuan besar, tetapi satu iterasi setahun tidak lagi cukup untuk mengikuti kemajuan citra Xiaomi, jadi Xiaomi sedang mengembangkan ISP-nya sendiri.

Sebelumnya, SoC Kirin telah menggunakan ISP mereka sendiri, dan telah dikembangkan menjadi pengolah gambar ISP 6.0, dan arsitektur fusi ISP + NPU yang pertama, yang diklaim dapat meningkatkan kecerahan 50%, dan pembatalan bising, peningkatan 48%.

Jika Xiaomi mengembangkan ISP-nya, tidak diragukan lagi itu akan menghadirkan peningkatan kamera yang lebih baik pada ponsel Xiaomi, dan juga memfasilitasi penyetelan dan pengoptimalan.

Dalam video yang dibagikan Lei Jun, di akhir video nampak ponsel dengan layar yang cerah menarik perhatian. Dari sudut pandang gaya, ponsel ini memiliki layar berpotongan tengah dengan desain lengkung ganda dan rasio layar-ke-tubuh yang sangat baik. Ini adalah Xiaomi Mi 11.

Selain itu Blogger Weibo juga membagikan ponsel Andalan yang dikatakan sebagai Xiaomi Mi 11 yang disandingkan dengan OnePlus 9, sayangnya ia hanya membagikan bagian belakang dari ponsel tersebut.

Xiaomi Mi 11

Dari gambar bagian belakang yang dibagikan tersebut, kedua ponsel MI 11 dan OnePlus 9 sama – sama berbekal tiga sensor kamera di bagian belakang.

Bagaimana kelanjutannya nanti, tentu kita harus menunggu kepastian kapan Xiaomi Mi 11 akan benar-benar resmi diluncurkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *