3 Cara Mudah Melacak dan Mengunci Hp yang Hilang dengan Android Device Manager Lock

  • Whatsapp
Android Device Manager Lock

Kehilangan smartphone kesayangan Anda mungkin bukanlah sesuatu yang pernah Anda bayangkan atau harapkan. Kadang bukan selalu tentang harganya yang lumayan mahal, tapi tentang seberapa penting data-data yang ada di smartphone tersebut. Mulai dari nomor telepon, foto, dan data-data penting lainnya. Belum lagi jika nomor yang terpasang juga disambungkan dengan mobile banking dan sejenisnya, tentu kehilangan smartphone akan jadi masalah yang besar.

Dengan semakin berkembangnya teknologi smartphone, rasanya kini Anda bisa merasa sedikit tenang. Pasalnya saat ini beberapa sistem operasi android telah dibekali dengan android device manager lock yang dapat membantu Anda ketika kehilangan smartphone.

Mengenal Android Device Manager Lock

Sistem android device manager lock merupakan sebuah sistem yang dibuat secara khusus untuk mengantisipasi adanya masalah kehilangan smartphone. Sistem ini memungkinkan Anda untuk melakukan pelacakan pada smartphone yang hilang tanpa adanya jejak. Saat ini android device manager bisa diakses memalui dua cara yaitu aplikasi dan website yang bisa diakses pada tautan berikut google.com/Android/devicemanager.

Fitur android device manager lock ini dapat digunakan di smartphone android 2.2 ke atas dan juga sudah dilengkapi dengan instalasi Google Apps.

Kegunaan Fitur Android Device Manager Lock

Ada beberapa fungsi yang bisa dijalankan oleh android device manager, seperti misalnya:

  • Melacak keberadaan smartphone yang hilang dengan menggunakan sistem geolocation yang ada di smartphone Anda.
  • Memasukkan password baru saat Anda lupa password lama. Dengan mengakses android device manager melalui laptop dan log in menggunakan akun Google yang sama dengan smartphone Anda, maka pengaturan password baru bisa diperbarui.
  • Menghapus serta mengunci data, sehingga Anda akan merasa sedikit tenang jika ada data-data penting yang cukup vital.
  • Membunyikan smartphone Anda saat lupa meletakkannya.  

Cara Mengaktifkan Fitur Android Device Manager Lock

Android Device Manager Lock (1)

Untuk dapat menggunakan fitur ini ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti, diantaranya:

1.      Unduh Aplikasinya di Play Store

Ini berlaku untuk android versi lama, sedangkan untuk android keluaran terbaru sistem ADM ini sudah terpasang otomatis di smartphone Anda. Anda dapat mengunduh aplikasinya di Play Store atau bisa juga dengan mengunjungi situs google.com/Android/devicemanager.

2.      Mengaktifkan Beberapa Fitur

Untuk bisa menggunakan fitur ADM dengan maksimal, maka pastikan bahwa Anda sudah mengaktifkan menu “Allow remote lock and erase” serta “Remotely locate this device” di smartphone milik Anda. Kedua menu ini memberikan izin pada Google untuk melakukan penghapusan data dan pelacakan lokasi saat dibutuhkan.

3.      Aktivasi Android Device Manager

Cara mudah aktivasi ADM adalah dengan masuk ke menu Google Setting lalu pilih menu Security. Setelah itu masuk ke menu Device Administrator dan berikan tanda checklist pada Device Manager.

Cara Menemukan Smartphone yang Hilang dengan ADM

Jika sialnya Anda mengalami kehilangan ponsel, maka berikut cara untuk melakukan pelacakan menggunakan ADM:

1.      Pastikan Smartphone Anda Terhubung dengan Internet

Anda perlu memastikan bahwa smartphone Anda dalam kondisi menyala dan terhubung dengan internet. Device Manager tidak dapat berfungsi jika ponsel Anda mati atau tidak terkoneksi dengan internet.

2.      Buka Aplikasi atau Situs ADM

Selanjutnya Anda perlu membuka aplikasi atau situs android device manager lalu log in menggunakan akun Google yang juga terhubung dengan ponsel Anda yang hilang. Saat proses log in sudah berhasil dilakukan maka akan muncul beberapa nama dan juga posisi perangkat yang terhubung pada akun Google, pilihlah sesuai perangkat yang hilang.

3.      Melakukan Pilihan Opsi

ADM dapat melakukan tiga fungsi utama yaitu Ring, Lock dan Erase. Jika Anda yakin ponsel Anda jatuh di sekitar Anda, maka bisa memilih opsi Ring untuk membunyikan ponsel tersebut. Jika Anda tak yakin, maka bisa memilih opsi Erase untuk menghapus data atau Lock untuk mengunci smartphone Anda.

Baca juga: Cara Mudah Download Play Store Android Samsung yang Terhapus atau Kadaluwarsa

Sayangnya android device manager lock ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak dapat mendeteksi keberadaan ponsel jika sang pencuri sudah mereset, mematikan hp atau memutuskan sambungan internet.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *