Begini Mudahnya Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP

  • Whatsapp
Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP

Jika Sobat adalah seorang pekerja, sesuai perundang-undangan, berhak mendapatkan atau didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan dibayarkan iurannya oleh perusahaan dimana tempat bekerja.

Tidak sebatas itu, jika Sobat adalah seorang Wirausaha atau tidak bekerja dibawah sebuah perusahaan bisa juga mengikuti BPJS Ketenagakerjaan dengan membayar iurannya secara mandiri.

Kalau Sobat sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Sobat bisa untuk melakukan pengecekan saldo dengan mudah menggunakan Handphone, kan lumayan bisa lihat sudah berapa saldo yang terisi di sana. Untuk itu kami bahas cara melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan hanya menggunakan HP.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi BPJSTKU

Cara mudah untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di HP dengan menggunakan aplikasi resmi BPJSTKU, pengguna Android bisa mengunduhnya di Google PlayStore dan iOS di Apps Store.

Di Google Play, Aplikasi BPJSTKU sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan, dan mendapatkan reting bintang hanya 3,4. Mungkin karena pada saat itu aplikasi mengalami kendala erro jadi banyak orang yang kecewa karena kesulitan melakukan pengecekan saldo.

Nah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan HP dengan aplikasi BPJSTKU bisa Sobat lihat langkah demi langkahnya di bawah ini.

  1. Pastikan Sobat sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, untuk memastikannya Sobat bisa tanya di HRD tempat Sobat bekerja dan tanyakan juga nomor kepersertaan karena ini akan digunakan untuk mendaftar di aplikasi
  2. Download Aplikasi BPJSTKU sesuai dengan HP yang Sobat gunakan, kalau Android di Google Play, kalau iOS di Apps Store.
  3. Kemudian jika Sobat belum punya akun BPJSTKU silahkan pilih menu Pendaftaran Pengguna BPJSTKU
  4. Pilih jenis kepersertaan Anda, kalau Sobat adalah pekerja silahkan pilih Penerima Upah
  5. Masukan semua data yang diminta ya, formnya akan ada nama, tanggal lahir dan NIK KTP
  6. Masukan nomor kepersertaan yang sudah Sobat miliki
  7. Masukan Email aktif dan nomor ponsel aktif yang akan digunakan untuk verifikasi
  8. Masukan kode verifikasi yang diterima melalui SMS untuk membuat password pada aplikasi BPJSTKU

Setelah Sobat sudah mendaftar dan memiliki akun BPJSTKU, silahkan Sobat login untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Jika login berhasil pilih menu “Lihat Saldo” dan Sobat akan disuguhkan dengan jumlah saldo yang sudah terkumpulkan.

BPJSTKU saldo ku
Menu Cek Saldo pada BPJSTKU

Untuk melihat rinciannya, silahkan klik Saldo tersebut, nanti akan keluar perincian yang dibayarkan oleh perusahaan. Oh ia, pastikan HP Android sobat berjalan dengan OS minimal Android 5.0 Lollipop agar aplikasi berjalan dengan lancar ya.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS

Jika HP sobat tidak bisa menjalankan aplikasi BPJSTKU atau mengalami kendala error atu sering keluar sendiri dari aplikasi BPJSTKU, Sobat bisa cek saldo BPJS ketenagakerjaan menggunakan SMS.

Cara ini terbilang cukup simpel, tapi perlu diperhatikan bahwa Sobat memiliki pulsa untuk melakukan pengiriman pesan SMS ya.

Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan format SMS yang digunakan sebagai berikut : DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta, kemudian kirim SMS  ke 2757

Pastikan untuk format tanggal lahir berupa dd-mm-yy (misal untuk 1 Januari 1990 berarti: 01-01-90).

Setelah mengirimkan pesan, Sobat akan mendapatkan balasan dari BPJS yang berisi ucapan terima kasih disertai dengan nomor ID Anda.

Kemudian Sobat bisa cek Saldo JHT dengan membalas sms dengan format SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kirim ke 2757. Setelah itu tunggu sebentar sampai menerima balasan dari BPJS Ketenagakerjaan berupa jumlah saldo yang terkumpul.

Layanan SMS cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan menggunakan operator Telkomsel, XL, dan Indosat.

Cara Ganti Nomor HP pada BPJS ketenagakerjaan

Bedalagi kalau Sobat ingin mengganti nomor HP, caranya juga bisa melalui SMS. Formatnya : DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#Nomor Handphone lama#Nomor KTP, kirim ke 2757.

Selain itu Sobat bisa mengganti PIN juga loh, formatnya DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)#Pin lama#Pin baru kirim ke 2757.

Akhir Kata

Jadi Sobat lebih memilih cara cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang mana nih? Melalui aplikasi BPJSTKU atau melalui SMS? Kalau saya sendiri lebih suka pakai aplikasi jadi gak repot ngetik SMS kalau ingin cek saldo saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *