IPhone 13 Akan Pakai Modem Qualcomm Snapdragon X60 5G

  • Whatsapp
IPhone 13 Akan Pakai Modem Qualcomm Snapdragon X60 5G

Beberapa rumor dan bocoran iPhone 13 telah berhembus kencang, meskipun kita masih berada di awal tahun 2021. Salah satu dari bocoran yang tersebar adalah ponsel tersebut akan memakai modem 5G besutan Qualcomm.

Sebelumnya seri iPhone 12 menggunakan modem Qualcomm Snapdragon X55, dan Apple nampaknya akan kembali menanamkan modem keluaran Qualcomm dengan Snapdragon X 60 5G. Snapdragon X55 tak memiliki agregasi operator yang lebih cepat dari X60 namun modem ini tak dapat dibilang sebagai yang tercepat karena Qualcomm telah memperkenalkan versi X65. Meskipun bukan yang tercepat, bukan berarti modem Snapdragon X60 ini tak memiliki kelebihan dibandingkan model sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Sebuah laporan dari DigiTimes menyebutkan bahwa Snapdragon X60 akan ditemukan pada seri iPhone 13 mendatang. Modem 5G ini dibuat dengan proses 5nm yang membantu peningkatan daya tahan baterai. Setiap model dari iPhone 13 yang akan datang juga akan dapat mengumpulkan data 5G dari band mmWave dan sub-6GHz secara bersamaan untuk mencapai kombinasi optimal dari kecepatan data nirkabel tingkat tinggi dan jangkauan jaringan latensi rendah.

Qualcom mengklaim Snapdradon X60 memiliki kecepatan unduh hingga 7,5 Gbps, sementara untuk kecepatan upload mampu menyentuh angka 3 Gbps. Modem ini diyakini akan lebih menghemat daya jika dibandingkan dengan Snapdragon X55 7nm, meskipun dinilai masih lebih boros jika dibandingkan dengan Sanapdragon X65. Hal itu terjadi karena Snapdragon X65 dibuat dengan arsitektur 4nm. Arsitektur tersebut memiliki efisiensi lebih untuk perangkat – perangkat portabel seperti halnya smartphone.

Jadi mengapa Apple memilih modem 5G yang kurang efisien ketika Qualcomm sebelumnya telah merilis Snapdragon X65 yang lebih hemat daya ? Ada kemungkinan Apple telah menemukan cara lain untuk membuat iPhone 13 lebih hemat daya.

Misalnya saja seperti yang telah terungkap sebelumnya, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dikatakan memiliki layar dengan refresh rate 120 Hz dan menggunakan panel LTPO besutan Samsung. Teknologi LTPO memiliki manfaat besar bagi penghematan daya iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. LTPO memungkinkan peralihat refresh rate tergantung jenis konten yang ditampilkan pada layar.

Hal lain yang mendasari Apple lebih cenderung memilih Snapdragon X60 ketimbang Snapdragon X65  adalah faktor harga. Jelas harga Snapdragon x65 lebih mahal dibandingkan pendahulunya, dan Apple mungkin berusaha untuk memangkas pengeluaran yang tak diperlukan untuk menekan harga jual.

Meskipun Snapdragon x65 diklaim memiliki kecepatan unduh puncak hingga 10Gbps, namun pada kenyataannya angka – angka tersebut belum dapat diwujudkan. Hingga kini belum ada penyedia layanan 5G yang mampu memberikan kecepatan tersebut, maka wajar rasanya jika Apple merasa belum saatnya menyematkan Snapdragon X65 kedalam perangkat yang mereka produksi.

Hal lain yang mendasarinya, beberapa dokumen pengadilan sebelumnya telah mengungkapkan bahwa Apple akan menggunakan Snapdragon X60 5G pada seri iPhone 13 diikuti oleh Snapdragon x65 untuk seri iPhone 14 yang sangat dimungkinkan dirilis pada 2022.

Baca juga: 5G iPhone 13 Pro Bakal Penuhi Permintaan Pecintanya

Diatas itu semua, Apple diyakini akan memiliki fokus dalam mengoptimalkan kinerja dan masa pakai baterai dengan menempatkan modem 5G dalam kondisi daya rendah saat Snapdragon X60 tak terhubung ke jaringan 5G.

Apple sendiri telah diperkirakan merilis empat varian iPhone 13 pada akhir tahun ini. Fitur – fitur andalan sperti Touch ID di dalam layar, desain yang tak menggunakan port apapun serta peningkatan di bagian kamera, layar dan baterai telah diungkapkan sebelumnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *