Tantang Apple, Facebook Akan Rilis Smartwatch

  • Whatsapp
Facebook Akan Rilis Smartwach

Raksasa Sosial Media Facebook dilaporkan akan melebarkan sayapnya dengan masuk ke pasar gadget dengan mempersiapkan sebuah produk jam tangan pintar yang fokus pada fitur kesehatan dan perpesanan.

Smartwatch besutan Facebook ini nantinya akan menjalankan versi open-source dari perangkat lunak milik Google Android, meski begitu laporan tersebut menyebutkan bahwa Facebook sedang berusaha untuk mengembangkan sistem operasi buatan mereka sendiri. OS tersebut nantinya akan diproyeksikan sebagai sistem operasi bagi produk – produk mereka di masa depan.

Bacaan Lainnya

Facebook Smartwatch ini kemungkinan memiliki ikatan yang kuat dengan aplikasi milik Facebook seperti Messenger, WhatsApp serta Instagram, dan akan mendukung konektivitas pada ponsel yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara cepat tanpa bergantung pada smartphone.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Facebook akan mengizinkan perangkat ini terhubung dengan perangkat keras lain serta layanan perusahaan kesehtan dan kebugaran seperti Peloton Interactive.

Disisi lain Facebook masih berharap cemas menunggu respon pasar terkait rencana mereka tersebut. Masalah data privasi yang mengujani mereka beberapa waktu lalu membuat reputasi mereka seakan hancur lebur. Masih perlu ditunggu apakah Smartwatch ini mendapat sambutan hangat atau malah sambutan sinis, terutama karena dengan diluncurkannya Smartwatch tersebut Facebook nantinya akan memiliki akses ke libih banyak data terutama di bidang kesehatan dan kebugaran, yang kemungkinan dapat mereka jual ke pihak ketiga untuk urusan iklan tertarget.

Smartwatch ini kemungkinan baru akan dirilis pada tahun 2022 mendatang dengan harga tak jauh berbeda dengan Apple Watch Series 6 dan Watch SE. Hal itu membuktikan bahwa Facebook tak ,ain – main untuk masuk dalam pasar wearable.

Baca juga: Temukan Harga Samsung Smartwatch Gear Series Terbaik Untukmu

Apple Watch meskipun dikritik karena memiliki banderol yang mahal dan bersifat eksklusif namun nyatanya tak membendung mereka untuk merajai segmen ini. Padalah beberapa pesaing menawarkan beberapa produk sejenis yang diklaim memiliki fitur tak kalah canggih dari Smartwatch keluaran Apple. Sejauh ini hanya Samsung dan Fitbit yang mampu bersaing dengan Apple dalam hal penjualan produk wearaablenya. Laporan terakhir.

Facebook

Sebelumnya CEO Facebook Mark Zukerberg baru – baru ini dilaporkan membuat sebuah pernyataan keras yang dilontarkan untuk Apple. Seperti dilansir Wall Street Journal, Mark berniat untuk melukai Apple.

Perkataan itu muncul akibat komentar CEO Apple Tim Cook yang menyindir Facebook perihal skandal Cambridge Analytica yang menimpa Facebook pada 2018 lalu. Dikatakan Cook, Apple tak akan mengalami kejadian serupa karena memiliki regulasi tentang privasi dan pengguna.

Mark berang kemudian menyerang balik dengan menyebut komentar Cook menyesatkan dan tidak sesuai dengan kenyataan. Namun seperti dilaporkan WSJ secara pribadi Mark meminta para koleganya di Facebook untuk melukai Apple.

Hubungan antara dua raksasa tersebut semakin memburuk sejak Apple menerapkan kebijakan privasi baru di iOS 14.  Kebijakan tersebut dinilai membuat aplikasi macam Facebook kesulitan untuk melacak aktivitas penggunanya guna menargetkan iklan khusus bagi mereka.

Facebook menuding tindakan tersebut akan melukai bisnis = bisnis mikro yang mengandalkan iklan yang dipersonalisasi guna mendapatkan konsumen baru. Dan hal yang paling penting dalah kebijakan tersebut mengancam keberlangsungan hidup bisnis iklan Facebook. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *