Cara Membuat CV Lamaran Kerja

cara membuat cv lamaran kerja

Saat ini, banyak sekalis situs yang bisa dimanfaatkan untuk membuat CV atau surat lamaran kerja. Daripada susah-susah cara membuat CV di Word, gunakan saja situs dan aplikasi yang kami rekomendasikan. Nah, untuk cara membuat CV lamaran kerja, dan tips cara membuat cv yang menarik, Sobat bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Bikin CV di PC

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Untuk membuat CV, kini Sobat bisa lakukan dengan sangat mudah, lho. Sobat bisa manfaatkan aplikasi atau situs pembuat CV, salah satunya Canva, yang bisa diakses secara gratis. Untuk cara bikin CV di PC dengan Canva, Sobat hanya perlu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

cara membuat cv lamaran kerja di aplikasi canva

  1. Pergi Ke Canva

    Langkah pertama, Sobat bisa pergi ke situs Canva.com, kemudian Sobat bisa login atau masuk. Jika belum memiliki akun, silakan buat terlebih dahulu.

  2. Cari CV di Fitur Pencarian

    Setelah masuk ke laman utama Canva, Sobat bisa klik kolom fitur pencarian, lalu tulis dengan kata kunci “CV” atau “CV ATS”. Lalu tekan enter.

  3. Pilh Template CV

    Selanjutnya, Sobat bisa pilih template CV yang ingin digunakan. Apabila Sobat ingin yang template gratis, Sobat bisa cari dengan template yang bertuliskan free.

  4. Edit CV

    Langkah selanjutnya, Sobat bisa edit-edit CV mulai dari mengganti foto, nama, menentukan font yang ingin digunakan, menggeser-geser garis, menambahkan elements, dan lain sebagainya.
    Pastikan Sobat menulis deskripsi diri dengan jelas, dan cek kembali apakah ada yang typo atau tidak.

  5. Simpan Dengan Format Yang Diinginkan

    Terakhir, Sobat hanya perlu download untuk menyimpan CV yang telah dibuat. Sobat bisa menyimpan dengan berbagai format, seperti JPG, PNG, PDF, dan lainnya. Kami sarankan sih Sobat simpan saja dengan format PDF.

Itulah cara membuat cv lamaran kerja dengan Canva yang bisa Sobat ikuti. Memang jaman sekarang banyak sekali layanan website dan aplikasi yang menawarkan kemampuan untuk membuat desain grafis dan CV online gratis dalam waktu yang singkat.

Bahkan sekarang ini semua orang bisa membuat desain sederhana bahkan membuat logo dengan sangat mudah dari layanan Canva.

Canva adalah aplikasi desain grafis yang mengakomodasi keperluan desain baik untuk sosial media dan materi kreatif lainnya secara online, bahkan orang awam yang tidak mengerti desain akan sangat mudah menggunakannya.

Mungkin sebagian besar orang yang sehari-harinya bergelut dengan dunia desain grafis atau sekalipun orang awam tentu mengenal sedikit atau banyak tentang aplikasi Canva. Aplikasi desain yang sangat kompleks ini, mampu membantu setiap orang memungkinkan melakukan desain dengan baik dan apik lho! Karena pada aplikasi ini sangat lengkap, sobat hanya tinggal menambahkan sedikit kreatifitas sobat saja!

Dengan tools dan fiturnya yang lengkap, aplikasi ini kian populer hingga kini walau sering diperdebatkan oleh para designer karena menjadi persaingan yang kuat. Nah dengan aplikasi Canva, memungkinkan sobat untuk membuat seperti Banner, Pamflet, Spanduk, Logo, Instagram Post, Instagram Stories, bahkan CV (Curiculum Vitae), dan banyak lainnya.

Cara Membuat CV di HP Secara Online dan Gratis

Cara Membuat CV di HP Secara Online dan Gratis

Jika Sobat ingin membuat CV di HP secara online gratis, Sobat juga bisa memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuatnya. Karena di dalam Canva terdapat beragam template CV yang siap Sobat gunakan. Sobat hanya perlu menambahkan beberapa kreasi dan memaasukan data diri saja.

Selain itu, sobat juga bisa menggunakan berbagai warna, font, garis, dan bentuk-bentuk (shapes). Tanpa berlama-lama berikut adalah cara membuat CV dengan mudah di Canva.

  • Pertama, silahkan sobat buka aplikasi Canva. Jika sobat belum memilikinya, silahkan sobat download dan install terlebih dahulu ya melalui play Store pada Android, dan Apps Store pada iOS. Tenang saja, untuk mengunduhnya gratis kok.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Jika sudah, sobat bisa lihat terdapat kolom pencarian di sisi atas. Nah disini sobat tinggal masukkan kata kunci “CV”, lalu klik ikon kaca pembesar pada keyboard sobat untuk mulai mencari templates-nya.
Membuat CV Online Gratis
  • Nah nantinya akan keluar ribuan template yang bisa sobat pilih. Disini warna dan modelnya beragam sobat bisa scroll terus ke bawah untuk menemukan yang cocok.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Jika sekiranya sobat sudah menemukan template yang cocok, sobat bisa klik template tersebut dan klik juga tombol ”Edit” untuk mulai mengedit CV tersebut.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Yup, tinggal sobat ubah-ubah saja deh data diri yang sudah ada di template dengan data diri sobat, begitu juga fotonya, sobat bisa mengganti dengan foto sobat.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Apabila Sobat tidak puas dan ingin menambahkan, sobat tingggal pilih tools di bagian bawah misal text untuk menambahkan, atau image untuk menambahkan foto, Menambahkan Video, sticker, ilustrasi, dan macam lainnya.
  • Jika sobat juga tidak puas dengan warna template, sobat juga bisa mengubahnya kok, dengan klik bagian sisi mana yang ingin sobat ubah warnanya, dan tinggal pilih ingin mengganti dengan warna apa.
  • Jika sudah selesai mengedit CV-nya, sobat bisa menyimpannya sebagai image atau gambar dengan pilih ikon Save dengan tanda panah ke bawah.
  • Kalau Sobat ingin menyimpan hasil CV yang telah dibuat dengan format lain atau ingin share ke platform lain, sobat tinggal pilih ikon tanda panas ke atas pada sisi pojok kanan atas.
Cara Membuat CV Online Gratis di Canva
  • Selesai!

Perlu digaris bawahi, Canva sendiri mempunyai fitur Mode Premium atau berbayar. Jika sobat menggunakan mode premium atau berbayar, sobat akan bisa menggunakan seluruh template atau fitur lainnya tanpa terkecuali.

Namun jika sobat menggunakan Mode Free atau gratisan, sobat hanya bisa menggunakan beberapa template dan fitur saja. Tapi tenang saja, meski gratis, template dan fitur yang ditawarkan banyak sekli dan tetap bagus.

Cara Buat CV di Situs CVMaker

Cara Buat CV di Situs CVMaker

Selain cara buat CV di aplikasi Canva, ada juga situs CVMaker yang bisa Sobat manfaatkan. Memang sebenarnya ada banyak sekali situs atau aplikasi lainnya yang bisa kita gunakan untuk membuat CV yang menarik.

Berhubung ketika kami cari tahu bahwa situs CVMaker adalah situs yang direkomendasikan, karena memungkinkan kita dapat membuat CV hanya dengan mudah, dan bisa mencari template yang diinginkan, maka kami akan menjelaskan cara membuat cv lamaran kerja dengan CVMaker.

  • Pertama, silakan Sobat buka browser di HP atau di Komputer. Terserah saja gunakan browser yang mana.
  • Setelah itu, Sobat bisa pergi ke situs CVmaker, atau lebih mudahnya langsung saja copas url berikut https://www.cvmaker.co.id/.
  • Setelah masuk, Sobat bisa langsung klik tombol “Buat CV Anda” yang berwarna biru. Apabila Sobat ingin mencari-cari template terlebih dahulu yang sekiranya cocok, Sobat bisa klik opsi Templat CV di bagian atas, maka Sobat akan melihat berbagai pilihan template gratis dan berbayar.
  • Pada form yang tersedia, tinggal Sobat masukkan saja detail data diri pribadi Sobat, seperti foto, nama lengkap, kontak, pengalaman bekerja, pengalaman edukasi, dan lain sebagainya.
  • Kalau sudah, tinggal cetak saja dengan format yang diinginkan.

Bagaimana? sangat mudah bukan cara buat CV lamar kerja via situs CVmaker? silakan Sobat andalkan jika Sobat mencari situs selain Canva ya.

Tips Cara Membuat CV Yang Menarik

Cara Membuat CV Yang Menarik

Tentunya kita sering melihat tips-tips bagaimana agar CV kita terlihat menarik dan benar. Saat kami mendalami lebih dari berbagai situs, ternyata CV menarik itu bukan hanya kita memperhatikan desain semata, namun juga isi serta gaya penulisan yang sesuai.

