Ragam Jenis Ukuran ID Card dan Cara Mudah Membuatnya

  • Whatsapp
ukuran id card

Bingung menentukan ukuran ID card yang tepat? Tentu saja tanda pengenal boleh salah, untuk itu kami akan ulas berbagai ukuran yang bisa Sobat gunakan.

Bagi sobat sudah bekerja atau terdaftar organisasi, pastinya sudah tidak asing bukan dengan kehadiran ID Card? ini adalah sebuah kartu yang berisi Identitas seseorang, dan juga menandakan bahwa orang itu adalah salah satu anggota yang terdaftar.

Bacaan Lainnya

Tentunya ID Card bisa sangat membantu mengenali satu sama lain. Fungsi ID card saat ini juga lebih banyak, selain sebagai hanya tanda pengenal, nyatanya beberapa ID card sekarang bisa digunakan sebagai E-Money yang bisa digunakan untuk Absen, TOL, Tiket kereta, Bus, dan sebagainya.

Nah jika sobat salah satu orang yang sedang mendirikan organisasi atau semacamnya, pasti ingin membuat ID card bukan? Daripada bingung menentukan ukuran, sobat perlu ketahui dahulu agar tidak salah ya!

Bagaimana Ukuran ID Card yang Tepat?

Ukuran id card
image by freepik.com

Menurut beberapa sumber, berikut adalah ukuran standar ID Card yang tepat;

Ukuran (mm)Ukuran (cm)Contoh Penggunaan Pada ID Card
85,60 x 53,98 mm (Standar ISO )8,56 x 5,39 cmE-KTP, Kartu Debit, Kartu ATM, dan Name Tag Karyawan / PNS
90 x 53 mm9,0 x 5,3 cmKartu mahasiswa, kartu pelajar, kartu nama pribadi / perusahaan
105 x 74 mm10,5 x7,4 cmName tag Panitia event, Name tag panitia Pemilu

Berikut adalah ukuran yang tepat, serta contoh masing-masing ID Card yang sering kita jumpai, agar sobat memiliki gambaran yang tepat.

Apa Saja Software / Aplikasi Untuk Membuat ID Card

Sebenarnya banyak sekali software ataupun aplikasi baik di Komputer maupun Mobile untuk membuat ID Card, namun kami rekomendasikan beberapa aplikasi yang penggunaannya mudah, sekaligus memiliki tools yang lengkap. Apa saja itu?

  • Canva
Ukuran ID Card
canva.com

Kami jamin sobat tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi ini! Nah Canva sendiri adalah aplikasi editing grafis yang sangat lengkap. Disini memungkinkan sobat untuk menggunakan ribuan template yang bisa sobat sesuaikan.

Aplikasi ini bisa digunakan di Smartphone, maupun di PC / Komputer. Aplikasi ini juga gratis, namun untuk bisa mendapatkan fitur yang super lengkap, sobat bisa berlangganan dengan harga yang terjangkau. Silahkan Sobat coba ya!

  • CorelDraw
Ukuran ID Card

Aplikasi andalan untuk editing ID Card salah satunya adalah dengan menggunakan Corel Draw. Aplikasi komputer ini sudah sangat terbukti lho untuk mendesain. Dengan Aplikasi ini sobat mendapatkan fitur yang lengkap, biasanya sih kalangan profesional yang menggunakan aplikasi ini, tentu dengan fitur yang kompleks akan menghadirkan desain ID card yang ciamik.

  • PicsArt
Ukuran ID Card

Selanjutnya ada aplikasi PicsArt. Ya pasti sobat sudah mengenal bukan aplikasi yang bisa diakses di komputer maupun di HP ini? nah disini juga sobat bisa membuat ID Card denga mudah lho. Silahkan sobat coba ya!

  • Photoshop
Ukuran ID Card

Ya, pasti semua sobat sudah tau tentang aplikasi ini ya, Aplikasi ini memang sangat terkenal dikalangan desainer, tentu saja tidak hanya membuat ID Card kebutuhan desain mampu dilibas dengan software besutan Adobe ini. Tentu saja untuk menggunakannya Sobat harus membeli lisensinya ya.

Bagaimana Ukuran Yang Cocok Untuk Masing-Masing Ukuran ID Card?

Sebenarnya ada banyak jenis ukuran yang bisa digunakan, Jadi Sobat bisa mengukurnya dan menyesuaikan mana yang cocok untuk Anda buat. Berikut adalah daftar ukurannya;

  • ID Card B1 : kertas 10.2 cm x 6.5 cm.
  • ID Card B2 : kertas 12.6 cm x 7.9 cm.
  • ID Card B3 : kertas 12.6 cm  x 9.5 cm
  • ID Card B4 : kertas 13.5 cm x 9.5 cm, sementara untuk plastik yang melindunginya berukuran 15 cm x 10.5 cm.
  • ID Card A1 : kertas10 cm x 6.8 cm
  • ID Card A2 : kertas10.6 cm x 8.2 cm.

Baca Juga : Apa Itu ukuran foto 3r? Berapa Ukuran Aslinya Dalam MM, CM dan Inchi?

Akhir Kata

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan kira-kira gambaran untuk membuat ID Card? Silahkan sobat ikuti ya agar ukuran ID Card menjadi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Oh iya, kami sangat merekomendasikan sobat untuk membuatnya dengan Canva, karena selain mudah juga disana sudah disediakan template, jadi sobat tinggal memilih saja. Okedeh cukup sekian, semoga sukses!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *