4 Langkah Mengamankan Handphone Android Agar Mudah Ditemukan Saat Hilang

| |


4 Langkah Mengamankan Handphone Android Agar Mudah Ditemukan Saat Hilang  – Siapasih yang rela ponsel yang dimiliki hilang? jangankan HP, barang lain saja kalau hilang pasti nyesek banget ya. Selain itu handphone jaman sekarang ini bukan hanya alat telkomunikasi saja, melainkan ada data penting di dalamnya, berupa email bisnis bahkan dengan ponsel kita bisa langsung bertransaksi mengirimkan uang dengan mudah, jadi gak kebayang deh kalau HP kita hilang.

Tips dan Cara Mengamankan Handphone Android Agar Mudah Ditemukan Saat Hilang
Halaman Google Find My Device

Untuk sobat pengguna ponsel Android, tentunya sobat merasa takut kehilangan gawai yang sobat miliki bukan? Tenang untuk mengantisipasi kehilangan HP berikut dengan data-data penting di dalamnya, setiap ponsel Android memiliki alat untuk mengunci dan melacak perangkat tersebut. Jadi sebaiknya sobat mengikuti langkah ini untuk keamanan gawai yang sobat miliki.

Baca juga:

Berikut adalah langkah mengamankan handphone Android agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan dapat dengan mudah kita amankan datanya, tips ini dilansir dari laman CNET, pada 21 April 2019.

  1. Pastikan Sobat Sudah Menggunakan password pembuka kunci

    Hal ini memang terdengar sepele, tapi ada kebanyakan orang tidak mengggunakannya karena alasan malas atau repot ketika mengakses gawai. Tapi sebaiknya jika sobat menyimpan data penting di handphone, segera aktifkan penggunaan password pembuka kunci ya. Tapi jangan gunakan pembuka kunci menggunakan pengenal wajah, karena beberapa handphone Android fitur pendeteksi wajah dapat dengan mudah diakali, salah satunya dengan foto wajah pemilik handphone. Yang paling aman sebaiknya gunakan sandi atau pemindai sidik jari yang ada pada pengaturan bawaan handphone sobat masing-masing.

  2. Aktifkan Find My Device dari Google

    Fitur ini biasanya sudah ada di Android, dengan fitur ini akan dapat dengan mudah sobat melacak handphone yang hilang, mengunci dari jauh bahkan menghapus seluruh data pada ponsel. Tapi tentu saja harus terlebih dahulu diaktifkan.

    Pastikan terlebih dahulu fitur Find My Device sudah aktif atau belum, caranya masuk ke pengaturan >> lalu keamanan & lokasi  >> dan pilih temukan perangkat saya. Jika handphone yang sobat gunakan tidak ada Kemanan & Lokasi, fitur tersebut ada di Google, Pilih Keamanan >> dan Temukan Perangkat Saya.
    Disana sobat akan mengetahui apakah fitur sudah dalam keadaan on atau belum, jika belum sebaiknya ubah menjadi on.

  3. Find My Mobile untuk pengguna ponsel Samsung

    Bagi pengguna Handphone Samsung, ada layanan Find My Mobile khusus yang memang memiliki fitur yang tidak ada pada handphone lain. Fitur tersebut diantaranya melakukan backup jarak jauh, melihat seseorang telah menukar kartu SIM. Sobat harus memiliki akun Samsung untuk menggunakan Find My Mobile.

    Caranya buka Pengaturan >> Biometrik >> Keamanan >> dan Pilih Find My Mobile. Masuk menggunakan akun Samsung, dan aktifkan Find My Mobile

  4. Mengunci dan melacak dari jauh

    Jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada gawai sobat, ingat halaman android.com/find. Ini adalah laman yang akan memberikan informasi dimana handphone sobat tersebut, dan sobat dapat melakukan tindakan seperti membunyikan ponsel, mengunci dan log out semua akun google serta menghapus data yang ada di handphone hanya sekali klik saja. Tapi tentunya email sobat harus tertautkan di ponsel Android yang hilang tersebut.

Previous

Resmi! Lenovo Z6 Pro dengan Snapdragon 855 dan Maksimal RAM 12 GB

Perbandingan Spesifikasi Redmi 7 dan Redmi 6, Lengkap!

Next

Tinggalkan komentar di sini