Apa Jadinya Samsung Galaxy S21 Direndam Seminggu Di Air ?

  • Whatsapp
Samsung Galaxy S21 Direndam Seminggu

Dimulai dengan Galaxy S7, ponsel – ponsel besutan Samsung dengan seri S diketahui memiliki rating IP68 untuk urusan ketahanan terhadap debu dan air. Galaxy S5 pun sebenarnya telah memiliki rating IP67 namun Samsung lebih memilih untuk melewatkan fitur tersebut ketika merilis Galaxy S6. Dan ketiga model ponsel seri S21 andalan mereka juga memiliki rating IP68.

Usai diluncurkan ke pasaran, banyak uji ketahanan dan drop test yang beredar di kanal – kanal youtube untuk menguji ketaagguhan ketiga ponsel tersebut. Salah satu yang paling menyita perhatian adalah seorang youtuber yang menguji Samsung Galaxy S21 melalui uji ketahanan air secara ekstrim. Ya youtuber tersebut mengujinya selama 11 hari dan belum berhenti hingga artikel ini diterbitkan.

Read More

Adalah kanal Photo Owl Time Lapse yang menjalankan ide gila tersebut. Kanal ini biasanya melakukan siaran video – video time lapse, namun kali ini dirinya melakukan siaran langsung pengujian tersebut di kanal youtube miliknya.

Ponsel yang sedang diuji tersebut mengisi daya dengan charger nirkabel melalui dinding tangki air. Mereka terpaksa harus dua kali mengeluarkan Samsung Galaxy S21 dari dalam air karena stopwatch internal dalam ponsel tersebut berhenti ketika 99 jam 59 menit dan 59 detik.

Dalam deskripsi video tersebut dijelaskan pula bahwa ponsel itu memberikan peringatan deteksi kelembaban setelah berada di dalam air selama 117 jam 53 menit. Saat ini layarnya telah mengalami gangguan dimana responsibilitas layar hilang dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Setelah 241 jam mereka memutuskan untuk menguji kondisi pada speaker, hasilnya speaker tersebut hampir tidak berfungsi.

Rating IP68 pada Galaxy S21 tersebut sebenarnya menjelaskan bahwa ponsel tersebut akan bertahan dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tangki air yang digunakan dalam pengujian bahkan tak sampai setengah dari kedalaman maksimum, hal itulah yang membuat pengujian tersebut berlangsung sangat lama.

Seperti produsen lain dengan rating IP68, Samsung tak akan memberikan garansi jika ponsel Anda rusak karena air. Jadi jangan pernag menguji perangkat Anda untuk membuktikan kebenaran sebuah klaim tahan air.

Sebelumnya CNET juga melakukan uji jatuh atau drop test atas Galaxy S21 Ultra. Sebuah ponsel Galaxy S21 Ultra dilepaskan ke troroar beton dari jarak enam kaki. Ponsel tersebut mendarat dengan permukaannya layarnya terlebih dahulu, sedikit memantul dan kemudian kembali menyentuh lantai.

Baca juga: Lupakan Kamera Besar Samsung S21 Ultra ! Oppo Akan Menyembunyikan Modul Kamera

Retakan kecil terlihat di sudut atas, menjalar hingga ke seluruh celah yang menutupi hampir seluruh bagian depan ponsel. Beberapa diantaranya cukup dalam hingga timbul noda hitam yang menggelampan bagian panel OLED.

Layar masih dapat merespons sentuhan namun terdapat beberapa pecahan kaca, jadi ponsel ini tak mungkin dapat digunakan bahkan dengan lapisan pelindung layar di atasnya. Retakan juga terlihat di bagian belakang meski tak seburuk apa yang terjadi di bagian depan.

Samsung Galaxy S21, S21 + dan S21 Ultra sendiri mulai diperkenalkan pertengahan bulan lalu. Memiliki ragam spesifikasi berbeda ketiga ponsel ini dibanderol dengan rentang harga antara 12 hingga 22 juta rupiah.

Samsung Galaxy S21 dengan varian 8GB/128GB dihargai Rp12.999.000 sementara varian 8GB/256GB dibanderol Rp13.999.000. Sementara itu Samsung Galaxy S21 + memiliki harga Rp15.999.000 pada pilihan memori 8GB/128GB dan Rp16.999.000 untuk 8GB/256GB.

Sementara andalan mereka Samsung S21 Ultra memiliki tiga varian memori berbeda, Rp18.999.000 untuk 8GB/128GB, Rp19.999.000 untuk 8GB/256GB dan Rp21.999.000 untuk varian 16GB/512GB.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *