Perbadingan Spesifikasi Samsung A21 vs A21s Apa saja Perbedaannya?

  • Whatsapp
Perbandingan Samsung A21 vs A21s

Mendapatkan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan tentu akan lebih mudah jika kamu mengetahui spesifikasinya. Salah satu brand Smartphone berkualitas yang dapat dipertimbangkan adalah Samsung. Saat ini, Samsung mengeluarkan ponsel versi mid-range dengan kode A series.

Terdapat 2 tipe yang sangat mirip yaitu Samsung Galaxy A21 dan A21s. Karena hanya berbeda huruf s saja, perbedaan fitur dari dua ponsel ini mungkin tidak terlalu jauh. Untuk memastikannya, kamu dapat melihat ulasan tentang spesifikasi yang dimiliki diantara keduanya dan membandingkan mana yang terbaik.

Bacaan Lainnya

Perbandingan Samsung A21 vs A21s

Perbandingan Samsung A21 vs A21s (1)

Saat ini, kamu dapat memilih samsung A series dengan fitur lengkap dan harga yang terjangkau. Samsung Galaxy A21 dan A21s tentunya menarik perhatian karena keduanya memiliki tipe yang hampir sama. Kamu dapat memilih tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Membandingkan dua tipe ini tentunya akan sangat membantu dalam mengambil keputusan.

Desain, Layar, Ukuran, Material Pembuatan

Samsung A21 dan A21 shadir dengan layar 6,5 inci. Samsung A21 menggunakan teknologi IPS LCD dengan resolusi 1600 x 720 piksel. Sedangkan Samsung A21s hadir dengan teknologi TFT dengan resolusi yang sama. Walapun kebanyakan Samsung Galaxy terbaru sudah menggunakan super Amoled, namun IPS LCD dan TFT juga cukup bagus. Jika dilihat dari penampakannya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari dua tipe ini.

Jika dilihat dari dimensinya, keduanya tidak memilki perbedaan yang cukup jauh. Dimensi Samsung A21 adalah 6.61 x 3.02 x 0.32 inci (167.8 x 76.7 x 8.1 mm) sedangkan A21s berdimensi 6.44 x 2.96 x 0.35 inci (163.7 x 75.3 x 8.9 mm). Bagian depan dibuat dengan material kaca, sedangkan bagian belakang dan frame ponsel ini dibuat dengan material plastik. Samsung A21 hadir dengan warna hitam saja, sedangkan untuk A21s hadir dengan warna hitam, putih, merah, dan biru.

Performa Chipset Prosesor, RAM

Walaupun jika dilihat luarnya Samsung A21 dan Samsung A21s memiliki kesamaan, namun Chipset yang digunakan berbeda. Samsung A21 menggunakan Mediatek Helio P35 sedangkan Samsung A21s menggunakan chipset Exynos 850. Dari segi prosesor, Samsung A21 menggunakan Octa-core 2300 MHz, sedangkan Samsung A21s menggunakan Octa-core 2000 MHz.

Baik Samsung A21 maupun Samsung A21s memiliki RAM 3 GB dengan kapasitas penyimpanan internal 32 GB. Meskipun terbilang tidak terlalu besar, namun kamu tidak perlu khawatir karena memiliki ekspansi hingga 512 GB. Kedua smartphone ini menggunakan OS Android (10) dengan Samsung One UI.

Kamera dan Fitur

Samsung A21 dan A21s menggunakan Quad Kamera. Samsung A21 berbekal kamera utama 16 MP sedangkan Samsung A21s memiliki kamera utama 48 MP. Keduanya memiliki 4 kamera dengan 8 MP ultra wide, 2 MP makro, dan kedalaman 2 MP. Hasil rekaman videonya mencapai resolusi 1920×1080 (full HD). Keduanya juga memiliki kamera depan berkekuatan 13 MP.

Dari segi kamera, Samsung A21s lebih unggul. Jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengabadikan objek, tentunya kamu dapat memilih Samsung A21s. Namun, jika kamu menggunakan smartphone untuk kebutuhan standar saja, maka Samsung A21 sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi.

Fitur dan Sensor

Samsung A21 dan A21s tentunya memiliki fitur standar untuk konektivitas jaringan dengan dukungan hingga jaringan LTE. Samsung Galaxy A21s sudah mendukung penggunaan dual SIM. Keduanya juga sudah didukung dengan fitur multimedia yang memadai seperti headphone, speaker, screen mirroring, dan radio FM.

Samsung A21 dan A21s juga sudah dilengkapi dengan bluetooth, WiFi, dan USB. Keduanya juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC sehingga akan mendukung kemudahan pengguna dalam bertransaksi. Selain itu, sensor sidik jari juga sudah tersedia untuk ponsel Samsung A21 dan A21s.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Kapasitas baterai tekadang menjadi faktor penting dalam menentukan penggunaan suatu perangkat. Pasalnya, kapasitas baterai yang diperlukan dapat disesuaikan dengan pemanfaatan smartphone dan kemudaha akses charger. Ketika kamu banyak beraktifitas diluar ruangan dalam waktu yang lama, maka memilih baterai berkapasitas besar dapat diprioritaskan.

Samsung A21 memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh sedangkan A21s hadir dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 5000 mAh. Keduanya telah menggunakan baterai bertipe Li-Polymer dan tidak dapat lepas. Samung A21 dan A21s sudah mendukung fitur fast charging sehingga kamu tidak perlu terlalu lama menunggu saat melakukan pengisian ulang.

Harga Samsung A21 vs A21s

Samsung A21 dibanderol pada kisaran harga 1,999,999 juta rupiah. Samsung A21s ditawarkan dengan harga 2,899,000 rupiah untuk RAM 6 GB memori internal 64 GB. Sedangkan untuk RAM 6 GB dan memori internal 128 GB ditawarkan dengan harga 3,099,000 juta rupiah.

Cek harga Samsung Galaxy A21 diShopeeLazadaBlibli
Cek harga Samsung Galaxy A21sShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21 vs A21s

Jika sampai sekarang kamu belum menentukan pilihan, maka kamu dapat mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Samsung A21 dan Samsung A21s sebagai berikut.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S21, S21+ dan S21 Ultra

Kelebihan Samsung Galaxy A21

  • Tersedia slot untuk memori eksternal sehingga kamu dapat lebih leluasa untuk menyimpan file dalam ukuran besar pada ponsel.
  • Dilengkapi dengan Quad Kamera yang cukup bagus sehingga tetap dapat mengabadikan moment spesial dengan baik.
  • Dibekali dengan OS Android terbaru.
  • Ditawarkan dengan harga yang terjangkau namun fitur yang dimiliki lengkap.

Kekurangan Samsung Galaxy A21

  • Kapasitas baterai tidak terlalu besar sehingga memungkinkan kamu untuk sering melakukan pengisian daya.
  • TIdak dilengkapi lampu kilat LED untuk kamera depan.
  • Tidak tahan air.
  • Tidak dilengkapi dengan port inframerah.
  • Memori internal 32 GB dengan RAM 3 GB termasuk kurang besar di kelasnya.

Kelebihan Samsung Galaxy A21s

  • Samsung Galaxy A21s telah dilengkapi dengan slot memori eksternal dengan yang dapat digunakan untuk tipe MicroSDXC atau MicroSD.
  • Kapasitas baterai yang cukup  besar sehingga kamu tidak perlu terlalu sering melakukan pengisian daya.
  • Samsung Galaxy A21s memiliki fitur fast charging 15 W.
  • Menggunakan OS Android terbaru sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan aplikasi penunjang aktifitas dengan nyaman.
  • Samsung Galaxy A21s dilengkapi dengan jack audio 3,5mm sehingga kamu dapat dengan mudah mengunakan perangkat audio eksternal.
  • Samsung Galaxy A21s dibekali dengan quad kamera dengan lensa 48 piksel dan juga dilengkapi dengan ultrawide makro, dan DOF sehingga dapat menghasilkan gambar yang bagus.

Kekurangan Samsung Galaxy A21s

  • Tidak water resistance.
  • Kamera depan tidak dilengkapi dengan LED sehingga tidak mendukung penggunaan kamera depan di tempat yang kurang cahaya atau gelap.
  • Tidak dilengkapi dengan port infra merah.
  • Belum dilengkapi dengan fitur pengisian nirkabel.

Kesimpulan

Tentunya kamu dapat menentukan pilihan berdasarkan spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung A21 dan Samsung A21s. Dari segi harga, A21 lebih terjangkau namun terdapat beberapa fitur yang tidak lebih unggul dari A21s. Jika kamu menggunakan smartphone untuk kebutuhan penggunaan aplikasi sehari-hari maka kamu dapat memilih Samsung A21.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *