Cara Mematikan Keyboard Laptop Dengan Mudah!

  • Whatsapp
Cara Mematikan Keyboard Laptop

Sedang mencari cara untuk mematikan keyboard laptop? Tentu di sini ada jawabannya! Pastikan membaca dengan lengkap ya.

Saat menggunakan laptop, kita tidak bisa terlepas dari kegiatan mengetik yang mengharuskan pengoprasian Keyboard yang merupakan komponen penting dalam penggunaan laptop.

Bacaan Lainnya

Namun kadangkala terdapat pengguna yang menggunakan keyboard eksternal sebagai pengganti keyboard uatam di laptop, alasannya macam-macam seperti keyboard utama yang sudah rusak, atau terkait kenyamanan menggunakan keyboard eksternal, dan lainnya.

Nah jika sobat sedang melakukan aktivitas di laptop yang tidak perlu menggunakan keyboard, misal menonton film, atau juga sedang menggunakan keyboard eksternal, tentunya kita ingin mematikan keyboard utama agar keyboard tersebut tidak mengganggu, misal terpencet.

Disini kami akan bagikan 2 cara untuk mematikan keyboard laptop yang bisa sobat ikuti, berikut langkah-langkahnya :

Cara Mematikan Keyboard Laptop Dengan Mudah

Masuk ke Device Manager

  • Pertama, silahkan buka Laptop sobat, setelah laptop sudah dijalankan, sobat bisa buka “Device Manager” . untuk mudahnya, sobat bisa menggunakan cara klik kanan pada tombol Start (logo Windows di pojok kiri bawah). Atau cara mudahnya bisa langsung mengetikan kata pencarian di kotak penjarian.
  • Lalu nantinya akan muncul pop up, silahkan Pilih Device Manager .
  • Jika sudah masuk ke menu Device Manager, disini nantinya akan mendeteksi banyak perangkat. Silahkan sobat bisa klik pada menu “Keyboard” 
  • Selanjutnya bisa pilih keyboard internal yang terdeteksi pada menu tersebut. nah disini namanya biasanya “Standard / PS2 Keyboard” .
  • Jika sudah, sobat bisa klik kanan “keyboard”, lalu pilih “Update Driver Software” .
  • Selanjutnya silahkan sobat lanjutkan dengan meng-klik “Browse My Computer untuk Software Driver“.
  • Kemudian sobat bisa klik opsi “Biarkan Saya Memilih Dari Daftar Perangkat” .
  • Nantinya terdapat beberapa pilihan, nah disini silahkan sobat hilangkan centang pada menu “Show Compatible Hardware” . maka dari itu nantinya akan muncul berbagai perangkat yang tidak terpasang karena tidak kompatibel dengan laptop sobat.
  • Langkah selanjutnya sobat bisa pilih salah satu opsi yang driver -nya tidak sesuai dengan laptop sobat. Apa saja terserah sobat.
  • Nah jikalau sudah, nantinya disini akan muncul sebuah konfirmasi. Langsung saja sobat pilih “Yes” .
  • Cara ini bertujuan untuk membuat keyboard driver yang terpasang di laptop menjadi nonaktif, dengan cara menjadi tidak cocok atau tidak kompatibel dengan laptop sobat akibat device yang diubah.

Note : Trik ini berlaku dan dapat diterapkan di berbagai versi laptop, sebut saja seperti laptop ASUS, Acer, HP, Dell, dan sebagainya selagi menggunakan OS Windows.

Menggunakan Kombinasi Keyboard (shortcut keys)

Jika sobat kesulitan dengan cara diatas, sobat bisa menggunakan cara yang paling mudah dan kira-kira bakal dimengerti oleh setiap pengguna laptop. Yup menggunakan itur bawaan yang terdapat di keyboard.

Namun sayangnya tidak semua keyboard di laptop memiliki tombol ini, untuk memastikannya, sobat silahkan coba periksa tombol antara F1 sampai F12. Jika sobat beruntung keyboard sobat terdapat tombol dengan ikon atau gambar keyboard.

Jika ada, sobat bisa langsung menekan kombinasi tombolnya dengan cara klik bersamaan antara tombol ikon keyboard + FN atau juga bisa dengan tombol ikon keyboardCtrl + Alt .

Nah cara lainnya sobat juga dapat mengecek di bagian sisi samping kiri atau kanan laptop sobat, karena pada beberapa versi laptop, disana terdapat juga tombol khusus untuk perangkat, dan keyboard termasuk salah satunya. Silahkan sobat coba!

Baca Juga : 3 Cara Mudah Mengunci Folder di Laptop

Akhir Kata

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara mematikan keyboard laptop tersebut? sobat bisa pilih diantara kedua opsi yang sudah kami jabarkan. Agar berhasil, silahkan ikuti dengan tepat ya! Okedeh semoga berhasil! 😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *