5 Cara Agar Handphone Android lebih Cepat dan Ringan Ketika Membuka Aplikasi

Hola Sobat AndroidPonsel, pada kesempatan kali ini AP akan berbagi trik bagaimana si agar handphone Android menjadi lebih cepat dan ringan menjalankan Aplikasi. Pastinya sobat kesel ya jika handphone sudah mulai lemot, apalagi keperluan bermain game menjadi terkendala karena kelemotan tersebut, rasanya pengen dibanting saja hp kalau sudah lemot ya haha, eit tapi jangan ya belinya lumayan lho.

5 Cara Agar Handphone Android lebih Cepat dan Ringan Ketika Membuka Aplikasi


Jaman sekarang ini HP Android sudah dibekali dengan RAM yang cukup luas untuk menjalankan aktivitas multitasking, walaupun demikian penggunaan aplikasi secara bersamaan tentunya akan berefek pemakanan RAM dan membuat kinerja handphone menjadi lambat. Kalau sudah lemot pastinya kita menjadi sulit beraktivitas dengan handphone ya!

Baca juga: Mudah Banget Menghilangkan Watermark Foto di Handphone Android

Kali ini AP akan share beberapa tips untuk mempercepat kinerja dari handphone Android. Yuk simak !
  1. Pertama pastikan handphone yang sobat gunakan sudah diupdate ke versi terbaru dari brand handphone yang sobat miliki. Sobat bisa melakukan pengecekan di Setting> About device> Software update dan sentuh tombol Check for updates. Pastikan sobat menggunakan koneksi Wifi, karena takut-takut updatenya harus membutuhkan data yang besar.
  2. Hapus atau Matikan aplikasi yang tidak dipakai.
    Pertama sobat cek terlebih dahulu mana aplikasi yang jarang dipakai, aplikasi tersebut bisa sobat hapus, karena walaupun tidak dipakai aplikasi tersebut memenuhi ruang pemrosesan di ponsel, sehingga membebani kinerja. ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak bisa dihapus, tapi sobat bisa mematikan aplikasi tersebut, caranya : masuk ke Settings> Apps , kemudian peprhatikan aplikasi-aplikasi yang ada dalam daftar, setelah itu jika ada beberapa aplikasi yang tidak berguna tetapi tidak bisa dihapus Anda bisa melakukan disable untuk mematikannya.
  3. Coba dengan membersihkan data chaced (untuk pengertian data chaced sobat bisa googling ya karena sudah banyak yang menjelaskannya)
    Seiring lamanya pemakaian ponsel android tentu saja data chaced semakin besar, hal ini akan membuat kinerja smartphone menjadi lambat.
    Ada beberapa cara untuk memberisihkan data chaced dari ponsel Android, diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi atau menghapusnya satu persatu. AP sendiri menyarankan untuk menghapusnya satu persatu dibadningkan dengan aplikasi, karena aplikasi untuk memberihkan data chaced diduga juga membuat kinerja handphone menjadi lambat.

    Untuk caranya, sobat bisa langsung Masuk ke Setting > Apps , setelah itu pilih aplikasi yang menyimpan banyak chace biasanya aplikasi sosial media, klik kemudian pilih Clear Cache.

    Bila menggunakan Android 6.0.1 Marshmallow, Anda bisa membuka Settings> Storage dan pilih carilah kolom Clear cache.
  4. Matikan Auto-Sync
    Nah untuk yang ini biasanya ada dibeberapa aplikasi untuk mendapatkan update-update terbaru seperti email, sosial medai dan beberapa aplikasi lainnya. Fitur ini sebenarnya berguna jika tepat menggunakannya, tetapi fitur ini juga bisa membuat kinerja handphone menjadi lambat lho. Jadi sobat bisa tidak menggunakan fitur ini untuk menjaga kinerja handphone yang sobat miliki.
  5. Factory Reset
    Ini adalah jalan terakhir jika handphone yang sobat miliki masih tetap saja lambat/lemot. Dengan cara ini akan membuat ponsel Anda kembali kekondisi pertama kali sobat memiliki handphone tersebut. Tapi tentu saja resikonya sobat akan kehilangan data dan aplikasi yang sudah sobat instal di handset yang digunakan.Untuk solusinya sebelum sobat melakukan Factory Reset sebaiknya data-data penting dalam handphone dibackup dulu ya.






Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya Tentang Ketentuan Layanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © AndroidPonsel. All rights reserved. Template by CB