Harga, Spesifikasi, dan Fitur Poco M3 Vs Samsung M51

  • Whatsapp
Poco M3 Vs Samsung M51

Informasi seputar harga, spesifikasi dan fitur dari suatu smartphone tentu dapat membantu kamu untuk mendapatkan gadget yang sesuai dengan kebutuhan. Harga menjadi faktor penting yang perlu diketahui sebelum memtuskan untuk membeli smartphone. Tidak jarang kamu dapat memperoleh ponsel spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau.

Salah satu brand ternama yang dikenal dengan harga terjangkau namun spesifikasi tinggi adalah Xiaomi. Kali ini, Xiaomi meluncurkan Poco M3 dengan fitur yang lengkap dan harga paling terjangkau untuk ponsel dikelasnya. Simak perbandingannya dengan Samsung M51 berikut ini.

Bacaan Lainnya

Perbandingan Poco M3 Vs Samsung M51

Poco M3 Vs Samsung M51 (1)

Xiaomi kembali menghadirkan ponsel spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Poco M3 dapat menjadi pilihan terbaik untuk smartphone dengan spesifikasi yang bagus. Tentunya kamu juga dapat melihat Samsung M31 dengan teknologi yang hampir sama. Lalu apa saja perbedaannya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain, Layar, Ukuran, dan Material Pembuatan

Poco M3 dan Samsung M51 diluncurkan di tahun 2020 dengan ukuran yang hampir sama yaitu 6,4 inchi. Jenis layar yang digunakan pada Poco M3 adalah LCD IPS sedangkan Samsung Galaxy M51 menggunakan jenis layar Super Amoled. Ukuran layar Samsung M51 sedikit lebih lebar yaitu 6,7 inch sedangkan Poco M3 berukuran 6,5 inch. Poco M3 dan Samsung M51 memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel.

Jika dilihat dari desain, Poco M3 memiliki desain yang lebih menarik dan berbeda dari desain ponsel pada umumnya. Penempatan beberapa fitur membuat tampilan lebih millenial. Sedangkan Samsung M51 di desain seperti ponsel pada umumnya. Tipe ini juga mirip dengan desain generasi sebelumnya yaitu M31s.

Performa Chipset Prosesor dan RAM

Poco M3 menggunakan prsoesor Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 sedangkan Samsung M51 menggunakan Qualcomm SM7150-AA Snapdragon 730. Keduanya dibekali dengan core berkinerja tinggi dengan core 8. Penggunaan grafis terintegrasi GPU juga tidak berbeda jauh. Kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang unggul untuk performa.

Poco M3 hadir dengan RAM 4GB an penyimpanan 64 GB atau 128 GB. Sedangkan Samsung M51 hadir dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128 GB. Keduanya dapat dipasang memori eksternal hingga 512 GB. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar, tentunya akan mempermudah kamu untuk tetap nyaman menggunakan ponsel untuk menyimpan berbagai dokumentasi.    

Kamera dan Fitur

Kamera menjadi fitur penting yang harus ada pada smartphone. Tidak jarang, pertimbangan terbesar jatuh pada kamera yang sesuai dengan kebutuhan. Poco M3 memiliki kamera depan 48 MP dengan 2 MP depth dan 2 MP makro. Dari segi kamera, Samsung M51 lebih unggul karena memiliki 4 kamera dengan kamera utama 64 MP. Selain itu, kamera dilengkapi dengan ultrawide 12 MP, makro 5 MP dan depth 5 MP.

Kamera depan M51 juga lebih unggul yaitu 32 MP sedangkan Poco M3 hanya dibekali kamera depan 8 MP saja. Hasil video kamera depan dan belakang untuk Poco M3 adalah 1080 piksel, sedangkan Samsung M51 memiliki hasil 2160 piksel dan 1080 piksel. Secara keseluruhan dari fitur kamera, Samsung M5 lebih unggul jika dibandingkan dengan Poco M3.

