Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart Di HP Dengan Mudah

  • Whatsapp
Aplikasi Cara Membuat Flowchart

Sobat ingin membuat Flowchart atau diagram alur dengan aplikasi? Namun sobat belum mengetahui aplikasi apa untuk membuat flowchart atau diagram alur? Tenang, disini kami akan bagikan infomasi mengenai aplikasi dan cara untuk membuat flowchart!

Ditengah pandemic Covid-19 ini, nampaknya sangat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar, mulai dari TK bahkan sampai Mahasiswa proses belajar mengajar mengalami pergeseran atau penggantian metode belajar. Yup salah satunya belajar online atau jarak jauh atau daring yang dilakukan dari rumah masing-masing.

Bacaan Lainnya

Karena belajar daring tersebut, baik modul-modul materi maupun tugas-tugas yang dikumpulkan, semuanya menggunakan soft copy atau berupa file, hal ini sedikit menjadi masalah, mengingat banyak materi atau praktek yang tidak efektif jika tidak dilakukan secara langsung. Nah salah satunya tugas flowchart ini.

Mungkin saat masih pembelajaran offline atau langsung, membuat flowchart sangat mudah karena bisa langsung di tulis di kertas dan itu cukup efektif, nah karena pembelajaran jarak jauh, para pelajar harus mengumpulkannya via file document, hal ini tentu perlu adaptasi lagi dan dibutuhkan aplikasi untuk membuatnya. Lalu apa sih aplikasi tersebut? Yuk simak di bawah ini.

Pengertian Flowchart / Diagram Alur Menurut Para Ahli?

Sebelum itu, sobat perlu ketahui dahulu arti flowchart atau diagram alur menurut para pakar atau ahli, supaya ketika sewaktu-waktu sobat ditanya oleh dosen, sobat mampu menjawabnya. Berikut pengertiannya :

  • Menurut Sariadin Siallagan

Flowchart ialah suatu diagram alir yang dapat menerapkan tanda untuk menyempurnakan suatu persoalan.

  • Menurut Pahlevy (2010)

Flowchart (bagan alir) merupakan sebuah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan suatu arah alur program tersebut.

  • Menurut Indrajani (2011)

Flowchart yaitu salah satu gambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program.

  • Menurut Krismiaji

Flowchart ialah suatu cara logis yang digunakan untuk dapat mendeskripsikan bagian sistem informasi secara jelas, tepat dan logis.

  • Menurut Jogiyanto

Flowchart ialah suatu diagram yang dapat menampilkan flow di dalam rancangan atau metode sistem secara logika.

Apa Nama Aplikasi Untuk Membuat FlowChart?

Aplikasi untuk membuat flowchart salah satunya adalah DrawExpess. Aplikasi DrawExpress sendiri bisa sobat gunakan melalui HP. Aplikasi ini bisa sobat download di Play Store untuk android, dan Apps Store untuk iOS. Sobat bisa mengunduhnya secara Cuma-Cuma alias gratis!

Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart

Aplikasi ini sangat ringan hanya berukuran 11 Mb saja. Selain itu, bukan hanya untuk membuat flowchart, dengan aplikasi ini sobat juga bisa membuat use case, diagram activity, struktur jaringan, dan lain sebagainya. Cukup lengkap bukan?

Bagaimana Cara Membuat FlowChart di Aplikasi DrawEpress

  • Pertama dan sudah pasti, sobat bisa unduh dan install terlebih dahulu aplikasi tersebut di smartphone.
  • Jika sudah, silahkan sobat buka aplikasi tersebut, dan sobat akan masuk ke tampilan awal.
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Langsung saja, untuk membuatnya sobat bisa klik Ikon Plus atau Tambah di pojok kanan bawah, lalu dilanjutkan dengan memilih New Diagram.
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Selanjutnya, silahkan sobat beri nama flowchart yang akan sobat buat ya!
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Sobat akan masuk ke laman pembuatan. Sobat bisa mengenali dahulu tools-ny, disana ada beberapa tools, dan salah satunya Syombol. Nah Symbol-simbol termasuk symbol Flowchat bisa sobat lihat dan gunakan dengan meng-klik ikon galeri di sisi atas kanan layar. Nah sobat bisa lihat symbol-simbolnya secara lengkap.
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Nah untuk membuat symbol flowhchart juga sangat mudah, jika tidak ingin repot membuka tools symbol, sobat bisa langsung gambar saja disitu. Misal ingin membuat elips sebagai awalan flowchart, sobat tinggal gambar elips saja, nanti otomatis akan muncuk ikon elips, begitupun symbol-simbol yang lainnya selagi gambar sobat bisa dikenali.
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Untuk membuat garis penghubungnya pun sangat mudah, tinggal sobat Tarik saja symbol satu ke symbol lainnya, nanti akan otomatis membuat garis penghubung.
  • Untuk membuat arah dari garis penghubung seperti panah, juga sangat mudah lho. Sobat tinggal menggambar panah ke arah yang diinginkan seperti contoh di gambar.
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Untuk mengisi tulisan di dalam symbol, sobat tinggal klik dua kali pada symbol, dan muncul layer untuk menulis teks.
  • Nah jika flowchart sobat memiliki symbol decision, otomatis simbol decision ini berarti memiliki dua kemungkinan dan pilihan seperti ya atau tidak. Untuk membuat ya atau tidaknya sendiri, sobat tinggal double klik saja ke bagian mana yang ingin sobat sisipkan, dan nanti akan muncul layer teks, silahkan tulis.
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Nah silahkan deh sobat selesaikan flowchart nya dan jangan lupa untuk dirapihkan.
  • Jika sudah selesai, namun sobat belum puas dengan warnanya, tenang saja! Sobat bisa memilih tema warna flowchart sobat dengan klik ikon wadah cat di sisi atas, lalu piih “Style Options” dan nantinya akan keluar beberapa tema warna yang bisa sobat terapkan.
  • Jika sekiranya sudah selesai dan yakin, sobat bisa pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Quick Save jika ingin menyimpannya. Oh iya, sobat juga bisa mengeksport dengan format lain misal PDF atau JPEG, sobat tinggal memlih “Export” Saja.
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Sobat juga bisa membagikan atau mengirim melalui beberapa platform seperti Whatsapp, Gmail, dan lain sebagainya.
Aplikasi dan Cara Membuat Flowchart
  • Selesai!

Daftar Aplikasi Rekomendasi Lainnya Selain DrawExpress

Ada banyak daftar apkikasi rekomendasi selain menggunakan DrawExpress, tapi kami sangat merekomendasikan menggunakan DrawExpress karena memang memiliki fitur yang cukup lengkap dan ringan digunakan.

Tapi jika Sobat ingin mencoba aplikasi lainnya untuk digunakan di HP, berikut adalah daftar lengkapnya;

  • Free Flowchart Offline Template > Download

Diatas itu adalah beberapa aplikasi serupa yang bisa sobat gunakan sebagai alternatif pembuatan flowchart atau diagram alur.

Baca Juga : Cara Membuat Label Undangan Dengan Mudah!

Akhir Kata

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan aplikasi dan cara membuat Flowcard tersebut? Silahkan sobat coba ya! Selamat mencoba dan mengerjakan tugas!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *