Gadget  

Fitur Baru Android Auto Buat Anda Semakin Betah Berkendara

Android Auto
image via Android Auto commons.wikimedia.org

Pada tahun 2019 Android auto memperkenalkan desain baru yang memberikan kesan baru pada desain lama. Namun perubahan tersebut nyatanya tak diikuti dengan menambahkan sesuatu yang baru. Sekarang hampir dua tahun sejak peluncuran desain baru tersebut, Google memberikan Android Auto fitur baru yang canggih, Custom Assistant shortccut.

Android Auto sendiri sebemlumnya merupakan  teknologi yang dapat anda temukan pada mobil-mobil modern. Melalui teknologi ini, Google ingin agar para pengguna dapat memakai fitur-fitur perangkat Android ke head unit atau dashcam mobil. Diluncurkan pada 19 Maret 2015, Android Auto telah dirancang sebagai otak dari sistem head unit sebuah mobil.

Pada  perkembangannya Google mengonfirmasi Google Assistant menjadi salah satu fitur terbaru dari aplikasi ini pada tahun 2018. Dengan bantuan Google Assistant, pengguna dapat meminta kepada aplikasi tersebut untuk memberikan suasana yang menyenangkan. Meski begitu, aplikasi ini tak berbahaya karena pengguna hanya menekan satu tombol untuk kemudian memberikan perintah suara.

Namun fitur tersebut memiliki kekurangan yakni sulit mendeteksi nama – nama atau pelafalan sebuah perintah yang sulit untuk diucapkan. Maka dari itu kini Google merilis fitur baru yang menjawab keresahan para penggunanya.

Fitur ini sebenarnya telah mulai diperkenalkan pada awal tahun ini dalam buka – bukaan aplikasi Android Auto. Namun dengan tambahan dukungan untuk wallpaper, Android Auto v6.1 akhirnya dirilis.

Custom Assistant shortccut di Android Auto menawarkan pengguna kemampuan untuk meluncurkan sekumpulan perintah dengan cepat hanya dengan sekali tap, ini tentu lebih cepat dibandingkan menggunakan perintah suara.

Fitur ini juga memiliki kemungkinan yang tak terbatas, dimana hal itu membuat fitur ini sangat berguna. Anda dapat menggunakan perintah berdasarkan rutinitas Assisten, yang baru saja dikembalikan fungsinya ke Android Auto, atau hanya  perintah – perintah umum sekali waktu.

Misalnya Anda dapat menambah sistem keamanan tombol, mengunci pintu, atau menyesuaikan termostat dengan asumsi Anda telah memiliki perangkat keras untuk mencadangkannya. Atau Anda dapat menggunakan perintah untuk memulai navigasi ke lokasi tertentu tanpa menggunakan perintah suara.

Fitur lain yang tak kalah berguna adalah pintasan kontak yang baru. Anda dapat membuat sebuah pintasan pada layar utama Andoid Auto yang mampu memanggil kontak pilihan tersebut. Hal ini sangatlah berguna, pertama  Anda dapat mengatur pintasan untuk menggunakan satu nomor tertentu jika sebuah kontak yang sama memiliki dua nomor atau lebih. Selain itu pintasan ini akan memudahkan sebagian orang daripada mencoba membuat Google Assistant memahami nama – nama yang sulit diucapkan.

Google Assistant shortcut memiliki potensi untuk menjadikan Android Auto platform yang jauh lebih kuat bagi banyak orang, dan setidaknya membuat tampilan layar di beranda jauh lebih berguna. Seperti yang telah disebutkan, fitur ini telah diluncurkan bagai para pengguna Android Auto melalui pembaruan v6.1. Pastikan Anda telah memperbarui aplikasi Anda di playstore sebelum menggunakan. Sebagai catatan Anda juga dapat membuat dan mengedit pintasan ini saat tidak sedang aktif berkendara di mobil. (via)



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks