Android Q Beta 2 Sudah Bisa Di Download, Apa Saja yang Baru?

| |


Google telah meluncurkan Android Q Beta kedua setelah sebelumnya sudah diluncurkan Q Beta pertama. Pada Beta 2 ini hadir dengan dukungan untuk fitur-fitur baru seperti multitasking bubbles, reworked gestures, dan emulator untuk perangkat lipat yang memang tahun 2019 ini nampaknya akan menjadi tahun peluncuran ponsel lipat. Google terus mengembangkan Android Q beta dengan fitur dan peningkatan. Versi Beta ini akan membantu pengembang untuk membuat aplikasi dan gim yang kompatibel dengan versi Android yang lebih baru.

Baca : Android Q Versi Beta Sudah Bisa di Download

Android Q Beta 2 Sudah Bisa Di Download, Apa Saja yang Baru?
Ilustrasi by flickr.com/Johan Carlström

Pada pembaharuan kali ini  hadir bersama dengan SDK yang diperbarui untuk pengembang, fitur emulator untuk menguji aplikasi dan game untuk tampilan yang bisa diubah ukurannya, dan kontrol gerakan yang sepenuhnya baru untuk meningkatkan aksesibilitas aplikasi.

Multitasking Bubbles

Fitur ini akan mirip seperti Facebook Messenger yang sudah menggunakan notifikasi Bubble. Fitur ini akan membantu memprioritaskan informasi dan memungkinkan tindakan instan tanpa menghambat pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Dengan adanya fitur bernama Bubble di Android Q Sobat bisa melihat (memunculkan) UI baru berupa notifikasi simple mengenai percakapan dari berbagai sosial media dan juga bisa membalas dengan cepat tanpa mengganggu aktifitas lainnya.

Emulator untuk perangkat Lipat

Yang satu ini adalah mengikuti perkembangan dari dunia smartphone, tahun 2019 ini sudah beberapa brand smartphone meluncurkan ponsel lipat, tentu saja pada Beta 2 ini Google memberikan fitur yang bernama  Foldable emulator. Sehingga pengembang dapat menikmati emulator perangkat lipat yang baru dengan dukungan platform Q Android yang disempurnakan. Dengan adanya fitur ini pengembang dapat dengan mudah melakukan pengujian untuk perangkat 7.3 inci atau 8 inci sebelum dan sesudah perangkat dilipat.

Fitur lainnya adalah pertinjau konten melalui API, mengatur mikrofon mana yang akan digunakan mengambil rekaman audio. Ini digunakan jika sobat menggunakan lebih dari satu mic. Dan tentu saja Google melakukan peningkatan dan perbaikan minor lainnya.

Sebagai informasi, hanya pengguna Google Pixel Series  (Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3 dan Pixel 3 XL) yang baru dapat mencoba Android Q versi Beta ini ya. Nah untuk Sobat pengguna Pixel Series bisa langsung cek ketersediaan pembaharuan, namun sebelumnya sobat harus bergabung dalam program Android Beta untuk Pixel ya.

Previous

Vivo V1901A Muncul Di TENAA dengan tiga kamera dan baterai 4880mAh

Redmi Pro 2 Dikabarkan Akan Hadir dengan Snapdragon 855 dan Kamera Pop-up

Next

Tinggalkan komentar di sini