Dengan kata lain, jika Sobat adalah pekerja seni seperti potografer, videographer, desainer, dan lainnya, maka Sobat harus mengedepankan desain CV yang unik dan menarik walau juga boleh ATS friendly, serta adanya portofolio.

Jika Sobat ingin melamar pekerjaan dengan lowongan kerja yang tidak terlalu mengedepankan nilai-nilai seni visual seperti teller bank, admin officer, gudang / warehouse, programmer, copywriter, dan sebagainya, Sobat bisa membuat CV ATS friendly dengan gaya yang sederhana, namun padat dan jelas.

Bagi yang belum tahu, ATS (Applicant Tracking System) adalah suatu sistem atau software yang digunakan suatu perusahaan atau website lowongan kerja untuk mengumpulkan resume dan menyeleksinya sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Dengan kata lain, software ATS akan menyaring CV calon karyawan yang memenuhi standar penulisan atau desain (ATS Friendly). Nah, di bawah ini kami bagikan beberapa tips cara membuat CV yang menarik yang kami himpun salah satunya dari Glints.com:

Buat CV Secara Singkat, Padat, dan Jelas

Tips pertama yaitu usahakan Sobat membuat CV dengan ringkas dan jelas. Hal ini bertujuan agar tidak membingungkan recruiter, terlebih jika recruiter menggunakan software ATS.

Maka Sobat bisa usahakan membuat CV seringkas mungkin, mulai dari deskripsi diri, lulusan, pengalaman, dan sebagainya, jangan sampai lebih dari dua halaman. Di CV, Sobat bisa masukkan data-data pribadi dengan jelas dan padat di setiap kolomnya.

Untuk kolom deskripsi diri, usahakan Sobat juga hanya menjelaskan atau menonjolkan skill-skill yang Sobat kuasai saja agar di deskripsi tidak terlalu panjang.

Cantumkan Pengalaman Yang Relevan

Tips kedua untuk cara membuat CV yang menarik recuriter, yaitu usahakan dalam CV Sobat menyantumkan pengalaman atau projek yang telah Sobat buat relevan dengan pekerjaan yang akan Sobat lamar di perusahaan.

Dengan kata lain, ketika Sobat ingin menaruh lamaran di lowongan Content Writer SEO, Sobat bisa tulis pengalaman atau artikel di situs / blog apa yang pernah Sobat buat.

Menulis pengalaman atau projek di CV bisa menjadi nilai plus untuk dilirik oleh recruiter. Apabila Sobat fresh graduate atau belum memiliki pengalaman dan projek yang dikerjakan, Sobat bisa menulis hard skill atau soft skill yang dikuasai selama masa kuliah, misal seperti public speaking, menguasai bahasa asing, menguasai Microsoft Office, dan sebagainya.

Gunakan Kata-Kata Atau Kalimat Yang Punya Power

Tips ketiga agar CV Sobat terlihat menarik yaitu bisa menyisipkan kata dan kalimat yang memiliki power. Para recruiter biasanya melihat dari segi pemilihan kata.

Jika Sobat masih bingung, contohnya seperti ini; biasanya Sobat sering bukan melihat contoh CV dengan menyantumkan kata”pekerja keras”? Nah, kata tersebut bisa Sobat ganti dengan kata yang cukup punya power, seperti “kreatif”.

Ini hanya contoh saja ya, sebab kata “pekerja keras” seringkali digunakan oleh para pelamar, hal ini bisa membuat CV tidak menarik dan terlalu biasa di mata recruiter.

Tapi ini juga tergantung dari recruiternya ya, jadi tidak bisa dipukul rata apakah recruiter lebih menyukai pergantian kata seperti itu. Kendati begitu, kita harus sadari bahwa sekarang sudah jaman-jamannya orang makin kreatif, jadi pastikan juga kita ikut kreatif, karena recruiter juga banyak yang masih memiliki jiwa muda dan gaul.

Dengan begitu, Sobat bisa pilih kata-kata yang tepat dan memiliki power untuk dimasukkan ke dalam CV Sobat ya.

Sisipkan Keyword Yang Relevan

Banyak yang tidak sadar, bahwa menyisipkan kata kunci atau keyword yang relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar, akan membuat CV semakin menarik dan mudah dicari.

Sebagai contoh, Sobat bisa memasukkan keyword yang relevan dengan posisi yang dilamar misal posisi SEO Content Writer atau SEO Specialist. Maka Sobat bisa memasukkan keyword yang sekiranya relevan, seperti SEO, SEM, content writer, copywriter, Google Trends, SEO Tools, LSI, seacrh engine, dan lain-lain.

Keyword tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya skill yang Sobat masukkan tersebut akan membantu Sobat untuk meyakinkan bahwa Sobat adalah calon yang berkualitas dan cocok untuk bekerja di posisi yang dilamar di mata recruiter.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, keyword ini juga akan membantu CV Sobat guna lebih mudah ditemukan oleh rekruter saat mereka mencari kandidat di aplikasi pencari kerja seperti LinkedIn.

Cek Tata Bahasa, Pastikan Tidak Ada Typo

Setelah selesai membuat CV, Sobat bisa cek tata bahasa, serta apakah ada kesalahan huruf / typo pada CV. Apabila Sobat menulis dengan bahasa Inggris, pastikan Sobat mengecek kembali apakah ada salah dalam grammar-nya. Biasanya kalau salah dalam grammar, maka arti dalam kalimat tersebut juga akan berbeda.

Jadi, untuk mengantisipasi CV Sobat memiliki tata bahasa / grammartypo, dan lain-lain, Sobat bisa membaca ulang CV pelan-pelan ya, dan manfaatkan situs atau aplikasi pengecek tata bahasa Inggris atau Indonesia seperti Grammarly, atau juga bisa meminta bantuan teman yang telah berpengalaman dalam penulisan CV.

Gunakan Font Sekiranya Yang Mudah Dibaca

Supaya CV Sobat mudah dibaca oleh recruiter, Sobat wajib menggunakan font atau gaya huruf yang mudah dibaca. Biar bagaimanapun, recruiter pasti akan menerima banyak sekali lamaran, dan tentu saja, guna mempermudah CV kita terbaca kita harus menggunakan font yang sesuai.

Memang tips ini bisa dilihat sangat sepele, akan tetapi dalam membuat CV yang menarik, pastikan font yang digunakan terlihat profesional, bukan font yang sembarangan yang sulit dibaca.

Rekomendasi font yang bisa Sobat gunakan yaitu Times New Roman, Arial atau Calibri. Jika menggunakan situs pembuat CV lain, gunakan juga font yang menurut Sobat standar dan sangat mudah dibaca ya.

Tuliskan Kontak Yang Bisa Dihubungi (Aktif)

Jika Sobat yang pernah melamar pekerjaan dan diterima pastinya sudah mengetahui, bahwa pihak recruiter akan menghubungi lewat kontak yang kita tulis apabila kita lolos ke tahap selanjutnya.

Menurut informasi yang kami himpun, pencantuman Kontak dalam CV begitu penting bagi rekruter untuk menghubungi calon karyawan untuk tahap selanjutnya. Dengan begitu, Sobat bisa cantumkan nomor handphone atau email yang aktif dan sekiranya sering Sobat akses agar saat adanya panggilan untuk tahap interview atau wawancara, Sobat bisa langsung mengetahui dan membalasnya.

Ada lagi, pastikan nama email Sobat terlihat profesional ya, dan usahan alamat email Sobat jangan terlihat nyeleneh seperti indragantengsadboi@gmail.com. Pastikan gunakan nama email yang simpel dan profesional seperti Indramaulana14@gmail.com.

Nah, itulah beberapa tips cara membuat CV yang menarik yang bisa Sobat ikuti. Pastikan sebelum membuat CV, Sobat juga tahu betul posisi yang akan dilamar, dan kira-kira bagaimana tipe perusahaan tersebut.

Cara Membuat CV Yang Menarik Hanya Dengan 10 Menit, Simak Tips di Videonya

Nah, kami juga cantumkan video pembuatan CV dari channel Youtube Eza Hazami, Sobat bisa ikuti tips-tips dan tutorial pembuatan CV dengan cara mudah.

Baca Juga : Cara Membuat Logo Melalui Handphone Dengan Aplikasi!

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara membuat CV lamaran kerja dan tips cara membuat CV yang menarik yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? Sangat mudah bukan cara membuat CV? Silahkan deh sobat ikuti langkah-langkahnya. Jika ada pertanyaan atau saran, sobat bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah ya. Selamat mencoba dan semoga sukses! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.