Fitur dan Sensor Poco M3 dan Samsung M51

Poco M3 dan Samsung M51 sudah dilengkapi dengan fitur standar seperti WLAN, Bluetooth, dan USB. Jika kamu mencari ponsel dengan fitur NFC, maka Samsung M51 dapat menjadi pilihan yang tepat. Poco M3 belum dilekngkapi fitur NFC. Selain itu, kedua ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Poco M3 memiliki sensor sidik jari yang terpasang di bagian samping.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Poco M3 memilki kapasitas baterai 6000 mAh berjenis Li-Po yang tida dapat dilepas. Sedangkan Samsung M51 dibekali dengan baterai berkapasitas 7000 mAh. Daya tahan baterai dengan penggunaan serbaguna pada Poco M3 hanya 18 jam sedangkan Samsung M51 memiliki daya tahan lebih lama yaitu 30 jam dan 20 menit. Samsung M51 sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 25 W sedangkan untuk Poco M3 dilengkapi dengan fast charging 18 W.

Harga Poco M3 Vs Samsung M51

Walaupun spesifikasi hampir sama, namun harga dari kedua ponsel ini terpaut cukup jauh. Untuk mendapatkan satu smartphone Poco M3 kamu perlu mempersiapkan budget 2,1 juta rupiah saja sedangkan untuk mendapatkan Samsung Galaxy M51 kamu memerlukan persiapan budget sekitar 5,5 juta rupiah.

Harga Poco M3 diShopeeLazadaBlibli
Harga Samsung Galaxy M51 di ShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 Vs Samsung M51

Poco M3 dan Samsung M51 memliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Berikut informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari Poco M3 dan Samsung M51.

Kelebihan Samsung M51

  • Memiiki kapasitas baterai yang besar mencapai 7000 mAh yang jarang di temukan pada vendor lainnya. Kapasitas ini juga dapat bertahan hingga dua hari dengan pemakaian normal. Dengan penggunaan secara intens, ponsel dapat bertahan untuk satu hari.
  • Dengan chipset Snapdragon 730G (8nm) ponsel ini memiliki performa gaming yang sangat baik.
  • Kemampuan fast charging yang unggul yaitu 25W dengan durasi 2 jam saja untuk mengisi full dari 0% hingga 100%.
  • Memiliki fitur NFC untuk setiap modelnya sehingga dapat mengisi kartu eMoney atau eToll dengan lebih praktis.
  • Layar super Amoled berkualitas dengan reproduksi warna yang akurat.
  • Dapat bersungsi sebagai Power Bank dengan fitur reverse charging.
  • Memiliki fitur kamera yang sangat bagus.

Kekurangan Samsung M51

  • Bobot cukup berat untuk ponsel di kelasnya yaitu 213 gram.
  • Tidak memiliki refresh rate 90 Hz sehingga kamu mungkin tidak memiliki pengalaman scrolling yang mulus.
  • Desain body hampir sama dengan genarasi sebelumnya.

Kelebihan Poco M3

  • Memiliki performa chipset yang tangguh sehingga dapat mendukung aktivitas hiburan dan produktivitas dengan lancar.
  • Kapasitas baterai 6000 mAh dengan endurance rating 154 jam.
  • Memiliki fitur fast charging dan reserve charging.
  • Dibekali dengan triple camera yang berkualitas.
  • Menggunakan dual speaker sehingga dapat menghasilkan suara yang bagus dengan bass yang berkualitas.
  • Memiliki layar yang lebar dengan kontras balik dengan capaian kecerahan maksimal hingga 395 nits.
  • Memiliki desain body yang menarik dan tidak umum sehingga akan membantu pengguna untuk tampil beda.
  • Poco M3 memiliki konektivitas yang cukup lengkap dibandingkan dengan ponsel lain dikelasnya.
  • Secara keseruhan memiliki fitur yang unggul namun ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Kekurangan Poco M3

  • Tidak memiliki refresh rate yang tinggi untuk mendukung kemulusan scroll.
  • Tidak memiliki kamera ultrawide.

Baca juga: Kualitas dan Fitur Poco M3 vs Samsung A51

Kesimpulan

Jika dilihat dari segi Chipset yang digunakan, Poco M3 dan Samsung M31 setara. Kapasitas baterai juga sama. Dari segi kamera, tentunya samsung M51 lebih unggul jika dibandingkan dengan Poco M3. Jika kamu melihat dari spesifikasi dan fitur yang dimiliki maka kamu dapat memilih Samsung M51, tapi tentu saja dengan harga yang lebih mahal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *