Tips dan Cara Menghemat Energi di Rumah!

cara menghemat energi

Sobat merasa kegiatan sobat sehari-hari dan dirumah menggunakan energi yang boros? Dan sobat ingin mengubah kebiasaan untuk menghemat energi di rumah? Jangan khawatir, kami akan memberikan tips cara menghemat energi di rumah!

Dalam fisika, energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Secara pemahaman awamnya bahwa energi merupakan suatu bahan bakar atau penggerak dari suatu objek yang dapat habis dan terisi kembali.

Nah kita setiap hari tidak terlepas dari penggunaan energi, seperti lampu yang terus menyala, ponsel serta laptop yang kita gunakan, air yang terus disedot dengan mesin air, TV yang kita tonton, dan lainnya itu semua ada karena adanya listrik yang menjadi energi.

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini kita sebagai manusia cenderung bersikap konsumtif serta konsumerisme, dalam artian segala sesuatu hal yang sebetulnya tidak perlu-perlu amat untuk kita, kita merasa harus memiliki dan meenggunakannya, pun dalam skala besar

Tentunya hal ini sangat berdampak buruk bagi kita, maupun bagi sekitar terutama alam.

Tanpa kebanyakan orang sadari, sikap konsumerisme dan konsumtif tita terhadap penggunaan energi dapat merugikan kita. Seperti tagihan listrik yang semakin mahal, barang-barang serta perangkat yang menumpuk dirumah, lingkungan yang rusak akibat banyaknya sampah elektronik yang mencemari dan sebagainya.

Cara Menghemat Energi di Rumah!

cara menghemat energi
image by freepik

Berikut tips untuk menghemat energi di rumah yang sobat bisa terapkan, antara lain :

Menggunakan Air Seukupnya

cara menghemat energi
image by freepik

Hal ini dapat sangat menghemat energi. Seperti yang kita tahu, bahwa air yang kita gunakan di rumah, di suplai menggunakan mesin air. Dan mesin air tersebut memakan watt yang besar, sehingga jika digunakan terus menerus, tagihan akan makin membengkak. Selain itu, stok air bersih juga memiliki batas, jadi sebisa mungkin sobat harus mengiritnya agar jika suatu saat terjadi musim panas, sobat tetap bisa menggunakan air bersih.

Matikan Lampu saat dirasa cahaya matahari sudah cukup menerangi rumah

image by freepik

Nah pada pagi dan sinag hari, biasanya cahaya matahari aan cukup menerangi rumah melalui jendela dan vetilasi. Tentunya ini sebuah anugrah yang diberikan secara gratis oleh alam. Jika diasa rumah sudah cukup terang, nampaknya lampu tidak perlu dinyalakan bukan? Kecuali jika cuaca sedang mendung dan gelap.

Membuka jendela dan ventilasi

image by freepik

Tips ini masih memiliki korelasi langsung dengan tips sebelumnya. Nah sebisa mungkin sobat membuka jendela serta ventilasi. Selain untuk masuknya cahaya, ini berguna juga untuk kesehatan, sebab akan terjadi sirkulasi udara. Jadi sobat mendapat udara baik dan tidak terjebak di udara yang kotor.

Mencabut peralatan yang di colok stop kontak jika ingin berpergian

Ini mungkin hal sepele namun cukup berdampak bagi tagihan listrik rumah kita. Nah bagi sobat yang ingin berpergian apalagi dalam waktu lama, sebisa mungkin harus mencabut perangkat atau peralatan ya. Selain untuk meghindari penggunaan energy listrik yang sia-sia, hal ini juga dapat  menjadi pencegahan terhadap kasus kebakaran akibat terjadinya korsleting listrik.

Menghindari men-charging HP atau Laptop semalaman

cara menghemat energi
image by freepik

HP atau Laptop yang di charge semalaman sangat tidak direkomendasikan lho! Walau charger sudah ada fitur meng-cut arus listrik jika HP sudah terisi penuh, tetap saja suplai listrik tetap jalan walaupun kecil. Hal ini juga dapat membuat megurangi masa umur charger maupun baterai HP atau lapto itu sendiri.

Jangan terlalu sering menggunakan AC serta Kipas

cara menghemat energi
image by freepik

Hal ini selain membuat tagihan listrik makin mahal, juga berpengaruh terhadap kesehatan lho. Lebih baik sobat tidak menggunakannya jika cuaca sedang bersahabat dan tidak panas-panas amat.

Mengoleksi tanaman dengan jumlah cukup di rumah agar sejuk

cara menghemat energi
image by freepik

Tentu saja hal ini masih berkaitan dengan tips sebelumnya, nah cukupnya tanaman di rumah dapat membuat sejuk rumah lho. Karena tumbuhan sendiri menyerap karbondioksida dan menyemburkan oksigen yang baik bagi kesehatan kita.

Jangan menghidupkan televisi tanpa henti

cara menghemat energi
image by freepik

Nah televisi juga cukup mepunya watt yang besar, hal ini dapat mempengaruh tagihan listrik nantinya. Selain itu juga ini dapat memperpanjang umur dari TV itu sendiri.

Mencabut dispenser, jika jarang menggunakan air panas

cara menghemat energi
image by freepik

Hal sepele lainnya yang tidak kalah berpengaruh yaitu masalah dispenser yang tidak dimatikan. Padahal penghuni rumah jarang sekali minum air panas atau hangat. Mulai sekarang, jika dirasa tidak perlu, sobat bisa mencabutnya. Dan jika ingin memanaskan air, bisa di kompor saja (Lebih cepat panas juga).

Mencabut Penanak nasi jika nasi sudah matang

cara menghemat energi
image by freepik

Nah penanak nasi terlebih yang keluaran lama menggunakan suplai listrik yang besar. Rata-rata orang jarang mencabut nasi karena alasan nasi tetap hangat. Memangnya sobat memakan nasi setiap menit? Kan tidak. Mulai saat ini sobt bisa mencabut nasi jika sudah matang. Nasi tidak akan basi kok, selagi sobat menjaga kebersihan peanak nasi tersebut, dan selalu menutupnya.

Mengatur Suhu Kulkas

cara menghemat energi
image by freepik

Terkadang kita lupa untuk mengatur suhu kulkas, padahal hal ini sangat berpengaruh. Nah semakin rendah suhu, maka kulkas akan mengambil suplai listrik yang besar. Nah jika dirasa sobat menggunakan kulkas hanya sebatas untuk menyejukkan makanan, bukan membuat es batu, sobat bisa megatur suhunya di kisaran tengah-tengah saja.

Memanajemen kapan harus mencuci baju di mesin cuci

cara menghemat energi
image by freepik

Nah bagi sobat yang memiliki mesin cuci, jangan terlalu sering meggunakannya. Karena watt mesin cuci juga cukup besar. Jika sekiranya baju sobat sedikit dan bisa dicuci dengan tangan sendiri, cuci saja. Daripada hanya mencuci beberapa baju, itu bisa boros air juga energi listrik. Atau juga sobat bisa memilih opsi dengan mengumpulkan baju kotor sebanyak yang bisa ditampung mesin cuci, dan baru mencucinya di mesin cuci. Ini selain menghemat energi, juga sobat tidak perlu kerja lebih.

Menggunakan Solar Panel (panel surya) jika mampu

cara menghemat energi
image by freepik

Nyatanya panel surya dapat menjadi investasi yang besar lho! Memang panel surya sendiri tidak murah untuk memasangnya. Namun dengan panel surya, sobat bisa sangat kecil membayar tagihan listrik malah sama sekali bisa tidak bayar. Selain itu, sobat juga turut andil dalam menjaga lingkungan

Begitulah tips dari kami untuk mengemat energi di rumah yang bisa sobat coba untuk menyelatkan tagihan listrik sobat agar tidak mahal. Juga sobat turut menjaga alam dan lingkungan dari kerusakan akibat sikap berlebihan kita.

Baca juga: Kecilin App, Aplikasi Penghemat Kuota Internet yang Katanya Sih Sampai 90 Persen

Akhir Kata

Bagaimana? Cara menghemat energi di atas sangat mudah diimplementasikan bukan dalam keseharian? Silahkan sobat coba ya!



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks