Cara Ubah Tablet, HP dan Laptop Tak Terpakai Jadi Monitor PC

  • Whatsapp
Ubah Tablet dan HP Jadi Monitor PC Tambahan

Jika Sobat sedang membutuhkan monitor PC tambahan untuk menunjang produktifitas tapi terhalang buget keuangan yang masih terbatas, coba yuk manfaatkan yang ada terlebih dahulu. Dan di sini kami akan berbagi informasi cara ubah tablet atau HP jadi monitor PC sehingga bisa menjadi monitor kedua Anda.

Cara Ubah Tablet dan HP Jadi Monitor PC dengan Deskreen

Cara kali ini, kita akan memanfaatkan software bernama Deskreen. Melalui laman resminya, kami mengetahui Deskreen adalah aplikasi desktop gratis yang menjadikan perangkat apapun termasuk Tablet, HP dan Laptop untuk mencerminkan seluruh tampilan perangkat PC ke perangkat yang disebutkan diatas melalui Browser web dengan menggunakan layanan WiFi atau Lan.

Bacaan Lainnya

Selain itu pengguna dapat membatasi Deskreen unntuk memilih hanya satu tampilan jendela apliksai untuk ditampilkan, dan ini sangat berguna ketika digunakan untuk melakukan presentasi

Dan Fitur utama dari Deskreen adalah menjadikan perangkat apapun termasuk Tablet, HP bahkan layar laptop tak terpakai menjadi layar kedua, untuk mendapatkan pengalaman PC desktop dengan dua layar.

Namun perlu digaris bawahi, untuk mendapatkan pengalaman desktop yang lebih baik, pengguna perlu menggunakan Dummy Display Plug. Ini adalah perangkat yang berbentuk seperti flash drive USB, perangkat ini dicolokan ke PC komputer untuk membuat layar eksternal terhubung.

Display Dummy Plugs dapat dibeli di toko online Sobat bisa mencarinya dengan kata kunci “Virtual Display Plug”. Berdasarkan pantauan kami melalui laman Tokopedia, perangkat ini dijual di harga 44 ribu Rupiah, jadi masih cukup murah bukan?

Jika Sobat mencari cara paling murah untuk memperluas tampilan layar PC Anda menggunakan layar tablet atau smartphone, tentunya menggunakan Deskreen adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan

Cara Menggunakan Deskreen untuk Ubah Tablet dan HP Jadi Monitor PC

Tanpa berlama-lama, Jika Sobat ingin mencobanya, berikut adalah cara menggunakan software Deskreen untuk menjadikan tablet atau HP menjadi layar kedua PC Anda.

1. Download Aplikasi Deskreen Di situs resminya klik di sini.
Jika sudah download, lakukan instalasi seperti biasa dan setelah itu jalankan aplikasi untuk melihat QR Code untuk dipindai menggunakan tablet atau handphone, atau bisa juga langsung mengunjungi alamat IP yang diberikan seperti pada gambar di bawah ini.

2. Setelah koneksi dibuat, pop-up akan muncul di aplikasi pada PC Anda yang mengonfirmasi alamat IP, serta informasi lain termasuk ID sesi, OS perangkat, dan lainnya. Klik izinkan untuk memulai sesi Anda.

3. Tahap selanjutnya, Deskreen akan meminta Anda untuk memilih sumber layar yang ingin ditampilkan selain itu ada opsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya jendela aplikasi saja.

4. Jika Anda ingin membagikan jendela aplikasi, klik Application Windows, lalu klik kotak pratinjau untuk kelangkah selanjutnya.

5. Tapi jika Sobat ingin membagikan seluruh layar silahkan klik Entire Screen. Untuk menggunakan fitur ini Sobat perlu menghubungkan Dummy Display Plug.

6. Selanjutnya adalah periksa kembali semua apakah pengaturan sudah benar, jika semua sudah siap, klik confirm.

Untuk detailnya, Deskreen juga berbagi video step by step untuk menkonfigurasi tablet menjadi layar kedua PC Anda, berikut adalah videonya.

Baca juga: Cara Backup dan Restore Windows 10 Dengan Mudah dan Aman

Akhir Kata

Aplikasi Deskreen hadir sebagai solusi memanfaatkan tablet, handphone atau laptop lama Anda menjadi layar kedua dengan mudah. Semoga cara ubah tablet atau HP jadi monitor PC dapat bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *