5 Cara Menghapus File Google Drive yang Penuh Dengan Mudah

5 Cara Menghapus File Google Drive yang Penuh Dengan Mudah - Halo sobat AndroidPonsel.com, punya masalah ketika kapasitas Google Drive sudah mulai penuh? Ya layanan Google Drive memang gratis, tetapi Google hanya menyediakan 15GB untuk bisa sobat gunakan secara gratis. 15GB itu sudah termasuk besar lho kalau sobat hanya gunakan untuk mengirim email dengan file yang kecil-kecil (ya walaupun sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit sih), tapi tentu saja kalau kirim file besar tentu saja 15GB akan menjadi sangat kecil sekali.

Penting Tidak Menghapus File Google Drive? 

Tentu saja jika ingin mengoptimalkan kapasitas gratis 15GB sobat harus rajin membersihkan atau menghapus file-file yang tidak penting. Namun jika sobat menyimpan file yang penting sobat harus bersedia merogoh kocek agar bisa mendapatkan kapasitas yang lebih besar, selain itu sobat akan dengan tenang mengamankan data yang sobat miliki.

Cara Menghapus File Google Drive 


Nah untuk sobat yang hanya ingin menggunakan kapasitas gratis Google Drive, caranya cukup mudah, untuk itu kalian harus melihat beberapa tipsnya di bawah ini:


  1. Pertama rajin-rajin menghapus file yang besar agar menghemat ruang penyimpanan.cara mudah melihat file besar, sobat bisa mengunjungi link ini > https://drive.google.com/drive/u/0/quota
    Dengan mengunjungi link tersebut, sobat akan mudah melihat file-file dari ukuran terbesar secara berurutan.
  2.  Selain itu, Sobat bisa memeriksa aplikasi apa saja yang pernah diinstal pada smartphone yang menyimpan data secara tersembunyi. Caranya; pada halaman tadi klik ikon roda gerigi di bagian kanan atas, kemudian klik menu setting dan masuk ke menu "manage apps". Nanti sobat akan menemukan rincian aplikasi mana saja yang menyimpan file tanpa sobat ketahui. 
    5 Cara Menghapus File Google Drive yang Penuh Dengan Mudah
  3. Jika sobat mencadangkan foto-foto ke Google Photo, sobat harus mengurangi kualitas foto yang dicandangkan tersebut. Karena Google Photo mengambil ruang penyimpanan dari Google Drive. Ada cara agar bisa menampung lebih banyak file. Berikut caranya
    • Masuk dulu link berikut https://photos.google.com/settings
    • Akan ada pilihan teratas yakni "Original" dan "High Quality (free unlimited storage)".
    • Pilihlah menu "High Quality" untuk mendapatkan penyimpanan tak terbatas khusus untuk Google Photos. 
      5 Cara Menghapus File Google Drive yang Penuh Dengan Mudah
  4.  Pada halaman yang sama, Anda juga akan menemukan tombol "Recover storage". JIka Anda mengklik tombol ini, maka semua foto dan video akan diubah resolusinya jadi lebih kecil. 
  5. Sobat bisa melakukan pencarian Email mana yang berisikan lampiran (attachment) dengan ukuran yang besar, caranya sebagai berikut:
    •  Pertama ketik "has:attachment larger:10M” pada kolom pencarian e-mail pada bagian atas.
      5 Cara Menghapus File Google Drive yang Penuh Dengan Mudah
    • Nantinya akan muncul email yang berisikan lampiran lebih dari 10MB, cari email yang menurut sobat tidak penting, kemudian hapus. 
    • Kemudian cek di foled "trash" pada email, kemudian klik "empty trash now" untuk membersihkan file-file sampah yang masih tersimpan dan memastikan semuanya sudah dihapus

Baca juga:


Tips

Sebagai tips, jika sobat menggunakan email untuk keperluan bisnis, sebaiknya gunakan Google Drive versi berbayar yang susuai dengan kapasitas yang sobat perlukan. Semoga 5 cara menghapus file di Google Drive ini bisa menjadi informasi yang berguna untuk sobat. Terima kasih.

5 Cara Menghapus File Google Drive yang Penuh Dengan Mudah