Jenius! Elon Musk Bisa Bikin Monyet Main Video Game Dengan Pikirannya

  • Whatsapp
Jenius! Elon Musk Bisa Bikin Monyet Main Video Game Dengan Pikirannya
image Elon Musk via wikimedia.org

Orang terkaya didunia, Elon Musk, mengklaim perusahaan implan otak yang dimilikinya Neuralink telah berhasil membuat seekor monyet bermain video game dengan pikirannya sendiri.

Hal tersebut ia sampaikan dalam sebuah acara talkshow streaming yang digelar Clubhouse. Dalam kesempatan tersebut, Musk memuji setinggi langit pencapaian Neuralink. Kedepannya, teknologi tersebut akan dikembangkan untuk membuat implan otak berteknologi tinggi yang memungkinkan manusia mengontrol komputer hanya dengan pikirannya.

Bacaan Lainnya

“Kami telah menemukan seekor monyet dengan implan nirkabel pada tengkorak mereka, serta kabel kecil, yang dapat bermain video game hanya dengan pikirannya,” tuturnya seperti dilansir New York Post.

“Salah satu hal yang coba kami cari tahu adalah, mungkinkah kita meminta monyet bermain mind-pong satu sama lain? Itu akan sangat keren,” tambahnya.

Neuralink merancang apa yang mereka sebut brain-machine interface , teknologi ini diharapkan membantu pasien yang mengalami kelumpuhan agar dapat berinteraksi secara mudah menggunakan ponsel maupun komputer.

Monyet sendiri bukanlah satu – satunya hewan yang menerima versi awal dari implan tersebut. Imolan yang digambarkan Musk sebagai “Fibit di tengkorak dengan kabel kecil”. Pria yang juga menjabat CEO Tesla ini mengungkapkan bahwa pada Agustus tahun lalu Neuralink telah memasang prototipe pada seekor babi bernama Gertrude, sebuah eksperimen yang tentu saja ditentang habis – habisan oleh PETA, organisasi yang menentang kekejaman terhadap hewan.

“Elon Musk bukan ahli primata, atau dia tidak akan pernah menyarankan monyet yang diikat ke kursi dengan perangkat logam yang ditanamkan di kepalanya dan dipaksa untuk menonton video game sepanjang hari, sangat menyedihkan,” tutur Kathy Guillermo, wakil presiden senior dari Departemen Investigasi Laboratorium PETA.

Meski ditentang, Musk tetap bersikukuh bahwa primata Neuralink sangat senang dengan sistem game bawaannya.

“Dia merasa nyaman dan tidak terlihat aneh. Ketika (Departemen Pertanian AS) datang dan memeriksa fasilitas kami, fasilitas monyet kami, dia berkata bahwa itu seperti fasilitas monyet terindah yang pernah dia lihat sepanjang karirnya,” sanggahnya.

Neuralink sendiri didirikan Musk pada 2016 untuk menyalurkan ide – ide gila sang “Iron Man” yang kerap diluar nalar. Namun secara perlahan startup tersebut mulai membuktikan bahwa tujuan awal mereka yakni menghubungkan otak manusia ke komputer telah memiliki progres yang tak dapat dipandang sebelah mata. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *