Mengintip Fitur – Fitur Baru Music App di iOS 14.5

  • Whatsapp
Fitur Baru Music App di iOS 14.5

Awal bulan ini Apple merilis iOS 14.5 beta untuk para pengembang yang memunculkan fitur – fitur baru, dan pekan ini iOS 14.5 beta 2 telah dirilis dengan membawa lebih banyak perubahan. Diantara perubahan dan fitur – fitur yang baru, Apple telah membuat beberapa perubahan menarik pada Music App yang kini menyertakan cara untuk berbagi lirik serta menu yang diperbarui.

Sebelumnya, rilisan pertama iOS 14 membawa peningkatan besar pada aplikasi Apple Music dan Music App di iPhone maupun iPad. Peningkatan tersebut meliputi dukungan widget di layar beranda, mode putar otomatis, desain baru pada aplikasi versi iPad, dan tab pencarian yang dimutakhirkan. Pada iOS 14.5 Apple terus berupaya meningkatkan pengalaman penggunanya pada Music App, beberapa diantaranya adalah :

Bacaan Lainnya

Swipe Gesture di Album dan Playlist

Mirip dengan apa yang saat ini ada di alikasi Mail, Music App sekarang menawarkan gertur swipe dan beberapa tindakan cepat yang tersedia pada album dan daftar putar. Pengguna dapat melakukan swipe ke kanan dalam lagu untuk memainkan lagu berikutnya dan memainkan lagu terakhir. Atau melakukan swipe ke arah kiri untuk mengakses opsi menambahkan lagu ke Library, mendownload lagu ataupun menghapus lagu tersebut dari daftar putar.

Menu Pop-Over yang Diperbarui

Apple memperkenalkan menu pop-over baru pada iOS 14 yang membuat menu tersebut lebih cepat dan efisien untuk digunakan. Pada iOS 14.5, menu pop-over ini telah diadopsi secara luas di Music App.Akses menu pop-over pada Music App juga lebih mudah karena Apple telah menambahkan tombol “Opsi Lainnya” untuk setiap lagu, jadi Anda tak perlu lagi menekan lama untuk memunculkan opsi tersebut.

9to5mac

Selain menu pop-over yang baru dan tombol “Opsi Lainnya”, Apple juga telah mengubah ikon untuk beberapa tombol di Music App, seperti tombol unduh yang sekarah hanya berupa ikon panah kebawah, tak lagi menggunakan ikon awan dengan panah.

Bagikan Lirik Lagu

Sejak iOS 13.5, para pengguna Music App telah dapat membagikan lagu – lagu yang mereka putar ke Instagram Stories. Saat ini dalam iOS 14.5 beta Apple telah membuat peningkatan dimana para pengguna tak hanya dapat membagikan lagu namun juga potongan tertentu dari lirik ke jejeraing sosial favorit mereka.

9to5mac

Setelah mengetuk tombol “Opsi Lainnya”, Music App akan menampilkan dua tombok yakni Bagikan Musik dan Bagikan Lirik. Dengan memilih opsi Bagikan Lirik, pengguna dapat memilih hingga tiga bait lirik untuk dibagikan ke Instagram Stories, Facebook Stories, Facebook Messenger bahkan iMessage.

Atur pemutar musik default untuk Siri

IOS 14.5 beta adalah yang pertama kali memungkinkan para penggunanya mengubah pemutar musik default untuk permintaan Siri. Sayangnya, opsi ini dinonaktfkan pada iOS 14.5 kedua. Kemungkinan penghilangan opsi itu adalah efektifitas fitur yang belum maksimal. Para pengguna berharap opsi tersebut dapat ditampilkan lagi sebelum iOS 14.5 riliss secara resmi.

Selain perubahan pada Music App, Apple dilaporkan telah memasukan sekitar 217 emoji baru pada iOS 14.5 beta 2. Emoji baru tersebut berasal dari spesifikasi Emoji 13.1 yang telah disertifikasi kembali pada tahun 2020 dan secara resmi diluncurkan untuk publik pada kuartal pertama tahun ini.

9to5mac

Emoji baru ini meliputi desain ulang untuk headphoe yang sekarang menampilaknAirPods Max, jarum suntik yang diperbarui dan banyak lainnya seperti wajah yang menghembuskan nafas, wajah berawan atau hati terbakar  yang sangat trendi. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *