Xiaomi Mi 11 Punya Fungsi Sensor Sidik Jari Ganda

  • Whatsapp
Xiaomi Mi 11

AndroidPonsel.com, 29 Desember 2020 – Seperti yang sudah kita ketahui, Xiaomi akan meluncurkan Mi 11 pada Awal tahun 2021 di negara asalnya. Walaupun belum ada informasi kapan akan diluncurkan secara global, tapi kita sudah mengetahui spesifikasi dan teknologi yang ditawarkan dari ponsel Andalan terbaru mereka.

Salah satu fitur yang menarik perhatian adalah sensor sidik jari yang dikatakan memiliki fungsi ganda, sebagai monitor detak jantung, seperti yang diberitakan XDA developers, pada (28/12).

Bacaan Lainnya

XDA Developers, mendapatkan bocoran tersebut dari pihak Vendor Goodix yang membuat layar optik untuk Xiaomi Mi 11.

Selain itu dari akun Twitter Goodix juga melakukan Tweet dengan caption “#XiaomiMi11 Features Heart Rate Monitoring by Goodix’s Ultra-Thin Optical IN-DISPLAY FINGERPRINT SENSOR™”.

Pengukuran detak jantung melalui pemindai sidik jari tersebut menggunakan tekni bernama photoplethysmography (PPG).

Sayangnya fitur yang cukup menarik tersebut mendapatkan kritik karena ketidak akuratannya. Hal ini diketahui dari makala yang diterbikan di laman Nature , ada tiga area di mana PPG dikatakan gagal: jenis kulit yang beragam, artefak gerak, dan persilangan sinyal.

Selain itu XDA Develpers juga mengatakan, penggunaan teknik PPG juga bisa diterapkan pada smartphone sebelumnya yang sudah menggunakan pemindai sidik jari di bawah layar optik, tetapi itu hanya masalah mencari tahu cara mengambil gambar jari dari pemindai dan menentukan detak jantung berdasarkan perubahan pada gambar.

Perlu diketahui, Pada bulan September lalu Xiaomi menambahkan dukungan pemantauan detak jantung menggunakan kamera dan flash LED ke aplikasi Mi Health. Tentu saja fitur tersebut masuk akal untuk pengalaman yang lebih terintegrasi.

Meskipun PPG bukanlah cara paling akurat untuk mengukur detak jantung Anda, ini adalah cara yang mudah untuk mengetahui detak jantung Anda saat Anda tidak memiliki akses ke peralatan medis profesional.

Tentu saja sensor sidik jari bukan satu-satunya fitur yang menarik dari Xiaomi Mi 11, karena masih banyak fitur yang ditawarkan ponsel andalan Xiaomi ini termasuk kamera, dan juga performa dari chip prosesor Snapdragon 888 terbaru.

Xiaomi Mi 11 sudah tersedia secara pre-order di Cina dengan harga CNY 3.999 (Dalam Rupiah sekitar 8,6 jutaan) untuk varian 8GB + 128GB, CNY 4.299 (Dalam Rupiah sekitar 9,5 jutaan) untuk varian 8GB + 256GB, dan CNY 4.699 (Dalam Rupiah sekitar 10 jutaan) untuk varian 12GB + 256GB .

Tentu saja harga diatas akan berbeda jika sudah diluncurkan secara global, termasuk jika masuk ke Indonesia. Jadi kita nantikan saja kabar selanjutnya ya. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar