Cara Mengatasi Battery Over Temperature

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Battery Over Temperature

Sobat mengalami masalah dengan baterai HP? sehingga membuat HP menjadi panas dan menjadi Lag? Namun sobat tidak mengetahui cara mengatasinya? Jangan panik dan buru-buru membawanya ke tukang servis, sobat bisa mengatasinya sendiri di artikel cara mengatasi battery over temperature disini!

Smartphone biasa disebut HP memang menjadi perangkat elektronik yang bisa dikatakan wajib dimiliki dan di bawa oleh ‘setiap’ orang. Pasalnya saat ini HP sudah mejadi penunjang keseharian kita, entah itu untuk pekerjaan, untuk sekolah maupun kuliah, untuk kegiatan bisnis, organisasi, dan sebagainya.

Smatphone saat ini sudah memiliki spek berteknologi di atas rata-ata, termasuk dalam kapasitas baterai. Nah mungkin dahulu kita sering mengeluhkan penggunaan smatphone yang sangat singkat dikarenakan baterai yang cepat habis. Namun saat ini baterai HP sudah ditunjang dengan teknologi yang canggih sehingga kapasitas baterai menjadi lebh besar dan lebih tahan lama.

Tapi terkadang pengguna mengeluh karena kadangkala battery over temperature secara tiba-tiba tanpa kita ketahui penyebabnya. Nah hal tersebut mungkin akan membuat kita panik. Tapi hal ini bisa di atasi lho!

Penyebab Battery Over Temperature

Cara Mengatasi Battery Over Temperature
image by freepik

Tapi sebelum itu, sobat perlu ketahui terlebih dahulu, bahwa ada beberapa penyebab baterai menjadi panas dan membuat lag HP. Apa saja itu?

  • Terlalu Sering Memainkan HP Saat Di Charging

Faktor ini memang menjadi salah satu factor penyebab baterai panas, pasalnya sudah ada peringatan bahwa untuk memperpanjang umur baterai jangan melakukan hal ini.

  • Port Chargeran Error / Rusak

Hal ini juga bisa menjadi faktor baterai HP menjadi panas, pasalnya jika ada kabel ataupun mekanik di kapala chargeran yang rusak, ini bisa menganggu arus listik yang masuk.

  • Terdapat Bug Dan Error Pada Sistem HP

Errornya sistem biasanya terjadi karena pengguna tidak rajin memperbarui Software atau sistem HP. Sehingga pada beberapa kasus terdapat bug atau error yang menganggu kinerja HP sehingga battery over temperature.

  • Penggunaan HP Yang Berlebihan (Terlalu Sering Di Charge)

Memang apapun yang berlebihan itu tidak aka baik. Sama halnya dengan penggunaan HP. Nah Ponsel sendiri juga memiliki umur atau masa. Jika digunakan secara berlebihan alias discharge sampai penuh, lalu digunakan sekaligus langsung habis dan terus diulang.

  • Umur Baterai Yang Sudah Tua

Ini memang menjadi hal yang tidak begitu sering. Apalagi baterai HP jaman sekarang sudah lebih baik. Namun untuk sobat yang menggunakan HP agak jadul, mungkin hal ini bisa menjadi penyebab battery over temperature.

Peringatan atau Notifikasi Pada Baterai yang Sering Muncul

Cara Mengatasi Battery Over Temperature
image by freepik

Nah terkadang pada beberapa versi HP, akan muncul notifikasi-notifikasi tentang baterai seperti di bawah ini:

  • Tidak dapat mengisi daya: Pengisian baterai dijeda, suhu baterai terlalu tinggi.
  • Charging paused, battery temperature too low.
  • Charging paused, battery temperature too high.
  • Battery over temperature
  • Power off: Battery temperature is over 60, your device will shutdown in 1 seconds.
  • Over Battery Temperature, Please Remove the Battery
  • Dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mengatasi Battery Over Temperature?

Cara Mengatasi Battery Over Temperature
image by freepik
  • Mengganti Charger HP

Charger HP sendiri juga sering terjadi kerusakan akibat kemasukan air, terbanting, atau korsleting. Jadi opsi ini bisa menjadi solusi sobat untuk mengatasi battery over temperature.

  • Membersihkan Port Charger

siapa sangka bahwa port charger kotor? Mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu menanggapi atau tau hal itu. Tapi jangan salah, kadangkala ditemukan port charger yang kotor akibat debu atau air sehingga mengganggu arus listrik.

  • Perbarui Sistem HP

Memperbarui HP memang dampaknya tidak bisa kita lihat dengan mata langsung. Namun dengan mempebarui sistem, maka sistem di HP sobat akan segar kembali dan akan mengatasi bug-bug yang ada yang membuat HP menjadi lag atau error

  • Menghapus Aplikasi Yang Kurang Berguna

Terkadang banyak sekali pengguna HP yang nafsu untuk mendownload segala aplikasi yang ada di play store, padahal aplikasi-aplikasi itu tidak perlu-perlu amat. Nah tentunya dengan banyaknya aplikasi yang terinstall, maka penggunaan memori akan termakan banyak. Selain itu juga kinerja hp menjadi lebih besar dan memakan daya baterai yang besar pula, sehingga bagi baterai HP terutama baterai keluaran lama akan menjadi masalah.

  • Reset Pabrik / Factory Reset

Opsi ini menjadi solusi yang cukup ampuh jika memang ingin mengatasi baterai yang over temperature. Pasalnya dengan reset pabrik, HP sobat akan kembali seperti semula saat awal penggunaan. Tapi kami sangat sangat menyarakankan bahwasanya sobat wajib mem-back up data di HP sobat. Karena factory reset nantinya akan menghapus semua data di HP.

  • Konsultasi ke Jasa Service

Opsi yang terakhir jika sobat sudah mencoba semua cara namun hasilnya nihil adalah sobat bisa bawa ke tukang service. Kami sangat merekomendasikan sobat untuk membawa jasa service sesuai dengan merk atau versi HP sobat. Karena nantinya mekanik akan tahu betul terkait HP sobat termasuk letak kerusakannya. Tapi jika ingin di bawa ke tukang service yang biasa juga tidak masalah, selagi sobat percaya dan melihat kinerja service tersebut benar dan aman.

Baca : Cara Untuk Menjaga Daya Tahan Dan Masa Pakai Baterai iPhone

Akhir Kata

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan cara mengatasi Battery Over Temperature, penyebab dan notifikasi yang sering muncul ? Silahkan sobat simak dan bagikan ya jika ada kerabat yang mengalam masalah serupa. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *