Aplikasi Cek NISN Siswa Beserta Caranya

Aplikasi Cek NISN Siswa Beserta Caranya

NISN adalah kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional yang dibuat dengan 10 angka yang unik yang diberikan untuk siswa SD, SMP dan SMA di Indonesia yang terpusat di Kemendikbut.

NISN sendiri sangat berguna untuk pengambilan rapor hingga untuk masuk ke universitas negeri.

Tapi namanya manusia yang masih suka lupa, apalagi NISN punya 10 angka unik yang tentunya cukup sulit dihafalkan. Untuk itu di sini kami akan berikan Aplikasi cara cek NISN Siswa melalui website.

Cara Cek NISN Melalui Website

Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia menyediakan laman khusus untuk melakukan pengecekan NISN, halaman tersebut bisa dikunjungi di nisn.data.kemdikbud.go.id, tapi jika halaman tidak bisa di bukan silahkan Sobat kunjungi halaman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ atau untuk mempermudah silahkan klik di sini .

Aplikasi Cek NISN Siswa

Setelah terbuka tampilannya akan seperti di atas, terdapat kolom nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir dan nama ibu yang harus di isi. Selanjutnya Sobat juga harus mengisi kode captcha antispam dibawah nama ibu.

Isi semua kolom tersebut, kemudian klik Cari Data, kalau sudah cocok data NISN Sobat akan muncul.

Aplikasi Cek NISN Siswa

Dari pantauan kami memang belum ada Aplikasi NISN resmi milik KEMENDIKBUD, dan dari pantauan kami aplikasi yang ada di PlayStore nampak kurang power full karena rata-rata ulasannya sangat jelek di bintang 3. Untuk itu kami tidak menyarankan untuk cek NISN menggunakan aplikasi.

Sebaiknya gunakan laman resmi dari Kementerian Pendidikan di link yang kami sebutkan di atas.

Baca juga: Pembaharuan Aplikasi Dapodik 2021 C

Akhir Kata

Semoga Aplikasi Cek NISN Siwa dan cara menggunakannya bisa dapat membantu anda mendapatkan NISN dengan mudah. Perlu diingat kami menyarankan untuk cek melalui website resmi milik Kementerian Pendidikan di url https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/.

Leave a Reply

Your email address will not be published.